fbpx
BerandadirektoriPenyakitBatuk Pilek pada Anak, Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

batuk pilek pada anak

Batuk pilek adalah salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami oleh anak-anak. Sebagai orang tua tentu sebaiknya mengetahui cara menyembuhkan batuk pilek pada anak yang aman dan tepat.

Penyakit anak seperti ini umumnya dapat sembuh dengan sendirinya antara 1 hingga 2 minggu dan tidak selalu membutuhkan obat. Namun jika membutuhkan obat, Anda tidak boleh memberikan obat sembarangan dan harus dengan resep dari dokter. 

Cara Alami Menyembuhkan Batuk Pilek pada Anak

1. Minuman jahe

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan batuk pilek pada anak adalah jahe. Bahan herbal ini memiliki manfaat untuk menangkal infeksi virus dan bakteri.

Jahe juga berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan vitamin C pada jahe dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga anak dapat lebih cepat sembuh dari batuk pilek.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Saat anak sakit, orang tua bisa memberikan minuman jahe. Anda memerlukan satu ruas jahe, gula secukupnya, dan 4 gelas air. Rebus sekitar 15 menit dan kemudian disaring. Minuman herbal ini bisa untuk anak usia 2 hingga 5 tahun.

Cukup minum satu cangkir air jahe dua kali sehari. Walaupun termasuk bahan herbal yang aman, mengkonsumsi jahe sebaiknya tidak berlebihan. Efek samping konsumsi jahe bisa memicu gangguan pencernaan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Minum madu

Cara menyembuhkan batuk pilek pada anak secara alami selanjutnya dapat dengan mengkonsumsi madu. Apabila Anda ragu untuk memberikan obat, madu bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Cairan yang dibuat oleh lebah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Madu bisa menjadi alternatif untuk meredakan batuk pilek pada anak berusia di bawah 6 tahun. Selain itu, madu juga dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel imun tubuh. “Jangan berikan madu pada anak dibawah 1 tahun untuk menghindari resiko botulism.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Sebelum tidur, anak bisa minum satu sendok madu untuk meredakan batuk. Jangan memberikan madu melebihi dosis karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Konsumsi madu berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu gatal pada tenggorokan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Minuman jeruk nipis

Batuk pilek pada anak usia di atas 6 tahun dapat diobati secara alami menggunakan jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jeruk nipis juga memiliki kemampuan melawan infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit flu. Sifat asam dari jeruk nipis juga mampu memecah lendir untuk meredakan batuk pilek pada anak.

Minuman jeruk nipis ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak usia balita. Cara membuatnya adalah dengan mencampur tiga sendok kecil air jeruk nipis, gula batu secukupnya, dan air teh.

Minuman jeruk nipis dapat dikonsumsi tiga kali sehari. Konsumsi jeruk nipis berlebihan dapat berbahaya karena efek sampingnya yang dapat memicu masalah pencernaan, kerusakan gigi, dan meningkatkan tekanan darah.

4. Membalurkan bawang merah

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apabila batuk pilek pada anak disebabkan alergi udara dingin atau karena masuk angin, maka bisa diobati dengan bawang merah. Selain efek menghangatkan, bawang merah juga memiliki manfaat sebagai dekongestan.

Senyawa eteris yang terkandung dalam bawang merah dapat membantu mengencerkan ingus atau lendir pada anak. Cara menggunakannya adalah dengan membalurkan bawang merah yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Oleskan pada bagian dada, punggung, dan telapak kaki anak. Hindari mengoleskan di bagian kulit yang luka karena dapat menimbulkan rasa perih.

Tips Meredakan Batuk Pilek pada Anak

1. Menjaga asupan air minum

Cara menyembuhkan batuk pilek pada anak tanpa obat adalah dengan menjaga asupan air minumnya. Apabila anak mengalami gejala batuk pilek, pastikan anak untuk selalu mencukupi kebutuhan air minum.

Air putih penting untuk mencegah anak mengalami dehidrasi dan membantu tubuh melawan virus penyebab batuk pilek.  Selain itu, air juga penting untuk menjaga kelembapan jalan napas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sedangkan untuk anak yang belum mengkonsumsi MPASI, maka orang tua perlu memberinya ASI lebih sering.  Beri ASI setiap satu jam hingga dua jam. Apabila tidak mau minum susu, perlu tambahan asupan cairan untuk anak.

2. Menjaga suhu ruangan

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Udara dingin dapat menyebabkan alergi dan flu pada anak. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga suhu ruangan tetap hangat saat anak mengalami batuk pilek. Jaga sirkulasi udara di dalam ruangan agar tetap bersih dan segar.

Selain udara yang dingin, udara yang terlalu kering juga tidak bagus untuk anak yang sedang batuk pilek. Kelembaban ruangan harus dijaga agar anak tetap nyaman di dalamnya. Orang tua bisa menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban ruangan.

3. Mengatur posisi tidur

Hidung anak umumnya rentan tersumbat saat mereka mengalami pilek. Kondisi tersebut sering terjadi khususnya saat si kecil sedang tidur. Biasanya saat miring atau posisi hidung lebih rendah, hidung akan tersumbat dan sulit untuk bernapas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Posisi tidur yang bagus adalah bantal yang lebih tinggi agar posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Tumpuk lebih banyak bantal agar posisinya lebih tinggi dari biasanya. Atur posisi bantal agar tetap lebih tinggi dan juga nyaman untuk kepala anak.

Pilihan Obat Batuk Pilek untuk Anak di Pasaran

batuk pilek pada anak

1. Ekspektoran

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Saat ini, kebanyakan obat batuk pilek di pasaran mengandung ekspektoran. Zat ini berfungsi untuk membantu mengencerkan dahak. Ekspektoran umumnya digunakan sebagai obat batuk, baik untuk anak maupun orang dewasa. Salah satu obat batuk berdahak untuk anak yaitu BABY COUGH Syrup 60 Ml – Sirup Obat Batuk Berdahak / Obat Flu Anak – LIFEPACK (Rp6.000).

Dosis obat untuk anak tentunya harus sesuai dengan resep dokter. Ekspektoran memiliki efek samping seperti mual, iritasi lambung, muntah, reaksi kulit, mata berair, dan lain sebagainya. Obat ini tidak direkomendasikan untuk diminum anak-anak usia di bawah 2 tahun.

2. Antitusif

Antitusif merupakan salah satu zat yang sering ditemukan pada obat batuk pilek anak. Manfaat obat ini adalah untuk meredakan gatal dan batuk. Sifatnya mampu menahan reflek batuk pada anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun obat yang mengandung antitusif juga memiliki efek samping. Salah satunya adalah lendir yang mengental dan sulit keluar dari jalan napas, ini biasanya dapat menyebabkan hidung anak tersumbat. Oleh sebab itu, obat antitusif tidak boleh dikonsumsi tanpa resep dokter.

3. Dekongestan

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Obat batuk pilek untuk anak biasanya mengandung dekongestan. Zat ini berfungsi untuk membantu melegakan hidung tersumbat akibat flu. Namun penggunaannya harus sesuai dengan dosis atau resep dokter.

Dekongestan juga memiliki efek samping seperti peningkatan tekanan darah, penyempitan pembuluh darah, dan sakit kepala. Obat ini tidak dianjurkan untuk bayi dan anak hingga usia 2 tahun.

4. Antihistamin

Pada batuk pilek yang disebabkan oleh alergi, obat antihistamin dapat meredakan gejalanya. Obat yang mengandung antihistamin bermanfaat untuk menghambat reaksi alergi dan mengurangi aliran ingus.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun pemberian obat antihistamin tidak disarankan untuk anak usia di bawah 2 tahun. Obat ini memiliki efek samping seperti mulut kering yang membuat anak tidak nyaman. Efek samping lainnya adalah pengentalan lendir yang membuat lendir sulit dikeluarkan.

Itulah beberapa cara menyembuhkan batuk pilek pada anak dan tips untuk meredakan gejalanya. Pada anak berusia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak menggunakan obat oral atau obat dalam.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

posisi_tidur_saat_darah_tinggi

Posisi Tidur saat Darah Tinggi yang Direkomendasikan

direktoriPenyakit   21/10/2021
terapi_darah_tinggi

Bentuk Terapi Darah Tinggi untuk Kontrol Tekanan Darah

direktoriPenyakit   19/10/2021
timun_untuk_darah_tinggi

Manfaat Mengonsumsi Timun untuk Darah Tinggi

direktoriPenyakit   19/10/2021
nama_obat_penurun_darah_tinggi

Daftar Nama Obat Penurun Darah Tinggi Terbaik

direktoriPenyakit   18/10/2021
hb_tinggi_darah_kental

Penyebab Hb Tinggi Darah kental dan Cara Mengobatinya

direktoriPenyakit   18/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman