fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf GApakah GERD Bisa Sembuh Total? Ketahui Terapi & Pengobatan GERD

GERD atau naiknya asam lambung merupakan salah satu penyakit yang dapat kambuh di saat-saat tertentu. Pasien GERD harus selalu mempertahankan pola makan dan hidup yang sehat agar GERD tidak kambuh dengan tiba-tiba. Namun, apakah GERD bisa sembuh total? Baca penjelasan, serta terapi, dan pengobatan dari GERD.

apakah gerd bisa sembuh total?

Apa itu penyakit GERD?

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah penyakit yang terjadi ketika otot di ujung kerongkongan tidak menutup dengan benar sehingga memungkinkan isi lambung bocor dan naik ke kerongkongan dan mengiritasi permukaan kerongkongan.

Makanan yang seharusnya berpindah dari tenggorokan ke perut melalui kerongkongan, justru bergerak kembali ke atas karena dicegah oleh cincin otot di esofagus bagian bawah. Cincin otot bernama sfingter esofagus bagian bawah (LES) ini akan menyebabkan GERD ketika tidak menutup secara keseluruhan.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya GERD. Namun, penyebab yang paling umum ditemukan adalah stress. Selain itu, diet, gaya hidup, dan obat-obatan juga bisa menjadi faktor penyebab.

Gejala GERD

Gejala umum dari GERD adalah naiknya asam lambung atau sakit perut di saat rasa asam mengalir ke tenggorokan. Sebagian orang mungkin tidak akan merasakan sakit, namun menderita batuk dan nyeri dada yang parah. 

Gejala biasanya lebih buruk saat berbaring, karena gravitasi kurang mampu membantu menjaga isi perut tetap di perut. Gejala juga dapat diperburuk oleh kafein, makanan asam, alkohol, dan merokok.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Terdapat beberapa gejala GERD yang perlu Anda kenali, antara lain:

  • Sensasi rasa terbakar di dada atau tenggorokan
  • Dapat merasakan cairan lambung yang naik terdapat pada bagian belakang mulut
  • Merasa bahwa makanan tersangkut di belakang tulang dada
  • Sakit perut
  • Mual setelah makan

Beberapa gejala GERD lainnya yang tidak umum tetapi harus diwaspadai, antara lain:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Makanan naik kembali ke atas (regurgitasi)
  • Batuk atau mengi
  • Kesulitan menelan
  • Cegukan
  • Suara serak atau berubah suara
  • Sakit tenggorokan

Apakah GERD bisa sembuh total?

GERD adalah penyakit kronis yang berlangsung seumur hidup. Namun, GERD dapat dikendalikan agar tidak kambuh dengan pola hidup serta pengobatan dalam jangka panjang. 

Dokter Spesialis Gastroenterologi FKUI RSCM Ari Fahrial Syam menyatakan GERD bisa sembuh, namun dapat kambuh jika gaya hidup tidak mengalami perubahan. 

Adapun beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan pasien GERD sebagai berikut:

  • Memiliki berat badan ideal
  • Berhenti merokok
  • Tidak berbaring segera setelah makan
  • Makan dengan perlahan
  • Menjaga pola makan
  • Tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat di area perut

Terapi dan pengobatan GERD

Ada kalanya pasien GERD membutuhkan obat-obatan over-the-counter atau resep saat gejalanya kambuh. Berikut beberapa obat yang dapat membantu meredakan GERD.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Antasida 

Zat yang satu ini berfungsi untuk menetralkan asam lambung dengan cepat. Namun, antasida tidak akan efektif menyembuhkan radang kerongkongan yang berada kondisi parah akibat asam lambung. Di samping itu, penggunaan antasida yang berkepanjangan dapat menyebabkan efek samping seperti diare atau masalah ginjal.

  • Obat-obatan penghambat reseptor H-2

GERD dapat diatasi dengan obat yang bekerja sebagai penghambat reseptor H-2 akan mengurangi produksi asam secara efektif. Obat ini tidak akan memberikan efek yang instan seperti antasida, tetapi obat ini dapat menurunkan produksi asam lambung yang lebih lama hingga 12 jam. Beberapa obatnya adalah cimetidine, famotidine, dan nizatidine (Axid AR). 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Obat-obatan penghambat pompa proton

Obat-obatan ini berfungsi untuk menghambat asam yang lebih kuat daripada penghambat receptor H-2. Beberapa jenis obat ini tersedia dengan merk dagang lansoprazole dan omeprazole.

Pada umumnya, GERD dapat dikontrol dengan obat-obatan. Dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur bedah atau lainnya jika GERD berada dalam tingkat keparahan tinggi. Berikut beberapa prosedur untuk GERD.

  • Fundoplikasi

Dokter bedah akan mengikat bagian atas perut Anda di sekitar sfingter esofagus bagian bawah untuk mengencangkan otot dan mencegah refluks. 

  • Penggunaan LINX

LINX adalah sebuah cincin manik-manik magnet kecil yang akan melekatkan sambunga perut dan kerongkongan. Daya tarik magnet akan menjaga sambungan tetap tertutup agar asam tidak dapat naik ke kerongkongan, tetapi juga tetap akan memberikan jalan untuk makanan ke dalam perut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Fundoplikasi tanpa insisi transoral (TIF)

Prosedur yang satu ini akan mengencangkan sfingter esofagus bagian bawah dan esofagus bagian bawah dengan bantuan pengikat polipropilen. TIF dilakukan melalui mulut dengan alat yang disebut endoskopi dan tidak memerlukan prosedur pembedahan.

Puasa dengan GERD

Lalu, bagaimana puasa dengan GERD? Masih banyak yang salah mengira GERD dan maag adalah hal yang sama. Meski memiliki kemiripan, kedua kondisi ini merupakan hal yang berbeda ya Lifemates. Simak penyebab hingga cara pencegahan penyakit lambung selama puasa di video Lifepack berikut ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar GERD. Semoga bermanfaat ya! Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan lainnya hanya di Apotek Lifepack.

Baca juga: Bahaya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

kanker ginjal

Kanker Ginjal: Penyebab dan Gejala

tips merawat ginjal

Tips Memelihara Kesehatan Ginjal Bagi Pasien Kronis

obat langganan Aplikasi

Lifepack Plus: Aplikasi Langganan Obat Rutin dan Obat Kronis

gerd penderita untukpuasamengatasi TipsTips

Tips Puasa Untuk Penderita GERD

cara merawat ginjal

8 Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman