fbpx
BerandadirektoriObatCupric Sulphate

Senyawa cupric sulphate memiliki rumus molekul CuSO4 ataupun CuO4S dan juga dikenal sebagai tembaga (II) Sulfat. Senyawa ini memiliki berat molekul 159,61 gram / mol dan umum digunakan dalam berbagai bidang seperti pertanian, medis, dan juga industri. Mineral tembaga sendiri bisa diperoleh secara alami melalui makanan laut, biji gandum utuh, sereal dan berbagai jenis biji-bijian. Kekurangan asupan tembaga bisa menyebabkan defisiensi (Baca juga Fe – Zat Besi).

cupric sulphate, copper

Informasi 

Bentuk senyawa cupric sulphate adalah kristal biru terang yang terdiri dari lima molekul air yakni CuSO4.5H2O dan juga dikenal sebagai vitriol biru. Garam anhidrat dibuat dengan cara memanaskan hidratnya mencapai 150 derajat Celcius. Senyawa ini umumnya digunakan untuk kebutuhan pertanian seperti germisida, pestisida, penambahan pakan ternak serta penyubur tanah. 

Selain itu, cupric sulphate juga umum digunakan untuk kebutuhan preparasi senyawa tembaga lainnya. Pada percobaan kimia, cupric sulphate dimanfaatkan sebagai reagen untuk membantu analisis. Pada percobaan kimia, cupric sulphate dimanfaatkan sebagai elektrolit untuk baterai dan juga kolam electroplating. Sementara untuk kebutuhan medis, cupric sulphate dimanfaatkan sebagai fungisida dan bakterisida.

cupric sulphate, copper
Senyawa cupric sulphate adalah senyawa yang dikenal sebagai tembaga (II) Sulfat. Kekurangan asupan tembaga bisa menyebabkan defisiensi.

Tembaga sendiri merupakan elemen esensial dalam tubuh karena membantu penyerapan zat besi dan sintesis. Sementara sifat mineral tembaga sendiri adalah memiliki termal yang tinggi serta konduktivitas elektrik tinggi. Ia juga tahan terhadap korosi dan juga memiliki kemampuan alloy yang baik. Penggunaan tembaga misalnya pada peralatan kontrasepsi Intrauterin atau IUD. Anda juga dapat menemukan kandungan copper sulfate pada multivitamin Biosanbe Kapsul – 10 kapsul – Suplemen Wanita Hamil (Rp122.000) dan dapat Anda beli s

Dosis 

Konsumsi mineral tembaga dalam bentuk senyawa kimia di dalam sebuah suplemen sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.  Hanya saja pada beberapa orang yang mengalami masalah defisiensi tembaga maka membutuhkan tambahan asupan tembaga dari multivitamin dan suplemen mineral yang mengandung cupric sulphate. 

Konsumsi cupric sulphate untuk memenuhi kebutuhan mineral tembaga bisa didasarkan kepada angka kecukupan gizi AKG tembaga. Anda juga bisa menghitung asupan tembaga yang sudah diperoleh dari makanan. Berikut nilai AKG berdasarkan usia:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Nilai AKG untuk orang dewasa sebanyak 0,9 mg 
  • Untuk wanita dewasa nilai AKG-nya sebanyak 1 mg dengan batas maksimal 8 mg
  • Nilai AKG untuk anak usia 14 sampai 18 tahun sebanyak 0,89 mg

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Dilarang untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung tembaga atau cupric sulphate bersamaan dengan suplemen yang memiliki kandungan zinc atau seng di dalamnya. Untuk konsumsi yang aman sebaiknya dilakukan dengan rentang jarak 2 jam setelah mengkonsumsi salah satu suplemen. Pasalnya pemberian secara bersamaan berisiko menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. 

Selain konsumsi bersamaan dengan seng atau zinc, konsumsi cupric sulphate juga tidak boleh bersama-sama dengan obat penicillamine. Penggunaan bersamaan dengan obat penicillamine dikhawatirkan akan menurunkan tingkat absorbsi obat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kelompok Orang Berisiko 

Ada beberapa kelompok orang berisiko yang membutuhkan pengawasan dokter secara ketat apabila ingin mengkonsumsi suplemen yang mengandung cupric sulphate atau tembaga. Pasien dengan riwayat penyakit idiopathic copper toxicosis, penyakit Wilson dan sirosis tidak diperbolehkan mengkonsumsi suplemen yang mengandung mineral tembaga karena akan menyebabkan efek samping berbahaya. 

Selain itu pasien dengan riwayat alergi terhadap kandungan senyawa dalam multivitamin tembaga atau cupric sulphate juga tidak diperbolehkan. Sementara itu, penggunaan pada ibu hamil dan menyusui memang masih masuk ke dalam kategori N yakni belum diketahui dengan pasti. Belum ada bukti yang menunjukkan efek samping penggunaan suplemen cupric sulphate namun konsumsi hanya bisa dilakukan dengan pertimbangan. 

Anda harus berkonsultasi ke dokter jika ingin menggunakan cupric sulphate saat kondisi hamil atau menyusui. Pemberian hanya akan dilakukan dengan memandang lebih besarnya manfaat yang diperoleh ketimbang risiko yang mungkin timbul.

Efek Samping

Penggunaan cupric sulphate di dalam multivitamin dan mineral sebenarnya jarang menimbulkan efek samping pada penggunaan yang tepat serta pada mereka yang tidak memiliki penyakit penyerta. Kandungan tembaga di dalam multivitamin dan mineral juga tidak berkaitan dengan luka atau iritasi pada organ hati selama cara mengkonsumsinya benar dan tidak berlebihan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sementara konsumsi cupric sulphate di dalam multivitamin dan mineral yang berlebihan memang dapat menyebabkan iritasi hati yang akut serta gangguan pencernaan kronis. Hal ini disebabkan oleh jumlah berlebih dari mineral tembaga dalam tubuh dapat menyebabkan overdosis tembaga serta iritasi hati kronis. Sementara untuk efek samping yang biasa timbul apabila konsumsi berlebihan adalah:

  • Rasa mual berlebihan hingga muntah darah
  • Rasa pusing dan sakit kepala
  • Timbul gejala seperti anemia
  • Pada kondisi yang semakin parah pasien mungkin akan mengalami perubahan warna kulit menjadi kekuningan
  • Keluar darah pada feses

Cara Konsumsi

Dilarang untuk konsumsi cupric sulphate dengan cara memotong atau menghancurkan suplemen di luar tubuh. Sebaiknya konsumsi suplemen cupric sulphate dalam bentuk tablet dengan meminumnya bersamaan dengan air putih. Menghancurkan suplemen di luar dikhawatirkan bisa menimbulkan risiko efek samping atau penurunan efektivitas penyerapan di tubuh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

RANICHO

Ranicho: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   30/09/2022
itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman