fbpx
BerandadirektoriPenyakitZoster

Varicella-zoster virus (VZV) merupakan virus yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster.  

zoster-cacar-air

Informasi 

Cacar air merupakan penyakit yang timbul pada paparan pertama atau awal dari virus varicella-zoster. Penyakit ini merupakan penyakit yang sering muncul pada masa kanak-kanak yang relatif ringan dan dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan di rumah sakit. 

Setelah virus ini menginfeksi, virus ini dapat tinggal di dalam sistem saraf tubuh dan dapat teraktivasi dan menghasilkan karakteristik ruam kulit pada dermatom tubuh yang nyeri. Keadaan ini disebut sebagai herpes zoster. 

Gejala 

Cacar air menyebabkan lepuh (vesicle) yang mulai muncul dari punggung, dada, dan wajah kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Pada infeksi virus varicella-zoster pertama kali, gejala yang sering muncul berupa: 

  • Nyeri 
  • Lemah 
  • Gejala mirip flu 

Pada kondisi reaktivasi virus atau herpes zoster, gejala yang khas adalah munculnya ruam disertai rasa sakit yang menusuk. Ruam pada kulit ini akan muncul sesuai dengan dermatom kulit. Ruam dapat berubah menjadi lepuh dengan kulit kemerahan berisi cairan. Lepuh ini biasanya mengering dalam waktu 7 hingga 10 hari. Rasa nyeri dan kehilangan kemampuan sensorik pada area yang muncul ruam adalah gejala yang biasa terjadi. 

Jika Anda merasakan gejala herpes zoster, konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Tidak ada obat khusus untuk pengobatan herpes zoster. Namun, pengobatan yang sesuai akan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi, termasuk rasa sakit yang menetap setelah ruam hilang, atau biasa disebut neuralgia postherpetic. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab 

Ketika virus varicella-zoster pertama kali masuk ke tubuh pasien, masalah pertama yang mungkin muncul adalah cacar air (chickenpox). Setelah cacar air mereda, virus akan berpindah ke jaringan saraf di dekat sumsum tulang belakang dan otak pasien. Di tempat ini, virus akan menetap. Terkadang, virus ini dapat aktif kembali dan menyebar di sepanjang serabut saraf ke kulit pasien dan menyebabkan timbulnya gejala. Saat inilah pasien dikatakan menderita herpes zoster.  

Orang yang terinfeksi virus ini dapat menyebarkan kepada orang-orang lain yang tidak pernah menderita cacar air atau belum mendapat vaksinasi. Pasien dapat menularkan selama lesi di kulitnya belum mengering dengan baik. Apabila Anda terinfeksi virus ini, hindari wanita hamil yang mungkin belum pernah terkena cacar air atau vaksinasi, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, serta bayi baru lahir.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Faktor Risiko 

Reaktivasi virus varicella-zoster dikatakan sering terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya reaktivasi virus, antara lain: 

  • Berusia 50 tahun atau lebih 
  • Sedang berada di bawah banyak tekanan (stress psikologis) 
  • Pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah (immunocompromised) seperti pada pasien kanker, pasien HIV, atau penyakit lain yang dapat menurunkan pertahanan tubuh 
  • Mengkonsumsi steroid jangka panjang atau obat lain yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh 

Faktor resiko tersebut tidak terbatas pada yang telah disebutkan diatas. Masih terdapat banyak faktor risiko yang mungkin meningkatkan kemungkinan untuk terjadinya reaktivasi virus. 

Diagnosis 

Diagnosis infeksi virus ini terutama berdasarkan pada riwayat dan temuan klinis pada pasien. Pada kebanyakan kasus, memastikan diagnosis melalui pengujian laboratorium jarang diperlukan. Namun, pada pasien tertentu seperti pada pasien yang mengalami gangguan sistem imun, temuan klinis yang muncul mungkin atipikal dan mungkin memerlukan pemeriksaan tambahan. 

Pengobatan 

Herpes zoster umumnya dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Penyakit ini cenderung memiliki gejala yang lebih ringan pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Pemberian obat antivirus dapat membantu pasien untuk sembuh lebih cepat dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi. Antivirus paling efektif jika dikonsumsi dalam waktu 3 hari sejak timbulnya ruam. Beberapa pilihan antivirus yang dapat digunakan, meliputi: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Asiklovir 
  • Famciclovir 
  • Valacyclovir 

Obat pereda nyeri dapat membantu meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh herpes zoster. Kompres basah serta lotion calamine dapat membantu meredakan rasa gatal. Jika Anda merasakan gejala herpes zoster, segera konsultasikan kepada dokter agar mendapat penanganan yang tepat. 

Pencegahan 

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi virus ini adalah dengan mendapatkan vaksinasi. CDC merekomendasikan orang dengan usia 50 tahun atau lebih untuk mendapatkan vaksinasi ini. Vaksin tetap diperlukan walaupun orang tersebut pernah menderita herpes zoster sebelumnya. Data menunjukkan bahwa vaksin dapat menurunkan angka kejadian herpes zoster dan mengurangi risiko untuk terjadinya komplikasi terutama pada orang lanjut usia. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

arthritis

Arthritis

direktoriPenyakit   06/05/2021
zygomycosis

Zygomycosis

direktoriPenyakit   06/05/2021
yellow-fever

Yellow Fever

direktoriPenyakit   05/05/2021
quebec-platelet-disorder

Quebec Platelet Disorder

direktoriPenyakit   05/05/2021
q-fever

Q Fever

direktoriPenyakit   04/05/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman