fbpx

Fradiomisin (Fradiomycin)

Sep 24, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Fradiomisin atau fradiomycin merupakan salah satu kandungan utama dari FG troches. Kandungan satunya lagi yaitu gramicidin. Jadi, FG troches adalah obat gabungan dari kandungan F untuk Fradiomycon, G untuk Gramicin. Kedua kandungan tersebut digunakan sebagai obat anti peradangan pada mulut dan tenggorokan. Sebab kedua bahan ini dapat membunuh bakteri penyebab peradangan  di mulut dan tenggorokan.

Kondisi peradangan yang disebabkan bakteri seperti sariawan, radang gusi, radang tenggorokan dan amandel bisa diatasi dengan FG Troches. Selain itu, FG Troches juga bisa mencegah terjadinya infeksi setelah operasi gigi dan mulut. Fradiomycinterkatagori sebagai antibiotik (Baca juga Yuk Kenali Tips Konsumsi Obat Antibiotik yang Benar).

Informasi

Fradiomycin sangat sedikit terjadi penyerapan di saluran cerna, sebab bahan ini bekerja lokal di tempat infeksi. Walau demikian, penyerapan secara sistemik bisa terjadi dan ini berbahaya. Karena fradiomycin adalah antibiotik yang bersifat merusak syaraf (neurotoksik), merusak pendengaran (ototoksik) dan merusak ginjal (nefrotoksik). Perhatikan penggunaan obat, tidak boleh digunakan sembarangan, karena FG Troches hanya digunakan di kalangan medis.

Dosis

Penggunaan fradiomycin harus berdasarkan petunjuk dari dokter atau apoteker.

  • Untuk usia dewasa, 1 -2 tablet. Dihisap 4 sampai 5 kali dalam sehari 
  • Untuk usia anak-anak, 1 tablet. Dihisap 4 sampai 5 kali dalam sehari.

Gunakan obat hanya sesuai dosis yang telah dianjurkan dokter Anda atau apoteker. Sebaiknya konsumsi obat secara teratur dengan jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membuat obat bekerja dengan baik dalam menyembuhkan. Penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan over dosis dan penggunaan kurang dari dosis akan memperlambat kerja obat.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Sebelum menggunakan obat yang mengandung fradiomycin sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan tunjukan obat-obatan apa saja yang sedang Anda konsumsi, baik itu obat herbal maupun non herbal. Ada sebagian obat yang apabila digunakan bersamaan dengan fradiomycin akan menghilangkan efek obat bahkan dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh.

Perhatikan jenis obat berikut ini. Obat-obat jenis ini tidak bisa interaksi dengan obat yang mengandung fradiomycin:

  1. Obat penenang atau obat tidur (tubocurarine atau succinylcholine)
  2. Obat aminoglycoside selain neomycin (paromomycin, bacitracin, cisplatin, atau polymyxin B)
  3. Meningkatnya efek samping obat methotrexate dan digoxin
  4. Obat pengencer darah (warfarin)
  5. Meningkatnya risiko kerusakan ginjal dan saraf jika FG troches digunakan bersamaan dengan obat aminoglikosida. Seperti bacitracin, vancomycin dan polymyxin B
  6. Obat diuretik (furosemid atau ethacrynic acid)
  7. Meningkatnya efek samping furosemide
  8. Meningkatnya risiko hipokalsemia apabila digunakan bersamaan dengan obat bifosfonat
  9. Menurunnya efektivitas vaksin tifoid (tipes)

Kelompok Orang Berisiko

Obat dengan kandungan fradiomycin tidak dibenarkan digunakan oleh penderita hipersensitif atau alergi terhadap komponen FG Troches. Juga tidak boleh digunakan oleh orang dengan riwayat alergi terhadap obat golongan aminoglikosida seperti streptomisin, kanamisin, gentamisin, bacitracin atau fradiomisin.

Perlu perhatian dalam penggunaan untuk ibu hamil dan menyusui. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter akan dampak dan manfaat bagi ibu hamil sebelum menggunakan obat dengan kandungan fradiomycin. Obat ini apakah dapat terserap dalam ASI atau tidak belum diketahui secara pasti, namun sebaiknya bagi ibu menyusui sebelum mengonsumsi obat ini beritahukan terlebih dahulu kepada dokter.

Efek Samping

Fradiomycin berpotensi sebabkan efek samping dalam penggunaannya. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan karena penggunaan obat ini;

  1.  Gangguan pencernaan
  2.  Mual
  3.  Tidak nafsu makan

Awasi penggunaan terhadap anak-anak. Perhatikan saat anak mengisap tablet FG troches, karena bisa menyebabkan anak tersedak.

Apabila selama dalam penggunaan obat ini Anda merasakan gejala-gejala efek samping seperti diatas, segera konsultasi kepada dokter. Jangan lanjutkan penggunaan obat, sebab dikhawatirkan terjadinya efek samping lebih berat dan membahayakan kondisi tubuh.

Cara Konsumsi

Konsumsilah Fradiomycin sesuai anjuran dokter atau yang telah tertera pada kemasan. Isap tablet seperti menghisap permen hingga habis. Dianjurkan Anda mengonsumsinya setelah makan.

Agar obat dapat bekerja secara maksimal gunakan obat pada setiap jam yang sama setiap harinya. Anda juga harus pastikan jarak konsumsi obat setiap dosisnya. Tidak boleh melebihkan dosis maupun menguranginya.

Jangan menghentikan penggunaan fradiomycin sekalipun keadaan Anda terasa membaik. Konsumsi obat sampai habis. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter bila Anda ingin menghentikan penggunaan obat. Anda hanya boleh berhenti mengonsumsi atas izin dokter dan hindari menghentikan obat secara tiba-tiba. Karena hal ini dapat membuat bakteri kebal terhadap obat. Tindakan tersebut mengakibatkan radang tenggorokan yang Anda alami sulit untuk diobati.

Simpan obat dalam wadah yang kering dan tertutup. Hindari dari paparan sinar matahari dan simpan ditempat pada suhu ruangan. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Buanglah obat ini jika Anda sudah tidak memerlukannya lagi atau jika masa berlakunya telah habis. Sebaiknya jangan sembarangan membuang obat, seperti membuang ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali jika ada instruksi dari dokter atau pada kemasan.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis