fbpx

Dabigatran Etexilate

Okt 22, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf D | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Menjaga kesehatan tubuh secara jasmani maupun rohani merupakan suatu keharusan. Apabila secara Anda terlalu stres maupun tidak hati-hati dengan kesehatan tubuh, bisa-bisa mengalami penyumbatan pada pembuluh darah. Hal tersebut biasanya diakibatkan karena penggumpalan darah. Untuk mengencerkan darah seperti seharusnya dapat dibantu dengan konsumsi Dabigatran Etexilate (Baca juga Neomycin Sulfate).

Informasi

Dabigatran Etexilate merupakan obat antikoagulan atau pengencer darah yang digunakan untuk mengurangi risiko penggumpalan darah yang akan mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Obat ini hanya tersedia dalam bentuk kapsul dan bekerja dengan cara menghambat aktivitas pembekuan darah sehingga mencegah penggumpalan sel darah dan penyumbatan pembuluh darah.

Obat ini biasanya digunakan untuk menangani stroke pada penderita fibrilasi atrium atau gangguan irama jantung, mencegah dan mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah vena di tungkai maupun paru-paru, juga dapat digunakan untuk pasien yang akan menjalani operasi penggantian sendi panggul maupun sendi lutut.

Dosis

Dabigatran Etexilate dapat dikonsumsi oleh usia dewasa maupun lansia. Konsumsi untuk ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan karena dapat memunculkan efek samping pada janin maupun bayi. Namun pada kondisi khusus, bisa digunakan pada mereka apabila tinjauan manfaatnya lebih besar daripada risiko yang akan ditimbulkan. Obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak.

Bagi penderita fibrilasi atrium dapat mengonsumsi obat ini dengan takaran 150 mg selama dua kali sehari untuk dewasa. Namun dosis dapat dikurangi menjadi 110 mg selama dua kali sehari apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat verapamil. Dosis bagi lansia adalah 110 mg, dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi untuk mencegah deep vein thrombosis atau penyumbatan pada pembuluh darah vena pasca operasi pada dewasa dapat diberikan dengan dosis awal 110 mg yang diberikan dalam rentang waktu 1-4 jam pasca operasi. Dilanjutkan dengan pemberian 220 mg sekali sehari selama 10 hari pasca operasi lutut atau selama 28-35 hari pasca operasi panggung. Dosis harus dikurangi apabila digunakan bersamaan dengan amiodarone, quinidine, atau verapamil menjadi 150 mg.

Sedangkan konsumsi untuk mencegah deep vein thrombosis pasca operasi pada lansia dapat diberikan dengan dosis awal 75 mg yang diberikan 1-4 jam pasca operasi berlangsung. Pemberian obat ini dilanjutkan dengan dosis 150 mg sehari sekali selama 10 hari pasca operasi lutut, atau selama 28-35 hari pasca operasi panggul.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Konsumsi secara bersamaan dengan carbamazepine, phenytoin, atau rifampisin dapat menurunkan efek Dabigatran Etexilate. Sedangkan efek konsumsi obat ini akan menurun apabila digunakan bersamaan dengan cyclosporin, itraconazole, ketoconazole, atau tacrolimus. 

Konsumsi bersamaan dengan obat antiinflamasi non steroid (OAINS) maupun obat pengencer darah lainnya dapat menyebabkan pendarahan. Selain itu, konsumsi bersamaan dengan obat jenis clarithromycin dapat meningkatkan kadar serum darah.

Kelompok Orang Berisiko

dabigatran etexilate
Ada beberapa cara untuk mengencerkan darah, seperti seharusnya dapat dibantu dengan mengkonsumsi obat Dabigatran Etexilate.

Lansia usia 75 tahun atau lebih sangat berisiko terjadi perdarahan apabila mengonsumsi obat ini. Dabigatran Etexilate juga tidak disarankan dikonsumsi oleh orang dengan penyakit hati, gangguan fungsi ginjal, gangguan pembekuan darah, dan gangguan saluran pencernaan. Juga tidak disarankan mengonsumsi obat ini bagi Anda yang sedang menjalani hemodialisis atau prosedur cuci darah, baru menjalani operasi mata, otak, atau tulang belakang, serta operasi penggantian katup jantung.

Efek Samping

Seperti halnya konsumsi obat-obatan lainnya, konsumsi Dabigatran Etexilate juga dapat menimbulkan efek samping. Meskipun efek samping dari obat tidak timbul kepada semua penggunanya, karena respon seseorang terhadap obat-obatan berbeda-beda. 

Efek samping yang bisa muncul dari konsumsi obat ini antara lain, pusing, mata berkunang-kunang, merasa lelah, mual hingga muntah, wajah pucat, sesak napas, jantung berdebar, nyeri perut hingga gangguan saluran pencernaan. 

Pengguna obat ini juga bisa mengalami alergi dengan muncul ruam pada kulit, pembengkakan pada wajah maupun tenggorokan, sulit bicara, napas berbunyi atau mengi, hingga sesak napas. Apabila muncul efek samping, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan keadaan pada dokter.

Cara Konsumsi

Sebelum mengonsumsi obat ini, sebaiknya Anda membaca petunjuk yang ada pada kemasan obat. Untuk lebih amannya ikuti anjuran dari dokter. Sebaiknya Anda mengikuti aturan dosis dalam mengonsumsi obat ini, jangan menambah atau mengurangi dosis dari seharusnya tanpa pengawasan dari dokter.

Dabigatran Etexilate dapat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan. Anda dapat menelan kapsul obat ini secara utuh tanpa harus dibarengi makanan. Jika kesulitan, dapat dibantu dengan minum air putih, pisang, atau makanan lunak lainnya namun tetap setelah itu barengi dengan minum air putih untuk melarutkan kapsul. Usahakan jangan menghancurkan atau mengunyah kapsul obat di dalam mulut.

Konsumsi obat ini sebisa mungkin pada jam yang sama setiap harinya agar pengobatan berjalan maksimal. Apabila Anda lupa mengonsumsinya, harap untuk segera mengonsumsinya apabila jeda konsumsi berikutnya masih jauh. Namun jangan dikonsumsi ketika jadwal berikutnya sudah dekat dan jangan menggandakan dosis konsumsi pada jadwal berikutnya.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis