fbpx

Fenofibrat Micronized

Nov 11, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Obesitas menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Tidak sedikit pula yang juga memiliki beragam masalah kesehatan. Salah satu yang menjadi pasangan obesitas adalah kolesterol. Maksudnya adalah memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda dengan waktu yang lebih cepat, bisa menggunakan Fenofibrat Micronized (Baca juga Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi).

Informasi

Fenofibrat Micronized biasa digunakan sebagai obat pendamping diet bagi para penderita obesitas. Hal tersebut karena obat ini berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dan lemak (seperti LDL, trigliserida) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. 

Obat ini termasuk golongan fibrat sehingga cara kerjanya dengan meningkatkan enzim yang memecah lemak dalam darah. Obat ini bisa digunakan juga untuk pencegahan risiko pankreatitis pada pasien yang memiliki trigliserida (lemak dalam darah) tinggi.

fenofibrate micronised
Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda dengan waktu yang lebih cepat, bisa menggunakan Fenofibrat Micronized.

Perbedaan yang paling mendasar dari Fenofibrat Micronized dengan Fenofibrat biasa adalah bentuknya. Fenofibrat Micronized berbentuk kapsul, sedangkan yang biasa berbentuk tablet. Fenofibrat Micronized dipercaya lebih reaktif dan efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Kapsul micronized dengan dosis Fenofibrat 67 mg setara dengan 100 mg bentuk tabletnya. 

Dosis

Penggunaan Fenofibrat Micronized standard micronised formulasi dosis awal biasanya adalah 67 mg yang diminum 3 kali sehari atau 200 mg yang diminum 1 kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 67 mg yang diminum 4 kali sehari atau 267 mg yang diminum 1 kali sehari. Dosis dapat dikurangi menjadi 67 mg yang diminum 2 kali sehari sesuai dengan respon tubuh.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan Fenofibrat Micronized secara bersama dengan obat cholestyramin dapat mengganggu penyerapan obat ini. Obat ini jika dikonsumsi bersama dengan obat cyclosporin akan meningkatkan risiko gangguan ginjal.

 Jika obat ini dikonsumsi bersama dengan obat simvastatin malah akan berisiko meningkatkan gangguan otot. Sedangkan jika dikonsumsi bersama dengan antikoagulan justru menyebabkan pendarahan. 

Kelompok Orang Berisiko

Jika Anda sedang menderita atau memiliki riwayat gangguan pada empedu, miopati, myositis, rhabdomyolysis, gangguan hati, ginjal, pembuluh darah, trombositopenia, agranulositosis, dan pankreatitis, sebaiknya tidak mengonsumsi Fenofibrat Micronized. 

Lebih amannya, konsultasikan dengan dokter Anda apabila sedang menjani pengobatan dengan obat-obatan lain, terutama antikoagulan. Anda dapat menghentikan penggunaan Fenofibrat Micronized jika kolesterol tidak turun setelah 2-3 bulan masa pengobatan.

Obat ini juga tidak dianjurkan digunakan oleh pasien lanjut usia, jika terpaksa harus diawasi dengan ketat. Apabila muncul reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi obat ini, segera temui dokter.

Efek Samping

Efek samping ringan yang mungkin muncul setelah Anda mengonsumsi obat ini adalah sembelit, mual, nyeri perut, sakit kepala, nyeri punggung, rhinitis, peningkatan enzim kreatinin fosfokinase (CPK) dalam darah, sebagai penanda adanya kerusakan otot. Segera hentikan pemakaian jika efek samping terlihat serius. 

Fenofibrat dapat memunculkan reaksi alergi, seperti mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Obat ini juga dapat menyebabkan suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan jaringan otot rangka, yang menyebabkan gagal ginjal. 

Apabila Anda mengalami rasa sakit yang tak dapat dijelaskan pada otot, nyeri, atau kelemahan terutama jika Anda juga memiliki demam, kelelahan yang tidak biasa, dan urin berwarna gelap, segera hubungi dokter. 

Jika Anda merasakan sakit parah di perut bagian atas menyebar ke punggung, mual dan muntah, detak jantung yang cepat, memar, perdarahan tidak biasa, bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit, nyeri dada, batuk tiba-tiba, mengi, napas cepat, batuk darah, pembengkakan, kehangatan, atau kemerahan di satu atau kedua kaki, segera hentikan penggunaan obat ini. 

Cara Konsumsi

Fenofibrat Micronized harus Anda konsumsi sebagaimana saran dokter. Lebih baik lagi jika Anda juga membaca petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Ketika gejala hiperlipoproteinemia sudah membaik, penggunaan obat ini bisa terus dilanjutkan, setidaknya hingga 2 bulan masa pengobatan untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Dalam upaya menurunkan kadar kolesterol darah, selain konsumsi obat ini, Anda juga perlu mengatur pola dan menu makanan, memerhatikan berat badan, berolahraga, dan berhenti merokok. Anda harus membuat jadwal konsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap harinya, agar hasil pengobatan maksimal.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis