fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf M10 Cara Mengatasi Maag saat Puasa agar Tidak Kambuh

Maag atau gastritis adalah masalah pencernaan yang seringkali kambuh ketika perut kosong. Pada umumnya, maag dapat diatasi dengan mengonsumsi obat yang mengandung magnesium hidroksida. Tetapi kondisi berpuasa tentunya memerlukan penanganan yang berbeda karena Anda tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman. Simak 7 cara mengatasi maag saat puasa berikut.

cara mengatasi maag saat puasa

1. Berbuka tepat waktu 

Penderita maag harus selalu makan tepat waktu. Ketika berpuasa, Anda harus segera berbuka jika sudah saatnya. Jangan mengundur waktu sama sekali.

Jika Anda harus berkegiatan di luar, bawalah air minum dan bekal atau makanan ringan yang dapat membantu mengisi perut. Jangan lupa bawa juga obat maag jika diperlukan.

Sama halnya dengan berbuka, sahur juga wajib untuk dilakukan. Perut yang tidak diisi sama sekali hanya akan memperburuk gejala maag.

2. Jauhi makanan pantangan

Maag akan kambuh ketika sistem pencernaan Anda iritasi. Seringkali, iritasi ini juga disebabkan oleh makanan pemicu yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita maag. Berikut beberapa makanan pantangan untuk penderita maag.

  • Diproses dan diawetkan
  • Mengandung gluten tinggi
  • Asam
  • Olahan susu
  • Tinggi gula

Maka dari itu, salah satu cara mengatasi maag saat puasa adalah untuk menghindari makanan tersebut saat berbuka maupun sahur. Jika Anda memiliki tingkat toleransi yang lebih tinggi, Anda bisa mengkreasikannya dengan makanan yang sudah pasti aman. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Jangan makan berlebihan

Saat berbuka, tahan diri Anda untuk makan dalam jumlah banyak sekaligus. Makan berlebihan sekaligus justru dapat memperparah maag Anda.

Maag tidak hanya dapat kambuh karena makanan yang tidak cocok, tetapi juga dengan cara makan anda. Makanan yang dikonsumsi dalam jumlah banyak akan membuat pencernaan Anda semakin sulit untuk bekerja. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Maka dari itu, berbukalah dalam porsi kecil. Anda bisa memulai menu dengan takjil atau makanan ringan, lalu makanlah menu utama dalam porsi cukup setelah sholat Magrib. Anda bisa mengonsumsi makanan ringan setelahnya.

4. Konsumsi probiotik sebagai snack

Cara mengatasi maag saat puasa berikutnya adalah dengan konsumsi probiotik. Probiotik dapat meningkatkan produksi baik di dalam pencernaan Anda dan memberikan berbagai dampak baik  untuk sistem pencernaan. Probiotik akan menetralkan pencernaan, menekan produksi asam lambung berlebih, meredakan iritasi lambung, dan mengaktifkan kembali enzim-enzim penting untuk pencernaan.

Beberapa makanan mengandung probiotik yang bisa Anda konsumsi adalah yogurt, kefir, yakult, kombucha, dan tempe. Anda dapat menikmatinya setelah berbuka puasa.

Jika Anda khawatir apakah makanan probiotik yang dikonsumsi akan terlalu asam untuk lambung, pastikan produk tersebut memiliki pH di atas asam lambung yang sekitar pH 1,5 hingga 3,5. Makanan dengan pH di bawah angka tersebut cenderung menimbulkan iritasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Jangan tidur setelah sahur

Berbaring setelah makan dapat menyebabkan maag Anda kambuh karena naiknya asam lambung. Asam lambung yang naik tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan rasa panas di dada.

Ketika asam lambung naik, cairan tersebut dapat mengalir kembali ke kerongkongan. Kembalinya cairan justru akan membuat iritasi kerongkongan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Hindari tidur setidaknya 3 jam setelah sahur. Anda bisa memulai hari dengan melakukan aktivitas yang membuat pikiran tetap aktif agar tidak mengantuk. Ini merupakan cara mengatasi maag saat puasa yang mudah untuk dilakukan.

6. Hindari susu, kafein, dan minuman bersoda saat sahur

Sebagian penderita maag mungkin dapat mengonsumsi susu tanpa adanya gejala apa pun. Tetapi penelitian menemukan bahwa susu dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala maag. Ditemukan bahwa kondisi akan baru memburuk setelah beberapa jam. 

Selain susu, kafein di dalam kopi juga tidak dianjurkan untuk orang maag. Kafein yang ada di dalam kopi mungkin dapat membantu Anda untuk tidak tidur di pagi hari, tetapi kafein ini justru akan meningkatkan asam lambung.

Minuman bersoda memiliki sifat asam yang juga terkadang mengandung kafein. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas secara alami tidak dianjurkan untuk penderita maag. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sebaiknya, konsumsi cairan yang sudah pasti sehat seperti air mineral. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air mineral Anda di malam hari hingga subuh. 

7. Konsumsi buah-buahan saat berbuka

Penderita maag tentunya dapat berbuka dengan menu lezat juga. Tips paling utama untuk makanan lezat dan tetap sehat adalah dengan menggunakan berbagai buah-buahan. Konsumsi buah pepaya bisa jadi cara mengatasi maag kambuh saat puasa, lho.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa mengkreasikan menu makanan atau minuman dengan buah apel yang mengandung flavonoid. Zat alami ini memiliki efek antioksidan dalam tubuh yang dapat menghambat pertumbuhan H. pylori, bakteri penyebab gastritis dan sakit maag. Buah apel juga kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan.

Buah lain yang baik untuk penderita maag adalah blueberry segar serta cranberry. Konsumsi cranberry perlu dibicarakan dulu dengan dokter Anda karena dapat menyebabkan peradangan. Satu lagi opsi yang mengandung flavonoid adalah sayuran seperti seledri, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

8. Hindari makanan berminyak saat buka puasa

Makanan berminyak cenderung lama untuk dicerna sehingga bisa menimbulkan rasa mual. Pada beberapa orang, makanan dengan takaran minyak yang banyak dapat menimbulkan diare.

9. Hindari daging merah

Kalori dan lemak yang tinggi pada daging merah membuat tubuh lebih lama untuk mencernanya. Jika Anda tetap ingin konsumsi daging merah, pastikan memilih potongan yang lebiih tipis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

10. Konsumsi probiotik

Selain menjadi cara mencegah maag kambuh, manfaat probiotik juga bisa melindungi tubuh Anda dari serangan virus dan bakteri. Hal ini membuat tubuh Anda lebih kuat dan tak mudah sakit saat puasa.

Demikian cara mengatasi maag saat puasa. Sebaiknya batalkan puasa Anda dan konsumsi makanan jika maag yang diderita sudah tidak tertahankan. Dalam segi medis, maag yang sudah parah dapat menyebabkan gangguan komplikasi lain seperti gastritis atrofi, tukak lambung, anemia, hingga kanker.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jaga pola makan dan segera sedia obat maag selama puasa. Salah satu obat maag yang aman untuk Anda konsumsi saat berbuka puasa atau saat kambuh adalah Madu Freshmag – 200 ml – Madu untuk Atasi Maag Kronis, Infeksi Radang Lambung & GERD (Rp134.288).

Madu Freshmag adalah madu herbal alami yang dapat mengatasi masalah lambung seperti maag kronis, infeksi radang lambung, dan GERD. Terbuat dari kunyit yang ampuh menyembuhkan masalah lambung dan pencernaan karena mengandung curcuma dan vitamin lainnya. Diolah secara higenis sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, Anda bisa konsumsi atau minum Omeprazole saat puasa. Obat resep mengandung omeprazole untuk solusi berbagai gejala yang diakibatkan oleh permasalahan pada lambung.

Dapatkan beragam obat untuk maag, GERD, dan gangguan pencernaan lainnya di Apotek Online Lifepack. Dijamin asli dan murah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Penyakit Melanoma Maligna: Gejala, Cara Mengatasi Dan Penyebab

Malaria: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   29/10/2021

Penyakit Mioma Uteri: Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

direktoriPenyakit   28/10/2021
Pemicu Penyakit Menahun

Kenali Pemicu Penyakit Menahun Untuk Mencegahnya Terjadi

direktoriPenyakit   08/09/2021
middle-east-respiratory-syndrome

Middle East Respiratory Syndrome (MERS)

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman