fbpx
BerandadirektoriPenyakitPenyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Pilek pada Anak

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

pilek pada anak

Batuk pilek adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Pada umumnya pilek dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun ada beberapa kasus pilek berkepanjangan pada anak yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Penyebab Pilek Pada Anak

Pilek atau flu sebenarnya termasuk penyakit ringan yang dapat sembuh tanpa obat. Namun pilek yang tidak kunjung sembuh lebih baik segera diperiksakan ke dokter. Hal tersebut penting untuk mengetahui penyebab dan penanganan bagaimana yang diperlukan.

1. Virus

Salah satu penyebab terjadinya pilek adalah karena virus. Rhinovirus merupakan penyebab paling umum yang dapat menyebabkan flu pada anak. Tetapi selain itu masih ada begitu banyak jenis virus yang dapat menular dan menyebabkan flu pada anak.

Pilek pada anak yang disebabkan oleh penularan virus umumnya akan sembuh sendiri sekitar tiga hingga lima hari. Kesembuhan anak tentunya juga dipengaruhi oleh sistem imun atau daya tahan tubuh anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anak yang memiliki daya tahan tubuh bagus akan sembuh dari penyakit dalam waktu yang lebih singkat. Sedangkan jika daya tahan tubuh anak sedang tidak begitu bagus, maka pilek berkepanjangan pada anak mungkin saja terjadi. Apabila daya tahan tubuh tidak bagus, anak sembuh dari pilek dalam waktu yang lebih lama hingga dua minggu.

2. Alergi

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Flu pada anak juga dapat terjadi karena alergi. Biasanya, penyebab pilek ini diakibatkan oleh alergi udara. Anak-anak seringkali mengalami pilek saat suhu udara sedang rendah. Alergi udara dingin dapat menjadi faktor penyebab anak terkena demam dan pilek atau flu.

Udara yang dingin ini bisa karena faktor cuaca atau ruangan dengan pendingin udara seperti AC ataupun kipas angin. Anak-anak sebaiknya tidak berada di ruangan yang dingin terlalu lama. Penting untuk menjaga anak tetap hangat agar tidak mudah sakit.

Selain udara dingin, udara yang kotor juga dapat menjadi penyebab anak mengalami flu. Hal ini bisa terjadi seperti saat anak dibawa naik motor dan terpapar udara yang kotor dengan polusi yang tinggi.

3. Kelelahan

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kelelahan juga dapat menjadi faktor lain yang dapat menyebabkan anak mengalami flu. Anak-anak yang sedang aktif bergerak pasti akan membuat tubuhnya mudah lelah. Ketika tubuh terlalu lelah akan menjadi lebih rentan terserang sakit, umumnya seperti panas dan kemudian pilek.

4. Bakteri

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika Pilek berkepanjangan pada anak terlebih yang disertai dengan batuk, hal ini bisa saja disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Namun untuk memastikannya, anak Anda perlu melewati pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya adalah pemeriksaan lendir. 

Pilek anak yang berkepanjangan dan disertai gejala lain seperti berat badan yang terus menurun sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Gejala

1. Bersin-bersin

Pilek pada anak dapat terjadi akibat berbagai faktor pemicu seperti virus, alergi, asap rokok, udara kotor, debu, dan lain sebagainya. Salah satu gejala yang sering muncul adalah bersin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bersin sebenarnya hal yang normal dapat terjadi setiap hari, namun bersin karena pilek dapat terjadi lebih sering. Anak yang pilek bisa bersin-bersin walaupun di siang hari dan suhu udara sedang tidak dingin.

2. Suhu tubuh naik

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Flu memang tergolong sebagai penyakit yang ringan. Flu pada anak dapat sembuh sendiri setelah beberapa hari. Namun bisa juga terjadi dalam waktu yang lebih lama karena berbagai faktor.

Selain bersin-bersin, pilek pada anak juga bisa disertai dengan gejala demam atau suhu tubuh yang naik. Anak yang pilek dan panas merupakan respons alami dari sistem imun ketika melawan virus atau zat berbahaya di dalam tubuh.

3. Keluar cairan dari hidung

Pilek atau flu juga bisa ditandai dengan gejala seperti hidung meler. Saat mengalami flu, hidung anak dapat mengeluarkan cairan berwarna bening. Biasanya cairan bening tersebut keluar dari salah satu lubang hidung atau bisa juga kedua lubang hidung anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cairan yang bening dapat berubah warna menjadi lebih pekat dan kehijauan. Lendir yang lebih pekat dan lengket tersebut bisa menjadi salah satu gejala anak mengalami sinusitis. Hal tersebut menyebabkan pilek berkepanjangan pada anak dan membuat anak rewel.

4. Hidung gatal dan tersumbat

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Gejala lain yang dapat dilihat saat anak terkena flu adalah hidung gatal dan tampak kemerahan. Biasanya anak menjadi lebih sering mengucek-ucek hidungnya karena flu membuat hidung terasa gatal dan tidak nyaman.

Selain gatal, pilek juga dapat menyebabkan anak mengalami hidung tersumbat. Biasanya suara anak akan sedikit berubah saat hidungnya tersumbat. Anak juga biasanya akan memberi tahu kalau hidungnya mampet dan sulit untuk bernapas. 

5. Kehilangan indera penciuman

Saat ingus sudah masuk ke bagian rongga sinus, lendir yang keluar berubah menjadi tidak bening. Hal tersebut dapat memperparah gejala pilek pada anak seperti sakit kepala dan tidak bisa mencium bau.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Saat pilek membuat anak kehilangan indera penciuman, maka perlu pengobatan lebih lanjut. Pilek yang sudah berkembang menjadi sinusitis sudah tidak bersifat dapat sembuh sendiri.

Cara Mengatasi

1. Istirahat yang cukup

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apabila anak menunjukkan gejala pilek, sebaiknya beri waktu istirahat yang lebih banyak. Tidur dengan suhu ruangan yang hangat dan sirkulasi udara yang baik. Jika menggunakan AC, sebaiknya atur suhunya agar tidak terlalu dingin untuk anak.

Anak yang dibiasakan tidak tidur siang mungkin kesulitan untuk beristirahat di siang hari. Apabila tidak bisa tidur di tempat tidur, anak bisa beristirahat di atas sofa di ruang tamu. Hal terpenting adalah mengurangi aktivitas sehingga tubuh bisa beristirahat lebih lama dan tidak terlalu kelelahan. Anda juga bisa memberikan anak obat pilek seperti Triaminic Syrup Batuk & Pilek – 60 ml – Obat batuk kering & pilek (Rp109.000) yang memberikan efek samping rasa kantuk sehingga anak dapat berisitirahat.

2. Beri minum air hangat

Minum air putih yang banyak penting untuk mencegah anak mengalami dehidrasi saat terkena pilek. Orang tua juga bisa memberikan minum air hangat untuk meringankan gejala pilek dan membuat anak merasa lebih nyaman. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain air hangat, anak yang sedang pilek juga bisa diberi sup hangat untuk membantu mengatasi pilek. Rempah-rempah dalam kuah sup dapat membantu menghangatkan tubuh dari dalam.

3. Memberi ASI lebih sering

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pada bayi yang belum makan atau minum, maka orang tua dapat memberinya ASI lebih sering untuk mengatasi pilek pada si kecil. Pemberian air susu ibu yang lebih banyak dapat membantu meningkatkan sistem imun anak.

Saat sistem kekebalan tubuhnya bagus, tubuhnya akan lebih mudah untuk sembuh dari pilek atau flu. ASI merupakan nutrisi yang paling bagus untuk si kecil, tidak hanya untuk makanan tetapi juga obat alami saat si kecil sedang sakit.

4. Terapi uap

pilek pada anak

Pada anak-anak yang sudah cukup besar, terapi uap dapat digunakan untuk membantu mengatasi pilek. Caranya menggunakan air panas yang diberi minyak kayu putih untuk dihirup uapnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Periksa ke dokter

Jika pilek pada anak tidak kunjung reda, sebaiknya segera bawa anak Anda ke dokter. Pertolongan medis mulai diperlukan apabila pilek disertai gejala lain seperti sulit bernapas, muntah, suhu tinggi lebih dari 38 derajat celcius, dan sakit kepala hebat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah beberapa penyebab, gejala, dan cara mengatasi pilek berkepanjangan pada anak yang tidak kunjung sembuh. “Jangan lupa lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan, makan makanan sehat, dan sebagainya untuk mengurangi gejala terserang pilek.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack. Walaupun termasuk penyakit ringan, penyakit ini dapat membuat anak tidak nyaman dan rewel. Maka dari itu, perlu untuk segera diatasi.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antre. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

posisi_tidur_saat_darah_tinggi

Posisi Tidur saat Darah Tinggi yang Direkomendasikan

direktoriPenyakit   21/10/2021
terapi_darah_tinggi

Bentuk Terapi Darah Tinggi untuk Kontrol Tekanan Darah

direktoriPenyakit   19/10/2021
timun_untuk_darah_tinggi

Manfaat Mengonsumsi Timun untuk Darah Tinggi

direktoriPenyakit   19/10/2021
nama_obat_penurun_darah_tinggi

Daftar Nama Obat Penurun Darah Tinggi Terbaik

direktoriPenyakit   18/10/2021
hb_tinggi_darah_kental

Penyebab Hb Tinggi Darah kental dan Cara Mengobatinya

direktoriPenyakit   18/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman