fbpx

Mempelajari Siklus Menstruasi

Jun 10, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Menstruasi adalah perdarahan bulanan wanita, sering disebut “menstruasi” Anda. Ketika Anda menstruasi, tubuh Anda membuang penumpukan bulanan lapisan rahim Anda. Darah dan jaringan menstruasi mengalir dari rahim Anda melalui lubang kecil di leher rahim dan keluar dari tubuh melalui vagina. Mempelajari siklus menstruasi merupakan hal yang penting.

Selama siklus, lapisan rahim menumpuk untuk mempersiapkan kehamilan. Jika Anda tidak hamil, kadar hormon estrogen dan progesteron mulai turun. Kadar estrogen dan progesteron yang sangat rendah memberitahu tubuh untuk memulai menstruasi.

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi adalah siklus hormonal bulanan yang dilalui tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Siklus Anda dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Kadar hormon Anda (estrogen dan progesteron) biasanya berubah sepanjang siklus menstruasi dan dapat menyebabkan gejala menstruasi.

Secara umum siklus berlangsung selama 28 hari, tetapi masing-masing wanita bisa memiliki panjang siklus berbeda. Selain itu, panjang siklus setiap wanita mungkin berbeda dari bulan ke bulan. Periode menstruasi masih dikatakan “teratur” jika datang setiap 24-38 hari. Ini berarti bahwa waktu dari hari pertama periode terakhir Anda hingga awal periode berikutnya Anda setidaknya memiliki durasi 24 hari tetapi tidak lebih dari 38 hari .

Beberapa siklus wanita sangat teratur sehingga mereka dapat memprediksi hari dan waktu menstruasi akan dimulai. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal
8 Tanda Masa Subur Wanita untuk Peluang Hamil Lebih Cepat

Penyebab Endometriosis dan Cara Agar Tetap Bisa Hamil
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami
7 Jenis Makanan Sumber Penyebab Kanker Payudara
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

Apakah Penting Mengetahui Bagaimana Siklus?

Jawabannya Ya! Jika menstruasi teratur, melacak menstruasi akan membantu Anda mengetahui kapan ovulasi terjadi, kapan Anda kemungkinan besar hamil, dan kapan menstruasi berikutnya akan dimulai.

Jika menstruasi tidak teratur, melacaknya dapat membantu Anda berbagi masalah dengan dokter atau perawat Anda.

Anda dapat melacak siklus Anda dengan menandai hari pertama menstruasi di kalender. Setelah beberapa bulan, Anda dapat mulai melihat apakah menstruasi Anda teratur atau apakah siklus Anda berbeda setiap bulan.

Jika menstruasi Anda secara terus-menerus tidak teratur, periksakan diri kesehatan Anda ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan menebus resep obat tanpa antri.

Referensi:
Menstrual Cycle
The Normal Menstrual Cycle and the Control of Ovulation

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis