fbpx
BerandadirektoriPenyakitPilek Tak Kunjung Sembuh Pada Anak? Coba Lakukan 6 Hal Ini!

Flu bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Anak-anak juga lebih rentan terkena flu karena sistem kekebalan tubuh yang terbentuk belum sesempurna orang dewasa. Biasanya gejala flu yang paling sering dialami oleh anak-anak adalah pilek. 

pilek

“Mayoritas penyebab pilek adalah karena virus yang umumnya dapat sembuh sendiri sesuai dengan kekebalan tubuh masing-masing. Kemungkinan lain, pilek disebabkan oleh bakteri atau kuman yang mengganggu pernapasan. Pemilihan terapi akan sangat bergantung sesuai dengan penyebab timbulnya gejala pilek.” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack.

Jika pilek dirasakan anak selama 3 hari sampai dengan 1 minggu, itu merupakan hal yang wajar. Tetapi jika pilek berkepanjangan, para orang tua sebaiknya menjadi lebih waspada.

Penyebab dan Gejala

Flu atau pilek merupakan kondisi yang sering dialami anak yang ditunjukkan dengan adanya lendir atau ingus yang keluar dari hidung. Biasanya lendir ini akan berwarna bening atau kuning kehijauan ketika sudah beberapa hari.

Anak dibawah 6 tahun umumnya terserang flu karena faktor lingkungan, antara lain penyebab dari adanya virus, bakteri, kuman, atau kondisi cuaca terlebih lagi musim pancaroba.

Musim pancaroba mengakibatkan keadaan cuaca yang berubah-ubah secara drastis. Bisa terjadi hujan atau panas dalam kurun waktu yang singkat dalam sehari. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anak sehingga mudah sakit. Apalagi jika anak hobi minuman dingin, makanan asam, pedas, dan lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kebersihan makanan dan alat makan juga harus sangat diperhatikan untuk menghindari virus dan bakteri menempel. Memperhatikan kebersihan tubuh si kecil juga salah satu upaya untuk menghindari terjadinya flu yang disebabkan oleh kuman yang menempel. Orang tua sangat diwajibkan untuk menjaga selalu kebersihan dan penyebaran virus pada anak.

Sedangkan untuk gejala flu pada anak, hampir sama dengan gejala flu umum pada orang dewasa. Gejala tersebut antara lain :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Flu atau pilek yang disertai dengan demam tinggi
  • Demam tinggi yang tak kunjung reda lebih dari 3 hari
  • Pilek yang disertai dengan batuk kering atau berdahak
  • Pilek yang berujung pada nafas tidak teratur atau sesak nafas
  • Perubahan pola makan dan tidur anak, yaitu penurunan nafsu makan dan pola tidur yang tidak teratur serta rewel
  • Enggan menyusu atau tidak mau menyusu khususnya anak <2 tahun
  • Mata merah dan berair, atau muncul kotoran pada mata.

6 Cara Mengatasi Pilek Berkepanjangan pada Anak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, flu atau pilek dalam kurun waktu 3 hari sampai 1 minggu itu merupakan waktu yang normal. Namun, wajar saja jika para orangtua khawatir kondisi anak semakin parah dan flu sulit ditangani.

Yang perlu diingat, orang tua tidak perlu khawatir dan panik. Ada beberapa tips untuk penanganan sederhana ketika pilek melanda si kecil :

1. Atur suhu ruangan agar anak tetap nyaman.

Dianjurkan untuk tidak menempatkan anak di ruangan ber-AC dengan suhu yang relatif rendah. Atau jika tidak ada pilihan, aturlah suhu AC ruangan tersebut mengikuti kondisi tubuh anak.

2. Gunakan alat penyedot.

Anda bisa menggunakan alat penyedot yang dikhususkan untuk menyedot ingus bila si kecil belum mampu mengeluarkan ingus sendiri.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Bersihkan dengan kapas

Jika lendir hidung mengeras dan menempel pada permukaan lubang hidung, maka bisa dibersihkan dengan menggunakan kapas yang dicelupkan air hangat.

4. Sediakan air diffuser

Air diffuser berisi air hangat yang telah dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak beraroma menthol lainnya dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Kemudian ajarkan si kecil untuk menghirup uap dari air hangat tersebut agar meredakan hidung tersumbat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Gunakan air garam

Meneteskan air garam pada ujung hidung juga merupakan cara lain untuk mengencerkan lendir ingus yang menyebabkan hidung tersumbat.

6. Berikan pijatan secara lembut

Pijatan lembut pada anak dapat memberikan efek relaksasi. Pijat ini juga berfungsi untuk melenturkan otot-otot dan juga memperlancar peredaran darah. Sehingga dapat mengurangi nyeri ataupun lelah yang dirasakan anak. Gunakan minyak telon atau minyak sereh untuk memberikan efek hangat bagi tubuh anak.

Rekomendasi 4 Menu untuk Anak yang Sedang Flu dan Pilek

svg%3E

Pada umumnya, flu dapat diredakan dengan bantuan obat. Salah satunya, Anda bisa mencoba memberikan obat pilek seperti HUFAGRIP BP 60 ML – Obat Batuk Pilek – LIFEPACK (Rp21.667) untuk anak. Selain itu, Anda juga dapat merawat anak dirumah dengan menu-menu yang dapat diberikan untuk mendukung proses penyembuhan.

1. Memberinya air putih hangat

Kondisi tubuh anak yang sudah mengalami pilek lebih dari 7 hari tentu akan mengalami kehilangan banyak cairan. Cairan yang keluar saat anak mengalami pilek antara lain melalui keringat ataupun lendir yang dikeluarkan dari hidung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk itu diperlukan asupan cairan lebih agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Para orangtua disarankan untuk selalu memberi minum pada si kecil berupa air putih hangat.

Air putih hangat ini berperan dalam mematikan virus atau bakteri yang ada pada mulut dan tenggorokan anak. Lagipula pemberian air putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Ramuan susu dan kunyit

Jika anak mengalami pilek lebih dari seminggu, maka orang tua bisa mencoba ramuan susu dan kunyit ini.

Kunyit dan susu merupakan ramuan yang biasa digunakan untuk mengobati demam dan kelelahan pada anak. Kabar baiknya lainnya, ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati pilek yang berkepanjangan.

Pasalnya kandungan curcuma dalam kunyit berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh virus-virus penyakit serta melawan infeksi.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan cairan perasan kunyit yang sudah diparut pada susu yang anak minum.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Perasan air lemon dan madu

Ramuan tradisional yang bisa menjadi alternatif pengobatan pilek lainnya yaitu minuman dari campuran madu dan air lemon. Madu dan lemon adalah dua bahan yang kaya akan vitamin C.

Vitamin C sangat diperlukan saat anak mengalami pilek untuk jangka waktu yang panjang. Vitamin C ini berperan dalam meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Caranya yaitu cukup dengan mencampurkan 1 gelas air hangat dengan perasan lemon dan beberapa sendok madu sesuai selera. Perhatikan jangan sampai terlalu asam sehingga anak nyaman untuk meminumnya.

4. Sup ayam yang kaya rempah

Menu yang satu ini juga biasa digunakan untuk mengatasi nafsu makan anak yang menurun saat sakit. Tambahkan beberapa rempah-rempah dalam sup ayam buatan anda seperti lada, kayu manis, dan pala.

Rempah-rempah tersebut sangat berfungsi untuk menghangatkan badan serta memancing produksi lendir agar pilek cepat sembuh.

Tambahkan juga daging dan tulang ayam kampung yang mana ini bisa dimanfaatkan untuk kekebalan tubuh. Kaldu ayam dari sup ini memiliki kandungan zinc dan kalsium yang tinggi sehingga bisa mempercepat proses pemulihan tubuh anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar atasi pilek pada anak. Sebaiknya, konsultasikan kondisi Si Kecil dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis-jenis penyakit kronis

Jenis-Jenis Penyakit Kronis pada Anak, Apa Saja?

direktoriPenyakit   19/01/2023
penyakit akut dan kronis

Kenali Perbedaan Penyakit Akut dan Kronis

direktoriPenyakit   19/01/2023
kebal antibiotik

Sembarangan Minum Obat, Awas Kebal Antibiotik! Penyebab, Ciri-ciri, Pencegahan, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   07/12/2022
pembesaran kantung udara di paru-paru

Emfisema: Pembesaran Kantung Udara di Paru-Paru

direktoriPenyakit   10/11/2022
perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman