fbpx
BerandaKesehatan Kerja8 Fasilitas Pekerjaan Selain Gaji untuk Karyawan

Saat melamar pekerjaan sebagai karyawan di suatu perusahaan, jangan hanya menjadikan gaji sebagai pertimbangan. Pasalnya, karyawan di suatu perusahaan, juga berhak atas fasilitas yang disediakan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Bagi Anda yang  posisinya masih sebagai calon karyawan atau sudah jadi karyawan, simak beberapa fasilitas pekerjaan selain gaji berikut ini.   

fasilitas-pekerjaan-selain-gaji

Mengapa Perusahaan Harus Menyediakan Fasilitas Selain Gaji?

Selain gaji, perusahaan secara umum memang memberikan fasilitas lain pada karyawannya. Fasilitas ini sendiri ada yang memang sifatnya wajib, serta ada yang memang tergantung pada kebijakan perusahaan. Dengan adanya fasilitas selain gaji ini maka karyawan akan bisa merasa nyaman bekerja untuk perusahaan, sehingga juga akan berdampak pada produktivitasnya. 

Kewajiban perusahaan untuk memberikan fasilitas selain gaji ini di antaranya tertuang di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.  Jadi, seandainya perusahaan tak menyediakan fasilitas yang semestinya diterima oleh karyawannya, maka perusahaan tersebut dianggap sudah menyalahi peraturan yang ada. Perusahaan bisa saja terkena sanksi atau juga denda.

8 Jenis Fasilitas Dalam Pekerjaan Selain Gaji

1. Asuransi atau Jaminan Kesehatan

Asuransi atau jaminan kesehatan merupakan salah satu fasilitas utama yang diberikan oleh perusahaan. Ada pun keberadaan fasilitas ini sifatnya wajib, karena diatur langsung di dalam undang-undang. Dengan adanya jaminan kesehatan ini, maka saat Anda terdaftar sebagai karyawan di suatu perusahaan dan jatuh sakit, maka biaya pengobatan akan bisa ditanggung oleh perusahaan. 

Dalam menjamin kesehatan karyawan, perusahaan ada yang menyediakan jaminan kesehatan milik pemerintah yakni BPJS Kesehatan dan ada juga asuransi kesehatan swasta. Karyawan pun harus paham bahwa ada aturan dalam menggunakan asuransi atau jaminan kesehatan ini, misalnya seperti jenis kamar rawat yang digunakan, serta limit pemanfaatan asuransinya. 

2. Jaminan Kecelakaan Kerja

Selain jaminan kesehatan, karyawan juga berhak atas jaminan kecelakaan kerja, apalagi jika pekerjaan yang dijalankannya itu berisiko. Secara umum, perusahaan di Indonesia pasti memfasilitasi karyawannya dengan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan akan mengucurkan dana untuk karyawan, jika sekiranya terjadi kecelakaan yang disebabkan karena pekerjaannya.   

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Uang Pesangon

Uang pesangon merupakan sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya, diakibatkan karena adanya pemutusan hubungan kerja atau PHK. Pemberian uang pesangon ini sifatnya wajib dibayarkan oleh perusahaan. Besaran uang pesangon sendiri berbeda-beda, karena disesuaikan dengan masa kerja yang telah dilalui karyawan di perusahaan tersebut. 

4. Cuti Tahunan

Fasilitas pekerjaan selain gaji yang juga berhak diterima oleh karyawan adalah cuti tahunan. Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan disebutkan bahwa setiap perusahaan wajib memberikan jatah cuti 1 hari per bulannya pada karyawan. Jika ditotal, karyawan berhak atas 12 hari cuti dalam setahun. Pemanfaatannya bisa dilakukan per bulan atau diakumulasikan terlebih dahulu.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lalu, bagaimana jika fasilitas cuti ini tidak dimanfaatkan oleh karyawan? Kebijakan mengenai pemanfaatan waktu cuti ini sendiri berbeda-beda tergantung dengan perusahaannya. Ada perusahaan yang menganggap hangus masa cuti yang tak dimanfaatkan, namun ada juga yang mengakumulasikannya pada tahun berikutnya. 

5. Cuti Sakit

Selain cuti tahunan, karyawan juga berhak untuk memperoleh cuti sakit. Walaupun sama-sama cuti, namun waktu untuk cuti sakit ini sama sekali tak berhubungan dengan jatah cuti tahunan. Agar bisa memperoleh cuti sakit, tentu saja karyawan harus melampirkan bukti berupa surat keterangan sakit yang diperoleh dari tenaga kesehatan.  

6. Cuti Hamil dan Melahirkan

Masih berbicara mengenai fasilitas cuti, selanjutnya adalah cuti melahirkan. Bagi karyawan wanita yang tengah hamil dan menanti waktu kelahiran buah hatinya, perusahaan wajib memberikan jatah cuti hamil dan melahirkan. Jatah waktu cutinya adalah selama 3 bulan, yang secara umum digunakan 1.5 bulan sebelum dan 1.5 bulan sesudah melahirkan. 

7. Upah Lembur

Perusahaan pasti memiliki jam kerja yang harus dipatuhi oleh karyawannya. Namun, jika karyawan harus melakukan pekerjaan tambahan di luar jam kerja yang telah disepakati, biasanya ada upah lembur yang diberikan oleh perusahaan. Besaran upah lembur sendiri biasanya sesuai dengan kebijakan perusahaan masing-masing.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jaminan Hari Tua atau JHT merupakan dana yang bisa diperoleh oleh karyawan saat ia sudah memasuki usia tidak produktif lagi. Jadi, walau tak lagi bisa bekerja, karyawan tetap bisa hidup nyaman di hari tuanya. Fasilitas JHT ini sendiri biasanya sudah sepaket dengan jaminan lain di bawah naungan BPJS Ketenagakerjaan. 

Gaji hanyalah satu dari banyaknya fasilitas yang bisa diperoleh karyawan saat bekerja untuk suatu perusahaan. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi seorang calon karyawan untuk mengetahui apa saja fasilitas pekerjaan selain gaji yang bisa ia peroleh. Jangan sampai nantinya saat bekerja, karyawan urung memperoleh fasilitas yang sudah merupakan haknya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tingkatkan kinerja karyawan dengan jaminan kesehatan karyawan. Sekarang proses berobat bisa jadi lebih mudah dengan Lifepack. Lifepack for Corporate menawarkan manfaat pengobatan sesuai kebutuhan karyawan dan kebijakan perusahaan. Tanpa biaya layanan.

Lifepack telah bekerja sama dengan Kompas Group. Untuk karyawan Kompas Group, silakan daftarkan diri Anda untuk dapat mengklaim benefit di link berikut.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Cara Mendapatkan Donor Plasma Darah Konvalesen

Hidup Sehat   10/01/2022
tunjangan pengobatan

Mengenal Tunjangan Pengobatan dari Perusahaan

Uncategorized   13/07/2021
motivasi-mendaftar-kerja

14 Faktor Pendorong Motivasi Mendaftar Kerja

Kesehatan Kerja   25/04/2021
macam-macam-tunjangan-karyawan

Pengertian dan Macam-Macam Tunjangan Karyawan

Kesehatan Kerja   24/04/2021
aturan-cuti-karyawan

Memahami Aturan Cuti Karyawan dan Reimbursement

Kesehatan Kerja   23/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman