fbpx
BerandadirektoriObatInformasi Kesehatan Obat dari Huruf A10 Efek Samping Penggunaan Obat Penggugur Kandungan untuk Aborsi

Kehamilan kadang datang secara tidak direncanakan atau diinginkan. Sebagian orang memilih untuk melanjutkan kehamilan, tetapi sebagian lainnya mungkin memilih untuk menghentikan kelahiran dengan menggunakan obat aborsi, terlepas dari efek samping penggunaan obat aborsi itu sendiri. Baca artikel ini untuk mengetahui cara kerja, serta efek samping penggunaan obat aborsi.

obat aborsi

Apa itu pil aborsi?

Pil aborsi adalah obat yang digunakan untuk menggugurkan janin dengan sengaja. Aborsi berbeda dari keguguran karena adanya intervensi luar dalam upaya menggagalkan proses kehamilan, sedangkan keguguran terjadi secara alami.

Aborsi biasanya dilakukan ketika janin berusia lima hingga tujuh minggu. Obat aborsi yang bisa juga disebut obat penggugur kandungan akan membuat hormon progesteron yang dibutuhkan untuk perkembangan janin terhenti sehingga lapisan rahim menipis. Janin tidak dapat bertumbuh dan melekat di dinding rahim, lalu akan keluar melalui vagina.

Pil aborsi yang pada umumnya digunakan adalah mifepristone dan misoprostol. Obat mifepristone bekerja dengan cara memblokir progesteron di dalam tubuh sehingga perkembangan janin akan terhenti. Sedangkan, obat misoprostol akan mengosongkan rahim Anda dengan cara merangsang kontraksi. Konsumsi obat misoprostol akan mengakibatkan kram dan pendarahan seperti layaknya proses keguguran. 

Dua obat tersebut dapat ditemukan di klinik aborsi pada beberapa negara yang melegalkan tindakan aborsi. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang melegalkan aborsi, tetapi dengan ketentuan dan peraturan yang sangat terbatas.

Dilansir dari Antara.com, UU no 36 tahun 2009 menyatakan tindakan aborsi tidak diperbolehkan kecuali untuk kedaruratan medis yang didiagnosa sejak dini atau kehamilan yang disebabkan oleh pemerkosaan. Aborsi di luar keadaan tersebut ditentukan sebagai perbuatan ilegal. Jika Anda menemukan penjualan obat aborsi secara online, kemungkinan besar itu adalah penjualan ilegal. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek samping obat aborsi

Obat aborsi tentunya memiliki efek samping, terlebih lagi jika dilakukan tanpa bantuan tenaga medis dan didapatkan dari penjualan ilegal. Berikut adalah efek samping obat aborsi yang harus Anda ketahui.

1. Kram

Obat aborsi akan menyebabkan kram sedang hingga berat, khususnya jika Anda menggunakan obat misoprostol. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, misoprostol bekerja dengan cara menyebabkan kontraksi rahim yang kuat untuk menggugurkan janin.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kram ini dapat dibantu diredakan dengan obat pereda nyeri yang bisa didapatkan secara over the counter (obat OTC), kecuali obat aspirin yang justru akan menyebabkan pendarahan lebih parah. 

2. Pendarahan

Pendarahan akibat konsumsi obat aborsi berbeda dengan darah yang dikeluarkan saat siklus menstruasi. Darah yang dikeluarkan pada umumnya berisi gumpalan dan jaringan sisa-sisa bakal janin. Efek samping obat penggugur kandungan yang satu ini biasanya dialami bersamaan dengan kram.

Kondisi ini dapat berlangsung selama satu atau dua minggu, bahkan sebulan. Jika keadaan sudah terlalu banyak, tindakan medis seperti operasi mungkin akan diperlukan.

3. Infeksi berat

Setelah 24 jam mengonsumsi misoprostol, Anda mungkin akan mengalami mual, sakit perut, lemas, yang mungkin disertai demam. Gejala-gejala tersebut menandakan bahwa terjadi infeksi di dalam rahim. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penelitian menduga infeksi ini terjadi karena ada bakteri penghasil toksin tertentu yang ditemukan di vagina sekitar 10% wanita setelah konsumsi obat aborsi.

4. Kehamilan ektopik

Efek samping penggunaan obat aborsi yang paling berat adalah kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim untuk kehamilan selanjutnya. Kehamilan ektopik ini pada umumnya tidak dapat didiagnosa pada awal kehamilan melalui USG dan hanya dapat dilihat jika kehamilan sudah masuk ke fase pertengahan. Gejala yang mungkin muncul adalah nyeri pada perut dan pendarahan pada vagina.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kehamilan ektopik dapat menyebabkan tuba fallopi (tabung yang menghubungkan ovarium ke rahim) pecah dan menyebabkan pendarahan internal yang parah. Tetapi, kehamilan ektopik masih jarang ditemukan. Sejak tahun 2000 hingga 2018, hanya ditemukan 97 kasus kehamilan ektopik di Amerika Serikat.

5. Penyakit Radang Panggul

Penggunaan obat aborsi dapat meningkatkan risiko Penyakit Radang Panggul (PID) sebanyak 23% jika Anda juga merupakan penderita infeksi Chlamydia. Efek samping PID adalah menyebabkan infertilitas, abses, dan nyeri kronis.

6. Risiko Infertilitas

Infeksi yang disebabkan oleh pil aborsi dapat menyebabkan kemandulan di masa depan. Infertilitas ini termasuk kondisi seperti kehamilan ektopik yang akan menyebabkan sel telur berkembang di luar rahim.

7. Gangguan Mental

Selain efek samping secara fisik, wanita juga bisa mendapatkan efek samping pada kesehatan mental. Gangguan mental yang dapat terjadi termasuk kecemasan, depresi, atau gejala terkait trauma. Kondisi ini dapat disebabkan berbagai faktor mulai dari gangguan fisik akibat pil aborsi hingga perasaan bersalah atau tidak nyaman dari orang di sekitarnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

8. Kematian

Efek buruk dari penggunaan obat penggugur kandungan berikutnya adalah kematian. Hal ini umumnya disebabkan oleh pendarahan hebat yang terjadi setelah mengonsumsi pil aborsi.

9. Gagal Jantung

Dalam jurnal Obstetrics and Gynecology disebutkan bahwa overdosis obat aborsi juga dapat menimbulkan gagal jantung. Pasalnya, obat ini memicu jantung untuk berdebar lebih cepat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

10. Syok Anafilaktik

Syok anafilaktik adalah alergi serius yang kerap terjadi karena penggunaan obat keras tanpa anjuran dokter. Alergi ini bisa timbul saat Anda menggunakan obat penggugur kandungan tanpa saran dan pengawasan dokter.

Apa reaksi setelah minum obat penggugur kandungan?

Sebagian obat penggugur kandungan akan bekerja dalam hitungan jam atau hari yang bekerja dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Reaksi yang terjadi mungkin akan terasa signifikan di tubuh, yang mungkin juga disertai dengan efek samping yang dapat muncul.

Demikian efek samping penggunaan obat aborsi yang harus Anda ketahui. Cegah kehamilan yang tidak diinginkan dengan Andalan Pil Kb – 56 tablet – Kontrasepsi Oral (Rp29.800). Pil KB Andalan merupakan kontrasepsi oral yang mengandung Levonorgestrel 0.15 mg, dan ethinylestradiol 0.03 mg. Obat ini bekerja dengan cara mencegah pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Dapat ditebus dengan resep dokter.

Ingin konsultasi dengan dokter seputar kehamilan dan reproduksi? Nikmati konsultasi gratis dengan dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Konsultasi mudah melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

atorvastatin

Atorvastatin: Manfaat, Fungsi, dan Dosis

direktoriObat   14/07/2022
alphamol

Alphamol: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   13/07/2022
apialys drop

Apialys Drop: Manfaat, Dosis, Cara Pemakaian

direktoriObat   12/07/2022
cara mendapatkan resep dokter obat alprazolam

Cara Mendapatkan Resep Dokter Obat Alprazolam

Perbedaan Antivirus dan Antibiotik: Adakah Antivirus untuk Covid-19?

direktoriObat   14/01/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman