fbpx
BerandadirektoriPenyakitQ Fever

Q fever merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Coxiella burnetii. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala yang sangat bervariasi, mulai dari infeksi akut (seringkali dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan) hingga infeksi kronis yang fatal. Pada beberapa kasus, infeksi juga dapat tidak menimbulkan gejala. 

q-fever

Informasi 

Q fever merupakan salah satu penyakit menular yang termasuk kedalam penyakit zoonosis. Zoonosis adalah penyakit yang ditularkan ke manusia melalui hewan. Bakteri Coxiella burnetii ini secara alami dapat menginfeksi beberapa hewan, seperti kambing, domba, dan sapi. Penularan ke manusia terutama terjadi melalui aerosol atau udara terkontaminasi yang terhirup atau dari makanan dan minuman yang terkontaminasi. Pekerja peternakan, pekerja di tempat pemotongan hewan, dokter hewan, serta orang yang bekerja dengan hewan sangat rentan untuk tertular penyakit ini. 

Gejala

Sekitar 5 dari 10 orang yang terinfeksi Coxiella burnetii akan menunjukkan gejala. Gejala biasanya mulai muncul dan berkembang sekitar 2 hingga 3 minggu setelah terpapar bakteri. Beberapa tanda dan gejala yang mungkin muncul adalah: 

  • Demam 
  • Menggigil atau berkeringat 
  • Kelelahan 
  • Nyeri kepala 
  • Nyeri otot 
  • Mual, muntah, atau diare 
  • Nyeri dada 
  • Nyeri perut 
  • Batuk tidak produktif (tidak berdahak) 

Gejala yang muncul dapat berbeda pada setiap orang yang terinfeksi. Gejala dapat ringan maupun berat. Pada kasus dengan gejala yang berat, pasien mungkin dapat mengalami infeksi paru (pneumonia) atau infeksi hati (hepatitis). 

Wanita yang terinfeksi selama kehamilan mungkin beresiko untuk mengalami keguguran, bayi lahir dalam keadaan meninggal, persalinan prematur, atau berat badan lahir rendah. 

Pada pasien yang mengalami Q fever kronis, presentasi klinis utama yang sering muncul adalah endokarditis. Gejala ini biasanya muncul pada pasien dengan penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya seperti pasien dengan gangguan katup jantung, penyakit jantung rematik,dan katup prostetik. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab 

Q fever disebabkan oleh bakteri Coxiella burnetii. Manusia dapat tertular bakteri ini apabila menghirup debu atau memakan makanan yang terkontaminasi oleh kotoran atau urin hewan yang terinfeksi. Penularan juga dapat terjadi melalui produk susu yang terkontaminasi dan tidak dipasteurisasi. Bakteri ini jarang menyebar melalui transfusi darah, dari wanita hamil ke janinnya, atau melalui hubungan seks. 

Faktor Risiko 

Orang yang berisiko terpapar bakteri Coxiella burnetii adalah profesi yang berhubungan erat dengan hewan, seperti: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Dokter hewan 
  • Pekerja pabrik pengolahan daging 
  • Peternak 
  • Peneliti di fasilitas yang menampung domba dan kambing
  • Orang yang tinggal di area peternakan 

Orang yang bekerja dan berkontak erat dengan hewan yang dapat menularkan penyakit perlu melakukan tindakan pencegahan yang baik.  

Diagnosis

Untuk mendiagnosis Q fever, dokter akan menanyakan gejala yang dirasakan pasien serta melakukan pemeriksaan fisik. Dokter dapat menanyakan pertanyaan tentang pekerjaan pasien atau apakah pasien baru-baru ini terpapar dengan hewan ternak. Dokter mungkin akan mencurigai pasien menderita Q fever apabila pasien bekerja atau tinggal di lingkungan yang menyebabkan pasien beresiko tinggi terpapar bakteri Coxiella burnetii dan pasien memiliki gejala seperti flu atau komplikasi serius dari Q fever. 

Oleh karena gejala Q fever yang mirip dengan beberapa penyakit infeksi lainnya, sulit untuk mendiagnosis penyakit ini hanya berdasarkan gejala yang muncul. Q fever dapat didiagnosa melalui pemeriksaan antibodi di dalam darah. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pemeriksaan antibodi seringkali menunjukkan hasil negatif dalam 7 hingga 10 hari pertama. 

Pemeriksaan penunjang lain yang dapat dilakukan untuk memastikan apakah pasien memiliki infeksi kronis adalah rontgen dada dan beberapa pemeriksaan lain untuk melihat kondisi paru-paru pasien. Selain itu, dapat juga dilakukan ekokardiogram untuk melihat kondisi katup jantung pasien. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pengobatan 

Pada sebagian besar kasus, Q fever dapat sembuh sendiri tanpa perlu pengobatan menggunakan antibiotik. Namun, untuk kasus dengan gejala yang berat, disarankan cara mengobati Q fever dengan diberikan antibiotik doksisiklin selama 2 minggu. 

Pada Q fever kronis dengan infeksi yang mengancam nyawa, pengobatan dengan antibiotik dapat dibutuhkan selama beberapa bulan. Pengobatan dapat dilakukan dengan kombinasi antibiotik termasuk doksisiklin dan hidroklorokuin selama beberapa bulan. Konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pencegahan 

Pencegahan terhadap Q fever dapat dilakukan melalui vaksinasi. Namun saat ini, vaksinasi Q fever terbatas hanya ada pada beberapa negara saja. 

Pasien dengan resiko tinggi terkena Q fever serta pasien yang belum divaksinasi, dapat melakukan beberapa hal berikut sebagai langkah pencegahan: 

  • Lakukan desinfeksi dengan benar dan dekontaminasi area yang mungkin terkontaminasi 
  • Cuci tangan dengan benar setelah kontak dengan hewan ternak 
  • Lakukan karantina pada hewan yang terinfeksi 
  • Pastikan susu yang diminum sudah dipasteurisasi 
  • Hindari untuk mengkonsumsi produk susu mentah 
  • Perhatikan aliran udara dari kandang dan penampungan hewan 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

arthritis

Arthritis

direktoriPenyakit   06/05/2021
zygomycosis

Zygomycosis

direktoriPenyakit   06/05/2021
yellow-fever

Yellow Fever

direktoriPenyakit   05/05/2021
quebec-platelet-disorder

Quebec Platelet Disorder

direktoriPenyakit   05/05/2021
zoster-cacar-air

Zoster

direktoriPenyakit   04/05/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman