fbpx

Apa Itu Ranitidine Obat dan Fungsinya Bagi Tubuh

Jul 1, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Pernahkah Anda mendengar obat ranitidine? Ya, obat ini biasa digunakan untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan peningkatan asam lambung. Produksi asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan. 

Namun sudahkah Anda mengetahui untuk penyakit apa saja obat ini digunakan? Simak ulasan berikut  mengenai ranitidine dan fungsinya bagi tubuh yang telah Tim Lifepack rangkum untuk Anda.

Informasi Ranitidine

Golongan: Histamine H2 receptor antagonist

Kategori: Obat resep

Manfaat: Menurunkan kadar asam lambung

Bentuk sediaan:Tablet, kapsul, injeksi

Fungsi Ranitidine

Ranitidine biasa digunakan untuk mengobati maag, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), dan sindrom Zollinger-Ellison. Ranitidine merupakan obat yang dijual bebas dan digunakan untuk mencegah dan mengobati gejala sakit perut yang berhubungan dengan gangguan pencernaan dan asam lambung. Ranitidine termasuk dalam kelas obat yang disebut H2 blocker. Obat ini bekerja dengan mengurangi jumlah asam yang dibuat dalam perut.

Ranitidine juga dapat digunakan untuk mengobati pendarahan pada saluran cerna bagian atas dan untuk mencegah kerusakan lambung akibat penggunaan obat Anti Inflamasi Non Steroid (NSAID), dan aspirasi asam lambung selama anestesi.

Peringatan

Sebelum menggunakan obat ini, Anda perlu berkonsultasi pada dokter untuk menyesuaikan dosis dengan kondisi tubuh Anda. Beritahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap ranitidine atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau suplemen. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadi interaksi obat ketika Anda mengonsumsi ranitidine.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Apa Fungsi Ciprofloxacin dan Bagaimana Dosisnya?
Apa Itu Cetirizine dan Fungsinya Bagi Tubuh
Pelajari Apa itu Omeprazole dan Fungsinya
Apa Itu Methylprednisolone dan Fungsinya Bagi Tubuh
Kenali Fungsi Obat Dexamethasone dan Takaran Dosisnya

Efek Samping

Obat ini dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Gejala efek samping yang dapat ditimbulkan akibat konsumsi obat ini antara lain:

  • Sakit kepala
  • Sembelit
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut

Itulah beberapa informasi kesehatan mengenai obat. Jika Anda mengalami gejala efek samping di atas Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan berkonsultasi dengan dokter dan tebus resep obat tanpa antri.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis