fbpx
BerandaKesehatan KerjaApa Saja Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan?

Human Resources Development atau Pengelola Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan sangat berpengaruh dalam menentukan perkembangan perusahaan atau organisasi di masa yang sangat kompetitif ini. HRD harus paham bagaimana strategi yang baik dalam mendorong produktivitas karyawan agar mencapai tujuan yang diharapkan oleh perusahaan atau organisasi. Karena ternyata banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan.

faktor-yang-mempengaruhi-kinerja

Karyawan merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan atau organisasi. Meski perusahaan memiliki aset lain seperti bangunan dan properti, namun karyawanlah yang sangat berperan penting. Karena karyawan menentukan maju atau mundurnya perkembangan dari suatu perusahaan atau organisasi dari kinerjanya. Tidak heran, HRD harus pintar-pintar merumuskan cara yang ampuh untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Namun ternyata banyak sekali loh faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Apa saja itu? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dihasilkan oleh karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Pengaruh kinerja karyawan sangatlah berdampak bagi perusahaan atau organisasi. Mengapa tidak? Pengaruh kinerja karyawan ini sangat berdampak pada maju mundurnya suatu perusahaan atau organisasi. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan:

1. Kemampuan dan Keahlian

Kemampuan dan keahlian merupakan komponen penting dari tercapainya kinerja yang maksimal. Lalu apa yang dimaksud dengan kemampuan? Kemampuan merupakan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan dalam melakukan suatu pekerjaan. Semakin luas keterampilan yang dimiliki oleh seorang karyawan, maka semakin mudah karyawan tersebut dalam mencapai hasil kinerja yang maksimal.

Sedangkan keahlian merupakan pengetahuan yang dimiliki karyawan tentang pekerjaannya. Semakin baik pengetahuan karyawan maka potensi karyawan tersebut dalam menghasilkan kinerja yang berkualitas akan semakin tinggi. Oleh karena itu kemampuan dan keahlian merupakan komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja seorang karyawan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Kepribadian

Kepribadian atau karakter yang dimiliki karyawan berpengaruh terhadap kinerjanya. Karyawan yang memiliki kepribadian yang baik maka dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Misalnya, karyawan yang memiliki karakter ulet dan bertanggung jawab akan melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sehingga hasil kinerjanya lebih baik dibandingkan dengan karyawan yang tidak memiliki karakter tanggung jawab.

3. Motivasi Kerja

Motivasi kerja adalah dorongan bagi karyawan untuk melakukan pekerjaannya. Biasanya motivasi kerja dipengaruhi oleh banyak komponen lain seperti gaji, tunjangan kesehatan, keselamatan kerja, kebijakan pimpinan, dan beberapa faktor lainnya. Jika karyawan memiliki dorongan yang kuat, maka karyawan akan termotivasi untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Sehingga kinerja yang akan dihasilkan karyawan tersebut akan baik pula.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Budaya Organisasi

Budaya organisasi merupakan kebiasaan atau norma-norma yang berlaku dalam suatu organisasi atau perusahaan. Biasanya kebiasaan atau norma-norma ini mengatur hal-hal yang berlaku dan dapat diterima secara umum serta harus dipatuhi oleh seluruh anggota perusahaan atau organisasi.

5. Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja merupakan perasaan senang atau suka karyawan setelah melakukan pekerjaannya. Jika karyawan senang dengan pekerjaannya maka karyawan akan berpotensi lebih besar dalam menghasilkan kinerja yang lebih baik. Hal tersebut menjadi faktor ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan.

6. Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah kondisi tempat karyawan bekerja. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi kinerja karyawan. Jika lingkungan kerja nyaman dapat membuat karyawan lebih fokus dan mudah dalam mencapai kinerja maksimal. Lingkungan kerja juga dapat diartikan sebagai suasana kerja. Suasana yang suportif akan membuat produktivitas karyawan lebih tinggi dibandingkan suasana kerja yang tidak suportif.

7. Komitmen

Banyak komponen yang mempengaruhi komitmen karyawan dalam bekerja. Komitmen dapat diartikan sebagai kepatuhan terhadap perjanjian yang telah dibuat karyawan bersama perusahaan atau organisasi. Semakin kuat komitmen karyawan makan semakin besar keinginan karyawan untuk menghasilkan kinerja yang baik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

8. Loyalitas

Loyalitas adalah kesetiaan karyawan terhadap perusahaan atau organisasi. Faktor yang satu ini sangat mempengaruhi terhadap kinerja karyawan. Semakin tinggi loyalitas karyawan terhadap perusahaan atau organisasi maka karyawan akan semakin bersungguh-sungguh dalam bekerja. Sehingga kinerja yang dihasilkan akan semakin baik. Oleh karena itu penting bagi pengelola perusahaan atau organisasi untuk menciptakan rasa loyalitas yang tinggi di lingkungan kerja.

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Bagi Anda pengelola perusahaan atau pengelola Sumber Daya Manusia, Anda dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan beberapa cara, antara lain:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Pelatihan dan Pengembangan Diri

Jika anda ingin karyawan semakin handal dalam mengerjakan pekerjaannya, pelatihan dan pengembangan diri merupakan solusi yang dapat Anda coba. Hal ini dapat menambah wawasan karyawan dalam bekerja. Selain itu pelatihan dan pengembangan diri juga dapat mengurangi ketegangan karyawan akan tuntutan pekerjaan harian. Anda dapat mencoba melakukan pelatihan dan pengembangan diri secara sederhana untuk memulainya.

2. Membangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik adalah kunci dari kinerja yang baik. Semakin kecil kesalahpahaman yang dialami karyawan saat bekerja maka semakin kecil pula peluang kinerja karyawan memburuk. Komunikasi yang baik dapat dibangun dengan membuat lingkungan kerja menjadi lingkungan yang suportif. Tidak hanya antar karyawan, namun juga antara karyawan dengan pimpinan perusahaan atau organisasi.

3. Fasilitas Kerja

Fasilitas kerja sangat penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Semakin baik fasilitas kerja yang diberikan, maka karyawan akan semakin terbantu dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Sehingga kinerja yang dihasilkan juga semakin baik. Fasilitas kerja yang diberikan harus sesuai dan mumpuni terhadap pekerjaan.

4. Insentif dan Bonus

Insentif dan bonus merupakan dua hal yang tidak dapat dipungkiri sangat berpengaruh sebagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Dua hal ini akan meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja dan menghasilkan kinerja yang baik. Insentif yang baik dan sesuai serta berbagai tunjangan seperti tunjangan kesehatan akan mendukung kesejahteraan karyawan. Kesehatan karyawan dan kesejahteraannya dapat membuat karyawan semakin fokus terhadap pekerjaan karena beban yang mereka pikirkan akan semakin berkurang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun pengelola perusahaan atau HRD perlu kreatif dalam memberikan manfaat lain bagi karyawan agar karyawan menjaga kinerjanya yang baik. Pemberian bonus atau manfaat lain bagi karyawan yang menghasilkan kinerja baik dapat mendorong karyawan untuk bekerja sebaik mungkin.

Anda juga dapat menjadikan kehadiran dan hasil pekerjaan karyawan sebagai indikator dalam memberikan bonus. Hal ini akan membuat karyawan berlomba-lomba untuk aktif dan bekerja sebaik mungkin agar kinerja yang dihasilkannya maksimal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dan cara meningkatkan kinerja karyawan. Anda dapat mempertimbangkan hal-hal yang menjadi penyebab kinerja karyawan turun dan mencari solusi efektif untuk menyelesaikannya.

Jika Anda, HRD atau pengelola perusahaan dihadapkan dengan permasalahan paket manfaat kesehatan, Lifepack hadir sebagai solusinya. Lifepack merupakan apotek digital yang aman dan terpercaya. Kami hadir dengan tujuan mempermudah Anda memberikan manfaat kesehatan karyawan tanpa rasa khawatir. Kami menyediakan layanan konsultasi dokter online dan penebusan resep obat yang akan diantar langsung ke alamat alamat pesanan.

Konsultasikan kebutuhan kesehatan karyawan Anda dengan Lifepack, aplikasi apotek online dan konsultasi dokter online dengan harga terjangkau dan menjangkau seluruh Indonesia

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis asuransi karyawan

8 Jenis Asuransi Karyawan

Kesehatan Kerja   21/02/2022

Cara Menghitung Tetesan Infus untuk Pasien

Dokter   27/01/2022

Cara Mendapatkan Donor Plasma Darah Konvalesen

Hidup Sehat   10/01/2022
tunjangan pengobatan

Mengenal Tunjangan Pengobatan dari Perusahaan

Kesehatan Kerja   13/07/2021
motivasi-mendaftar-kerja

14 Faktor Pendorong Motivasi Mendaftar Kerja

Kesehatan Kerja   25/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman