fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Kanker payudara merupakan kondisi yang terjadi saat sel kanker membentuk jaringan di payudara. Penyakit ini dapat terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu atau pun di saluran yang membawa air susu. Kanker payudara juga dapat terbentuk pada jaringan ikat atau jaringan lemak pada payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit dengan banyak ciri-ciri yang dapat dikenali.

Kanker payudara terbentuk ketika sel dalam payudara tak normal serta tak terkendali. Sel ini biasanya membentuk tumor sehingga seperti benjolan. Jangan salah, meskipun biasanya kanker payudara ini menyerang wanita, namun tidak menutup kemungkinan bila kanker payudara menyerang laki-laki.

Informasi

Ada beberapa jenis kanker payudara seperti:

  1. Invasive lobular carcinoma. Jenis kanker payudara ini tumbuh di sekitar lobulus serta dapat menyebar ke jaringan yang berada di sekitarnya. Kanker ini biasanya terjadi hingga 10% kasus kanker payudara,
  2. Invasive ductal carcinoma. Jenis kanker payudara ini tumbuh di duktus serta dapat menyebar di jaringan yang berada di sekitarnya, bahkan dapat menyebar hingga ke area tubuh lainnya. jenis ini terjadi di 70%-80% persen kanker payudara,
  3. Lobular carcinoma in situ. Jenis kanker payudara ini tumbuh di lobulus, namun kanker ini tak akan menyebar di jaringan sekitarnya,
  4. Ductal carcinoma in situ. Jenis kanker payudara ini tumbuh di bagian duktus dan tak menyebar di jaringan sekitarnya. Kanker payudara jenis ini merupakan kanker stadium awal serta mudah diobati, namun bila tak segera ditangani, kanker payudara ini dapat menyerang di jaringan sekitarnya.

Gejala

Kanker payudara yang masih stadium dini, biasanya tak memunculkan gejala tertentu, oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Kanker payudara memiliki ciri-ciri yang cukup bervariasi.

Walaupun demikian, tidak semua benjolan pada payudara merupakan ciri-ciri dari penyakit kanker payudara. Rutin melakukan pemeriksaan sendiri akan membantu Anda mengenali payudara sendiri serta dapat dengan mudah mendeteksi kelainan. Ketika menemukan keanehan di bagian payudara, Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Sebaiknya, SADARI dilakukan dengan rutin setiap bulan.

Beberapa gejala yang muncul atau ciri ciri kanker payudara seperti:

  • Adanya pembengkakan atau benjolan yang berada di bawah ketiak,
  • Puting seperti tertarik masuk ke dalam,
  • Adanya perubahan ukuran, bentuk serta tampilan payudara,
  • Darah keluar dari puting,
  • Adanya benjolan atau pengerasan yang ada di sekitar payudara serta berbeda dari jaringan yang berada di sekitar. 

Penyebab

Kanker payudara disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Pertumbuhan yang tidak normal ini diduga dikarenakan mutasi gen. Ciri-ciri ini umumnya tidak hanya terjadi pada kanker payudara, melainkan beberapa jenis kanker lainnya.

Faktor Risiko

Ada beberapa faktor risiko yang bisa menjadi pemicu dari penyakit kanker payudara, seperti:

  • Jenis kelamin, wanita memiliki risiko penyakit kanker payudara yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pria;
  • Pertambahan usia, risiko lebih besar pada usia di atas 50 tahun;
  • Kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol;
  • Menopause pada usia yang lebih tua;
  • Menstruasi sebelum berusia 12 tahun;
  • Memiliki riwayat kanker payudara diri sendiri;
  • Menggunakan alat kontrasepsi sesudah menopause;
  • Memiliki riwayat terpapar dengan radiasi;
  • Memiliki riwayat penyakit kanker payudara dari ibu, nenek, kakak atau pun anak sekandung. 

Diagnosis

Untuk mendiagnosis kanker payudara, nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada kelenjar getah bening di ketiak dan memeriksa fisik di kedua payudara. Sebagai penunjang, sejumlah test juga akan dilakukan. 

Test yang dilakukan untuk mendiagnosis kanker payudara ini seperti tes mamografi. Tes ini dilakukan untuk mendiagnosis stadium awal kanker payudara. Meskipun tes ini dapat mendeteksi adanya benjolan atau tidak pada payudara, namun tetap saja tes ini memiliki kesalahan 10 sampai 15 persen.

Ada pula tes USG mammae, tes ini gelombang suara dapat menghasilkan gambaran yang berada dalam payudara, sehingga dapat diketahui apakah benjolan memiliki struktur padat atau berbentuk kista. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Gejala Kanker Serviks yang Paling Mudah Dikenali
Mengenal Jenis-jenis Leukemia (Kanker Darah)
Gejala Dini Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai
7 Jenis Makanan Sumber Penyebab Kanker Payudara

Pengobatan

Penanganan penyakit kanker payudara ini bergantung dari jenis yang dialami serta sensitivitas sel kanker pada hormon. Nantinya, dokter akan menentukan apa terapi yang sesuai dengan keadaan yang dialami oleh si penderita. Pilihan pengobatan kanker payudara ini seperti:

  • Pembedahan, pembedahan dilakukan meliputi benjolan, pengangkatan payudara serta pengangkatan jumlah terbatas dari limfe,
  • Radioterapi. Test ini dilakukan dengan mempergunakan proton dan sinar X agar bisa mematikan sel kanker,
  • Kemoterapi. Prosedur pengobatan kanker payudara ini dilakukan dengan cara menggunakan obat tertentu, agar bisa mematikan sel kanker,
  • Terapi untuk menghambat hormon. Bila kanker sensitif pada hormon, terapi ini akan dilakukan.

Pencegahan

Pencegahan yang dilakukan untuk menghindari penyakit kanker payudara dengan menjaga kesehatan seperti tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, mengelola stress dengan baik, melakukan pemeriksaan rutin dengan metode SADARI, menyusui anak sampai berusia 2 tahun.

Itulah informasi mengenai ciri ciri kanker payudara dan pencegahannya. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis