Cara Mengatasi Nyeri dan Gigi Berlubang

Apr 14, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Sakit gigi yang berdenyut adalah tanda bahwa Anda mungkin mengalami kerusakan gigi. Kerusakan gigi atau gigi berlubang bisa membuat Anda sakit gigi. Nyeri gigi berdenyut juga bisa terjadi jika ada infeksi di gigi atau gusi.

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada gigi. Hal ini disebut dengan pulpitis. Pulpa gigi mengandung jaringan, saraf, dan pembuluh darah. Rongga atau retakan pada gigi memungkinkan udara dan kuman di dalam gigi. Hal ini dapat mengiritasi dan menginfeksi saraf pulpa sensitif yang menyebabkan sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit dan nyeri gigi disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa penyebab munculnya sakit gigi antara lain:

1. Pembentukan Plak Gigi

Plak gigi adalah film lengket bening yang melapisi gigi Anda. Plak terbentuk karena penderita mengonsumsi berbagai makanan banyak gula dan pati namun tidak membersihkan gigi dengan baik. Ketika gula dan pati tidak dibersihkan dari gigi, maka bakteri dengan cepat mulai memakannya dan membentuk plak. 

Plak yang menempel pada gigi dapat mengeras di bawah atau di atas garis gusi sehingga membentuk karang gigi (kalkulus). 

2. Serangan Plak Gigi

Asam dalam plak menghilangkan mineral dalam enamel luar gigi yang keras. Erosi ini menyebabkan bukaan atau lubang kecil di bagian email gigi dan menjadi tahap pertama dari proses gigi berlubang. 

Setelah area enamel aus, bakteri dan asam dapat mencapai lapisan gigi berikutnya, yang disebut dentin. Lapisan ini lebih lunak dari enamel dan kurang tahan terhadap asam. 

3. Pembusukan pada Gigi

Ketika pembusukan gigi berkembang, maka bakteri dan asam melanjutkan gerakannya melalui gigi Anda lalu bergerak di sebelah gigi bagian dalam (pulpa) yang mengandung saraf dan pembuluh darah. Gusi akhirnya menjadi bengkak dan teriritasi dari bakteri. 

Karena tidak ada tempat untuk pembengkakan untuk berkembang di dalam gigi, saraf menjadi tertekan dan menyebabkan rasa sakit. Ketidaknyamanan bahkan dapat meluas ke luar ke daerah akar gigi ke tulang.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Mengenal Penyakit Meningitis atau Radang Selaput Otak

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Gigi Berlubang dan Nyeri Gigi

Untuk mengatasi sakit dan nyeri gigi akibat gigi berlubang, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan diantaranya:

1. Hindari Makanan dan Minuman Panas dan Dingin

Sakit gigi akan sangat sensitif karena bakteri dalam plak menghasilkan asam yang memakan enamel gigi. Oleh karena itu hindari makanan dan minuman yang sangat dingin atau sangat panas.

Karena lapisan dentin pada gigi telah diserang oleh kerusakan gigi, maka permukaannya akan bereaksi pada suhu yang ekstrim. Anda mungkin disarankan untuk menyikat gigi dengan air hangat.

2. Hindari Makanan dan Minuman Manis atau Asam

Anda juga harus menghindari makanan dan minuman yang sangat tinggi gula atau sangat asam karena keduanya dapat memperburuk kerusakan gigi. 

Gigi Anda mungkin atau mungkin tidak langsung sensitif seperti jika terkena suhu panas dan dingin. Walaupun begitu makanan tersebut juga dapat berkontribusi terhadap kerusakan gigi lebih lanjut dan menimbulkan banyak rasa sakit

3. Cengkeh

Cengkeh telah banyak digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah. Hal ini dikarenakan minyak cengkeh secara efektif dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. 

Untuk menggunakan pengobatan ini, oleskan sedikit minyak cengkeh ke bola kapas dan oleskan ke daerah yang terkena. Lakukan ini beberapa kali sehari. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air dan membuat obat kumur.

4. Berkumur dengan Air Garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam dapat digunakan sebagai salah satu cara pengobatan sakit gigi yang efektif. Air garam adalah desinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi Anda. Beberapa sumber terpercaya juga menyatakan bahwa air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Untuk menggunakan pengobatan ini, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan sebagai obat kumur.

5. Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Sebelum Anda mengambil langkah-langkah penghilang rasa sakit, hubungi dokter gigi Anda untuk membuat janji sesegera mungkin. 

Untuk mencegah interaksi obat, pastikan untuk memberi tahu dia obat apa yang sedang Anda gunakan. Jika rasa sakitnya memudar untuk sementara, jangan batalkan janji. Rasa sakit itu pasti akan kembali, dan kerusakannya tidak akan pulih dengan sendirinya.

Sakit gigi memang harus ditangani segera mungkin agar rasa nyerinya bisa reda dengan cepat. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis