fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Senyawa brinzolamide merupakan inhibitor dari karbonat anhidrase. Dalam dunia medis, senyawa ini digunakan sebagai terapi pasien dengan kondisi glaukoma dengan sudut terbuka. Selain itu, senyawa ini juga digunakan sebagai obat pada pasien yang menderita hipertensi okular.

Glaukoma merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan pada saraf yang bertugas menghubungkan otak dengan mata. Kerusakan fungsi saraf ini terjadi akibat adanya tekanan yang tinggi pada bagian dalam mata. Penyakit ini akan menimbulkan hilangnya penglihatan secara perlahan-lahan hingga menjadi kebutaan total.

Informasi

Sebagai salah satu terapi glaukoma, senyawa brinzolamide digunakan pada salah satu merek obat yaitu Azopt. Senyawa ini akan membantu menurunkan tekanan pada mata dan mencegah terjadinya kebutaan. Cara kerjanya adalah dengan menurunkan jumlah cairan yang ada di mata.

Glaukoma menjadi salah satu penyakit yang sangat sering dijumpai dan dampaknya tidak main-main. Menurunnya kualitas penglihatan hingga kebutaan menghantui para penderita glaukoma. Tekanan yang tinggi pada mata menyebabkan kerusakan saraf mata dan bisa mengakibatkan mata tidak bisa melihat secara total. 

Obat ini akan menghambat pembentukan cairan berlebih di mata. Pasien yang menerima terapi dengan obat ini bisa mendapatkan penurunan tekanan di dalam mata hingga 16-19%. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat untuk terapi glaukoma ini harus berdasarkan resep dari dokter.

Dosis

Sebagai terapi bagi pasien glaukoma, brinzolamide ini diberikan dengan dosis tertentu. Anda bisa menggunakan obat ini sebanyak tiga kali sehari dengan takaran satu tetes saja. Namun, dosis ini bisa berbeda pada setiap pasien sehingga harus kembali dikonsultasikan dengan dokter.

Obat ini beredar di pasaran dalam bentuk tetes mata. Tidak seperti produk tetes mata lainnya, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Anda tidak bisa menggunakan dosis milik orang lain dan begitu juga sebaliknya. Hanya gunakan obat berdasarkan resep yang diberikan dokter secara khusus kepada Anda.

Efek Samping

benzolamide

Setiap kali menggunakan atau mengonsumsi obat brinzolamide, Anda harus memperhatikan kemungkinan efek samping yang ditimbulkan oleh brizolamide. Begitu juga dengan obat terapi brinzolamide ini. Efek samping yang muncul bisa saja membuat kondisi mata malah menjadi lebih parah jika tidak dikendalikan dengan baik.

Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan.

  1. Sensasi kering pada mata
  2. Hidung berair
  3. Perasaan mengganjal di bagian mata
  4. Sensasi rasa asam atau tidak biasa di mulut
  5. Penglihatan mengabur
  6. Pusing

Beberapa jenis efek samping tersebut terjadi karena pemakaian obat brinzolamide pada pasien. Namun, pada kondisi tertentu ada efek samping yang timbul akibat pasien kemungkinan mengalami alergi. Berikut adalah efek samping yang mengharuskan Anda segera menghentikan pemakaian obat.

  1. Mata berair
  2. Gatal pada kulit dan mata
  3. Bengkak pada bibir, lidah, dan mata
  4. Sakit tenggorokan (Baca juga Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Ampuh)
  5. Nyeri dada
  6. Demam
  7. Sesak napas
  8. Kesulitan menelan
  9. Ruam pada kulit

Reaksi alergi tersebut menandakan bahwa Anda harus segera berhenti menggunakan obat tetes yang mengandung brinzolamide. Segera hubungi dokter untuk membantu Anda mengatasi efek samping yang ditimbulkan agar tidak berkembang menjadi semakin parah.

Cara Konsumsi

Obat ini ada dalam sediaan suspensi dan digunakan sebagaimana Anda memakai tetes mata biasa. Jika Anda terbiasa menggunakan tetes mata, maka pemakaian obat brinzolamide tidak akan terlalu sulit. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan aturan pemakaian obat terapi glaukoma ini.

  1. Pastikan kedua tangan Anda dalam kondisi bersih saat akan menggunakan obat. Jangan lupa untuk mengeringkan kedua tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh obat.
  2. Pada pemakaian pertama, periksa terlebih dahulu bagian tip dan pastikan tidak ada kerusakan. Pastikan bagian tip ini tetap dalam kondisi steril dan jangan disentuh.
  3. Silakan mendongakkan kepala dan tarik kelopak mata bagian bawah hingga terbentuk kantung untuk mempermudah masuknya obat.
  4. Posisikan bagian tip dari obat tetes mata sedekat mungkin dengan mata Anda tanpa membuat keduanya saling bersentuhan. 
  5. Tekan kemasan obat hingga mengeluarkan satu tetes suspensi ke dalam mata. Pada saat memasukkan obat ke mata, pastikan pandangan mata Anda mengarah ke atas.
  6. Setelah obat dipastikan masuk ke mata, Anda bisa memejamkan mata selama 2 hingga 3 menit. Anda bisa menundukkan kepala dan pastikan untuk tidak berkedip atau mengucek mata terlebih dahulu.
  7. Jika dokter menganjurkan pemakaian lebih dari satu tetes, maka Anda bisa memberi jeda 5 menit sebelum memasukkan tetes berikutnya.
  8. Bersihkan sisa obat yang keluar dari mata dan segera cuci kedua tangan Anda setelah pemakaian obat selesai.
  9. Simpan kembali obat dalam kondisi tertutup rapat dan jauh dari jangkauan anak-anak.
  10. Jika Anda menggunakan dua jenis obat, berikan jeda selama 10 menit pemakaian masing-masing obat.
  11. Jika Anda menggunakan kontak lensa, lepaskan terlebih dahulu saat akan memakai obat. Kontak lensa bisa dipakai kembali paling tidak 15 menit setelah obat digunakan.
  12. Sebelum mendapatkan resep, ceritakan secara lengkap riwayat alergi obat yang Anda alami kepada dokter sebagai antisipasi.
  13. Sangat disarankan untuk memakai obat sebelum Anda beristirahat. Hindari pemakaian obat sebelum mengemudi karena salah satu efek samping yang ditimbulkan adalah berkurangnya kualitas penglihatan.
  14. Pemakaian obat dilakukan secara rutin setiap hari pada jam yang sama. Jika Anda melewatkan satu kali jadwal pemakaian obat, lewatkan dan lanjutkan ke jadwal berikutnya.

Pemakaian brinzolamide dinilai efektif membantu para penderita glaukoma secara perlahan-lahan. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dan mendapatkan resep dokter untuk menggunakan obat ini.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antre di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Sumber:

MedlinePlus; Brinzolamide Ophthalmic. Diakses pada 2020

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis