fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf D4 Rekomendasi Obat Penurun Panas Anak di Apotek

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh anak, baik dengan cara-cara tradisional ataupun dengan memberinya obat penurun panas pada anak yang sesuai dengan anjuran.

obat penurun panas

Sebelum kita membahas informasi seputar obat penurun panas pada anak, ketahui terlebih dahulu kondisi pada anak ketika sakit sehingga kita melakukan penanganan yang tepat.

Penyebab Terjadinya Demam pada Anak

Munculnya demam pada anak ini menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bekerja untuk mengeluarkan segala virus atau infeksi yang masuk dalam tubuh.

Demam terjadi ketika otak memberikan sinyal pada tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini bertujuan untuk mengarahkan kerja dari sel darah putih untuk membunuh virus, bakteri atau racun dalam tubuh.

Ada beberapa penyebab terjadinya demam pada anak antara lain :

1. Efek imunisasi

Mayoritas bayi dan anak-anak masih rutin mendapatkan imunisasi. Efek dari pada imunisasi ini dapat menyebabkan suhu badan anak menjadi meningkat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tetapi demam yang ditimbulkan dari imunisasi ini relatif lebih ringan dibanding dengan penyebab demam yang lainnya.

2. Infeksi virus atau bakteri

Telah disinggung sebelumnya bahwa demam merupakan respon tubuh dalam melawan virus. Jadi penyebab demam antara lain adalah karena infeksi virus dan bakteri.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Infeksi yang dapat menyebabkan anak mengalami demam antara lain influenza, radang amandel, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), infeksi ginjal, infeksi saluran kemih, cacar air, dan lain-lain.

3. Cuaca dan suhu lingkungan

Demam bisa disebabkan karena faktor cuaca yang ekstrem dan suhu lingkungan yang tidak bersahabat untuk anak.

Demam banyak menyerang anak-anak ketika musim pancaroba. Pasalnya, pada waktu tersebut pergantian cuaca di sepanjang harinya sangat ekstrim.

Ketika anak melakukan aktivitas cukup lama di luar rumah saat cuaca yang panas atau ketika hujan turun, itu juga menjadi salah satu pemicu demam pada mereka.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat Penurun Panas untuk Anak

Ada banyak obat penurun panas pada anak yang tersedia di apotek. Tentu sebagai orang tua kita harus pandai memilih obat untuk anak sehingga suhu tubuh anak cepat turun dan suhu badannya cepat stabil.

Berikut ini beberapa jenis dan merk obat yang bisa didapatkan secara mudah dan terjangkau di seluruh kota Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

obat penurun panas

1. Proris Suspensi Ibuprofen

Proris Suspensi Ibuprofen merupakan salah satu obat yang berfungsi untuk membantu menurunkan demam, pereda nyeri dan sekaligus sebagai anti inflamasi untuk anak. Obat ini mudah didapat karena terjual bebas di seluruh apotek.

Kandungan Ibuprofen dalam obat ini bekerja lebih cepat dalam proses menurunkan demam jika dibandingkan dengan parasetamol dan asetosal, mempunyai durasi kerja lebih lama dalam menekan suhu tinggi pada badan, dan tidak memperberat kerja hati.

Obat ini akan bereaksi selama kurang lebih 30 menit sejak diminum. Dan kemampuannya dalam menekan suhu badan tinggi pada anak kurang lebih 6 sampai 8 jam sehingga panas anak akan turun lebih lama.

Dosis yang dianjurkan untuk anak usia 1 – 2 tahun adalah sehari 3 – 4 kali / hari dengan dosis 50 mg. Sedangkan untuk anak usia 3 – 7 tahun adalah 3 – 4 kali / hari dengan dosis 100 mg.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari ibuprofen ini antara lain:

  • Perut kembung
  • Mual dan muntah
  • Diare atau sembelit
  • Perubahan mood
  • Sakit kepala

2. Tempra Paracetamol

Tempra Syrup 100 ml – 100 ml – sirup 100 ml tersedia dalam bentuk sirup yang akan memudahkan anak meminumnya sehingga khasiat obat akan cepat terasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Seperti namanya, obat ini mengandung Paracetamol yang berperan untuk menstabilkan pusat pengaturan suhu yang terdapat pada otak dan meningkatkan ambang rasa sakit.

Sehingga tempra paracetamol ini berfungsi dalam membantu meredakan demam dan penurun panas, rasa sakit, nyeri sakit gigi, hingga sakit kepala.

Biasanya para orang tua memberikan tempra paracetamol atas saran dari dokter jika anak mengalami demam setelah imunisasi.

Obat penurun panas pada anak ini dikhususkan untuk usia 1 – 6 tahun.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dosis yang dianjurkan dokter untuk obat ini adalah setiap 4 jam per 1 dosis. Sehingga sangat dianjurkan untuk meminum obat ini tidak lebih dari 5 hari sekali.

Untuk dosis obat sendiri, sebagai berikut :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

– Usia 2-3 sebanyak 5 ml

– Usia 4-5 tahun sebanyak 7.5 ml

– Usia 6-8 tahun adalah 10 ml

Efek samping dari Paracetamol dalam dosis tinggi dapat menimbulkan keracunan hati. Untuk itu sangat disarankan segera menghubungi dokter atau rumah sakit terdekat jika demam tidak kunjung turun lebih dari 2 hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Panadol Anak Paracetamol

Panadol paracetamol yang dikhususkan untuk anak-anak mengandung Paracetamol yang berfungsi untuk membantu meredakan demam nyeri sakit kepala dan sakit gigi. Obat syrup ini dapat secara efektif bekerja pada anak usia 1- 6 tahun.

Untuk dosis penggunaannya, anak-anak usia 2 – 3 tahun cukup dengan 5 ml atau satu sendok takar. Panadol dapat dikonsumsi baik sebelum atau sesudah makan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Obat ini dapat diberikan secara langsung untuk diminum anak atau bisa pula dicampurkan dengan sari buah atau dilarutkan dengan air.

Cara penggunaan obat ini adalah setiap 4 jam sekali. Tetapi, perlu diingat bahwa sangat tidak dianjurkan untuk memberikannya lebih dari 5 kali dalam sehari.

Jika panas anak tak kunjung turun, sebaiknya hentikan obat dan segera periksakan anak ke dokter.

Efek samping jika menggunakan dosis berlebih antara lain :

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Demam tinggi
  • Ruam kulit dan terasa gatal
  • Sakit tenggorokan
  • Sariawan dan bibir pecah-pecah
  • Memar di kulit
  • Mata dan kulit berwarna kekuningan.

4. Sanmol Paracetamol Syrup

Sanmol Paracetamol syrup adalah obat yang yang dapat digunakan untuk membantu menurunkan panas dan meredakan nyeri pada anak.

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi segala penyebab demam pada anak termasuk efek imunisasi dan lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dosis yang dianjurkan dalam menggunakan obat ini yaitu

  • Bayi usia 1 – 2 tahun, 2,5 – 5 ml, 3 – 4 kali minum dalam sehari
  • Usia 2 – 5 tahun, 5 – 10 ml, 3 – 4 kali minum dalam sehari
  • Usia 6 – 9 tahun, 10 – 15 ml
  • Usia 9 – 12 tahun, 15 – 20 ml

Sanmol syrup dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Dianjurkan sesudah makan agar perut anak siap untuk menerima obat.

Rata-rata sanmol diberikan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari dengan jeda setidaknya 4 jam sekali.

Efek samping yang dapat ditimbulkan antara lain diare, tidak nafsu makan, mual dan muntah, keluar banyak keringat, serta nyeri perut bagian atas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itu tadi beberapa informasi mengenai demam dan obat penurun panas pada anak. Obat tersebut direkomendasikan karena manfaat dan cara kerjanya yang aman untuk anak-anak. Selain itu, obat – obat tersebut juga relatif mudah ditemukan di apotek terdekat. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda lainnya hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

antikoagulan pengencer darah

Antikoagulan Darah: Jenis, Manfaat dan Efek Samping

direktoriObat   18/01/2023
obat felodipine

Obat Felodipine: Mekanisme, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   07/12/2022
obat vytorin

Vytorin Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya!

direktoriObat   29/11/2022
obat ezetimibe

Ezetimibe obat apa? Cek Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

direktoriObat   29/11/2022
komunitas jantung sehat

Mengenal Jenis Obat Vasodilator: Cara Kerja, Daftar Obat, dan Efek Samping

direktoriObat   25/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman