fbpx

Kenali Dexamethasone Obat Apa dan Takaran Dosisnya

Sep 29, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ketika Anda sakit dan memeriksakan diri ke dokter, pasti Anda akan diberikan penanganan salah satunya dengan pemberian obat. Obat-obatan yang diberikan tentunya diberikan sesuai dengan kebutuhan kondisi tubuh Anda. Salah satunya adalah pemberian obat dexamethasone (Baca juga Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat). Pertanyaannya adalah dexamethasone obat apa dan bagaimana dosisnya?

Obat dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid yang mirip dengan hormon alami yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin Anda. Obat ini membantu dalam mengurangi peradangan (pembengkakan, panas, kemerahan, dan nyeri) dan digunakan untuk mengobati beberapa jenis arthritis, alergi, dan asma. Dexamethasone juga digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker (Baca juga 5 Faktor Penyebab Munculnya Alergi yang Perlu Anda Waspadai).

Informasi Dexamethasone

Golongan: Kortikosteroid

Kategori: Obat resep

Fungsi: Meredakan peradangan, mencegah kerusakan jaringan, mencegah kekurangan hormon, mengobati arthritis, alergi, dan asma

Bentuk sediaan: Tablet, sirup, dan salep

Fungsi Dexamethasone

Obat dexamethasone memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dan jenis penyakit. Beberapa manfaat penggunaan dexamethasone antara lain:

Mencegah Kerusakan Jaringan

Manfaat dexamethasone yang pertama adalah mencegah kerusakan jaringan. Pada beberapa penyakit akibat peradangan, sistem kekevalan tubuh akan bekerja terlalu aktif. Jika aktivitas sistem kekebalan tubuh tidak segera dihentikan, maka hal tersebut dapat merusak berbagai jaringan sehat di dalam tubuh. 

Dexamethasone sendiri sangat bermanfaat karena dapat menghambat kerja sistem kekevalan tubuh sehingga kerusakan pada jaringan tubuh dapat dicegah.

Menggantikan Kekurangan Hormon

Pada beberapa orang yang mengalami insufisiensi tidak dapat memproduksi hormon yang mencukupi kebutuhan tubuh. Padahal keberadaan hormon sendiri sangat penting untuk mengontrol dan menjaga berbagai fungsi tubuh seperti melawan infeksi, mengatur glukosa, hingga mengendalikan stres.

Dexamethasone sendiri dapat digunakan untuk membantu menggantikan produksi hormon yang berkurang pada tubuh. Obat ini dapat bekerja dengan meningkatkan produksi hormon sehingga tubuh tidak mengalami kekurangan hormon dan menjafa fungsi organ-organ tubuh tetap stabil.

Meredakan Peradangan

Beberapa penyakit seperti gatal-gatal, asma, dermatitis, hingga alergi akan menimbulkan peradangan. Pada alergi peradangan dapat terjadi pada kulit hingga membuat kesulitan bernapas. Untuk mengatasi berbagai peradangan yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut, Anda bisa menggunakan obat dexamethasone untuk mengatasinya. Obat dexamethasone sendiri bisa digunakan karena dapat membantu menekan proses peradangan yang terjadi akibat alergi, asma maupun penyakit dermatitis.

Mencegah Mual dan Muntah Akibat Kemoterapi

Pada proses kemoterapi kanker biasanya menimbulkan beberapa gejala efek samping pada pasiennya. Efek samping yang umum terjadi pada para pasien kemoterapi adalah mual dan muntah. Nah, obat dexamethasone dapat digunakan untuk mencegah risiko efek samping ini sehingga proses kemoterapi dapat berjalan dengan lancar dan memudahkan pasien untuk menjalan terapi pengobatan ini.

Mengobati Penyakit Autoimun

Selain untuk mencegah gejala efek samping yang mungkin terjadi pada pasien kemoterapi, obat dexamethasone juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala penyakit lain.

Obat dexamethasone juga bisa digunakan untuk menangani berbagai penyakit karena penyakit autoimun seperti sarkoidosis, multiple myloma, penyakit pada sistem limfatik, hingga penyakit Systemic Lupus Erythematosus (SLE) (Baca juga Seberapa Berbahayakah Penyakit Lupus?). Obat ini dapat menghambat aktivitas sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif sehingga tidak menyerang jaringan-jaringan sehat di dalam tubuh. Oleh karena itu gejala yang muncul akibat penyakit autoimun dapat berkurang oleh obat ini.

Dosis

Penggunaan obat dexamethasone dapat digunakan dengan menggunakan dosis tunggal maupun dosis rendah. Namun perlu Anda ingat bahwa penggunaan obat ini perlu memerhatikan resep dokter. Jangan mengurangi atau menambahkan dosis tanpa pengawasan dokter.

Konsultasikan pada dokter jika Anda memiliki permasalahan kesehatan atau kondisi tertentu, sehinga dokter memahami dosis yang tepat untuk mengatasi permasalahan kesehatan Anda.

Efek Samping Dexamethasone

Obat ini dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Efek samping dapat berupa:

  1. Sakit perut
  2. Muntah
  3. Sakit kepala
  4. Insomnia (Baca juga Insomnia? Simak 3 Cara Mengatasi Insomnia Ini!)
  5. Gelisah
  6. Timbul jerawat (Baca juga 7 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat)
  7. Peningkatan pertumbuhan rambut
  8. Mudah memar
  9. Periode menstruasi yang tidak teratur atau tidak ada (Baca juga Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal)

Gejala efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini dapat menjadi parah. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami beberapa gejala efek samping yang semakin parah seperti:

  1. Ruam kulit
  2. Bengkak pada wajah atau pergelangan kaki
  3. Gangguan penglihatan
  4. Nyeri otot
  5. Kejang

Jika Anda mengalami gejala di atas, segera ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari tenaga medis.

Peringatan

fungsi-dexamethasone

Meskipun dexamethasone dapat meredakan nyeri terutama akibat peradangan, Anda tetap perlu memerhatikan beberapa hal. Anda perlu memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi terhadap obat dexamethasone, aspirin, dan tartrazine. Anda juga perlu memberitahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain, serta pernah memiliki penyakit hati, ginjal, jantung, dan diabetes. Obat dexamethasone mungkin dapat memberikan efek berbeda jika digunakan pada penderita penyakit kronis, sehingga Anda pelru mengonsultasikannya.

Anda perlu mengonsultasikan penggunaan obat ini terutama jika Anda sedang mengonsumsi vitamin dan suplemen. Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadi interaksi obat. Anda juga perlu mengonsultasikan kemanan dan efektivitas penggunaan obat ini jika Anda dalam kondisi menyusui, hamil, atau akan melakukan program kehamilan.

Jangan menambah atau mengurangi dosis obat ini tanpa pengawasan dari dokter. Penggunakan obat dexamethasone yang tidak mengikuti instruksi dokter dapat menimbulkan efek samping atau masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, pastikan Anda memahami cara konsumsi obat ini. Jika Anda kurang memahami cara menggunakan obat ini, tanyakan pada dokter atau apoteker.

Itulah beberapa informasi mengenai obat dexamethasone. Perlu Anda ingat bahwa penggunaan obat ini perlu dikonsultasikan kepada dokter untuk menghindari efek samping maupun dampak konsumsi obat yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store dan dapatkan kemudahan dalam menebus resep obat tanpa antri. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online yang dapat Anda lakukan meski hanya dari rumah.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:
Dexamethasone
Clinical Trials

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis