fbpx

Etamsilat (Ethamsylate)

Sep 24, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf E | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Etamsilat atau ethamsylate merupakan obat yang bisa digunakan untuk menunda menstruasi atau menghentikan aliran darah yang keluar dari tubuh. Obat ini harus digunakan dalam pengawasan dokter karena sifatnya yang haemostatic, sehingga pembelian bebas di apotek tanpa resep sangat berbahaya bagi pengguna. Lantaran menyebabkan kacaunya sistem hormon dan juga menimbulkan kontraindikasi yang berbahaya. 

Informasi

Ethamsylate yang biasa dijumpai dalam merek dagang Dicynone merupakan obat yang bekerja untuk menghentikan aliran darah di pembuluh darah uterus ketika mengeluarkan sel telur atau disebut juga dengan menstruasi. Biasanya digunakan pada perdarahan berat yang tidak normal selama masa menstruasi atau disebut juga dengan menorrhagia, serta pendarahan luar biasa yang disebabkan oleh (IUCD) Intra Uterine Contraceptive Device.

Dosis

Penggunaan etamsilat atau ethamsylate harus dalam pengawasan dokter, dan lakukan prosedur pengobatan dengan konsultasi kondisi sebenarnya dan dalam mendapatkan obat juga harus melalui apoteker terpercaya. Mengingat, obat ini bukan obat biasa, karena di dalamnya bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan yang lain. Agar tidak salah dalam mengonsumsinya, perhatikan dosis pemberian untuk ethamsylate. 

Ethamsylate ini biasanya tersedia dalam bentuk sediaan tablet dengan dosis 500 mg, sehingga jika membutuhkan dosis di bawah itu, dapat meminta petunjuk dokter serta apoteker. 

Dosis untuk orang dewasa jika dilakukan secara oral atau lewat mulut, untuk kondisi menorrhagia adalah empat kali sehari dengan takaran 500 mg, selama masa menstruasi. Untuk keluhan berupa control haemorrhage pasca operasi adalah 250-500 mg dan diberikan setiap 4 hingga 6 jam sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk sebelum tindakan operasi adalah 500 mg satu jam sebelum tindakan. Dalam kondisi tertentu bisa diberikan melalui intravena atau intramuskular. 

dosis untuk anak-anak dengan kondisi dalam pengobatan prophylaxis perdarahan periventrikuler pada bayi yang ketika lahir memiliki berat badan kurang adalah 12.5 mg melalui intrvena atau intramuscular dalam waktu 4  hingga 6 jam sekali.

Cara Pemakaian

Paling utama adalah dengan mengikuti petunjuk dokter dan apoteker dalam pemakaiannya, sehingga wajib berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan. Jika dirasa obat tidak memiliki pengaruh signifikan atau justru sebaliknya, segera konsultasikan kembali dan jangan ambil keputusan sendiri untuk menggandakan dosis atau menurunkan dosis. 

Untuk konsumsi oral, konsumsi seperti biasa dengan cara menelan dan bantuan air putih. Hindari menggunakan obat ini sebelum lambung terisi makanan, untuk mencegah rasa mual yang sering terjadi. Perhatikan tanggal minum, karena untuk pengobatan tertentu, misalnya untuk kasus menstruasi, minum 1 tablet empat kali sehari sejak awal masa menstruasi dan lanjutkan hingga masa menstruasi selesai (Baca juga Mempelajari Siklus Menstruasi). 

Cara Simpan 

Ethamsylate atau etamsilat ini  sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan, dijauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan disimpan di dalam kamar mandi atau di dalam kulkas. Kemudian, hindarkan dari penyimpanan yang sama dengan obat yang memiliki penampakan sama, agar tidak salah ambil. Paling penting adalah patuhi instruksi penyimpanan yang ada dalam kemasan. 

Jika sudah kadaluarsa atau tidak terpakai, jangan buang sembarang. Hancurkan terlebih dahulu dan bungkus dengan bahan yang mudah dikenali kemudian sisihkan dalam pembuangan sampah khusus obat. 

Efek Samping

Ethamsylate atau etamsilat ini  dilaporkan dalam  kondisi tertentu dapat menyebabkan, gatal-gatal pada kulit, kesulitan bernapas dan merasa sesak, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, serta tenggorokan. Biasanya juga diiringi dengan demam, sakit kepala, kulit menjadi kemerahan, muncul rasa mual yang diiringi dengan diare. Namun untuk mengetahui secara pasti karena efek penggunaan ethamsylate ini atau lainnya, segera hubungi dokter untuk diagnosis tepat.

Interaksi 

Ethamsylate atau etamsilat dapat menimbulkan interaksi obat yang mampu mengubah kinerja obat dan peningkatan risiko efek samping serius. Namun, tidak semua kemungkinan interaksi obat terjadi, sehingga harus tetap konsultasi dengan dokter dan apoteker ketika memiliki obat lain yang harus dikonsumsi bersamaan. Informasikan secara benar, baik itu obat-obatan herbal, agar mencegah risiko buruk yang mungkin terjadi akibat interaksi ethamsylate dengan obat atau senyawa lain. 

Pertama adalah alkohol dan tembakau, hindari mengonsumsi kedua barang tersebut selama pemakaian ethamsylate ini, agar tidak muncul risiko buruk akibat interaksi obat.  Selain itu, kondisi kesehatan seperti depresi, gangguan jiwa dan kelainan psikiatrik lain harus diinformasikan juga demi mencegah risiko interaksi obat ethamsylate ini. 

Kondisi kesehatan lain seperti alergi terhadap ethamsylate, tumor jinak pada rahim, hamil serta menyusui, harus diberitahukan pada dokter dan apoteker agar dampak buruk dari ethamsylate ini tidak terjadi. Terutama untuk alergi, dalam kondisi ketika periksa baik-baik saja juga harus diinformasikan. 

Demikian pembahasan mengenai ethamsylate, jika timbul masalah akibat overdosis yang ditandai dengan mual dan muntah akibat menggandakan dosis setelah melewati masa seharusnya konsumsi, segera hubungi dokter dan konsultasikan kondisi yang sebenarnya. Jangan pernah mengurangi, menambah dan mengonsumsi obat ini di luar pengawasan dokter. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis