fbpx
BerandaDiabetesWaspadai Gejala Kencing Manis pada Pria Sedari Dini

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

kencing manis pada pria

Kencing manis atau diabetes merupakan kondisi kronis, dimana tubuh tidak bisa lagi memproduksi atau pun menyerap insulin dengan sebagaimana mestinya. Penyakit kencing manis bisa dikenali dari gejala yang ditimbulkannya. Salah satunya, penyakit ini dapat menimbulkan gejala kencing manis pada pria yang berkaitan dengan kesehatan seksual pria. 

Gejala Kencing Manis pada Pria

  1. Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi merupakan kondisi yang tak memungkinkan pria untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Sekitar 75 persen pria yang mengidap kencing manis, diketahui mengalami disfungsi ereksi ini. Penyebabnya adalah karena kerusakan pada saraf dan pembuluh darah akibat gula darah yang tinggi, padahal kedua hal tersebut vital adanya bagi proses ereksi.  

  1. Kandidiasis Genital 

Pria yang menderita penyakit kencing manis berisiko mengalami kandidiasis genital atau infeksi jamur pada organ intimnya. Kadar gula dalam darah yang tinggi dalam tubuhnya dapat berpindah ke dalam urin, dan jamur sangat menyukai kadar gula yang tinggi. Sehingga, hal ini mengakibatkan jamur tumbuh di organ intim pria. Adapun gejala yang timbul seperti gatalnya organ intim dan aromanya tak sedap.   

  1. Ejakulasi Terbalik

Gejala kencing manis pada pria selanjutnya adalah ejakulasi terbalik atau ejakulasi retrograde. Ejakulasi terbalik ini ditandai dengan masuknya sperma ke kandung kemih saat ejakulasi, alih-alih keluar melalui ujung organ intim pria. Salah satu tanda ejakulasi terbalik adalah sedikitnya jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi. 

Gejala Umum

“Pada awal penyakit diabetes melitus mungkin tidak menampakan gejala, mengetahui adanya penyakit ini lebih cepat adalah lebih baik sehingga dapat menghindari terjadinya komplikasi. Lakukan skrining gula darah biasanya dianjurkan setelah usia 45 tahun setiap 3 tahun sekali, screening lebih cepat bila Anda memiliki faktor resiko.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain dari gejala kencing manis yang hanya dialami oleh pria, ada juga gejala umum lain yang ditimbulkan oleh penyakit kencing manis. Gejala umum ini ada yang hanya dialami oleh penderita kencing manis tipe 1 dan tipe 2, namun ada juga yang dialami oleh masing-masing tipe diabetes saja. Simak berikut ini gejala umum penyakit kencing manis tersebut. 

  1. Lapar dan Kelelahan 

Baik kencing manis tipe 1 atau pun 2 bisa menimbulkan gejala berupa rasa lapar dan kelelahan. Seyogianya, tubuh dapat mengubah makanan menjadi glukosa yang kemudian digunakan sel tubuh sebagai energi. Namun, karena hormon insulin pada penderita kencing manis tak berfungsi normal, sel tubuh pun tak bisa mengubah glukosa menjadi energi, sehingga rasa lapar dan lelah pun menyerang. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat dan Sering Merasa Kehausan

Normalnya, tubuh akan menyerap kembali glukosa saat zat tersebut telah melewati ginjal. Namun, pada penderita kencing manis, kadar gula darah yang meningkat tak memungkinkan ginjal untuk menyerapnya kembali. Alhasil, tubuh pun memproduksi lebih banyak urin dan menyerap lebih banyak cairan, yang mengakibatkan frekuensi buang air kecil dan rasa haus pun meningkat. 

  1. Mulut Kering 

Pada penderita kencing manis, cairan dalam tubuh akan lebih banyak diserap untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Kondisi ini mengakibatkan bagian tubuh lainnya tak begitu lembab atau kering daripada seharusnya. Alhasil, penderita diabetes umumnya akan merasakan dehidrasi dan area mulut dan kulit pun menjadi kering. Kulit yang kering juga akan menyebabkan permukaan kulit tersebut terasa gatal. 

  1. Penglihatan yang Mengabur

Perubahan kadar atau level cairan dalam tubuh dapat menyebabkan lensa mata menjadi membengkak. Pembengkakan tersebut tentu saja akan mengubah bentuk dari lensa mata tersebut. Kondisi inilah yang membuat penglihatan penderita penyakit kencing manis menjadi mengabur dan tak bisa fokus seperti biasanya.  

  1. Infeksi Jamur 

Pada penderita kencing manis tipe 2, terjadinya infeksi jamur merupakan salah satu gejala yang umum dialami. Kadar gula yang tinggi merupakan kondisi yang disukai oleh jamur. Akibatnya, infeksi jamur pun terjadi di tubuh, terutama di bagian yang terasa hangat dan tersembunyi, seperti di antara sela jari tangan dan kaki, di bawah payudara, serta di sekitar organ intim.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Proses Penyembuhan Luka yang Lambat 

Luka yang dialami oleh penderita kencing manis akan mengalami proses penyembuhan yang lambat dibandingkan dengan penyembuhan luka pada orang yang sehat. Pasalnya, kadar gula yang tinggi akan mengganggu aliran darah dan menyebabkan kerusakan pada saraf. Akibatnya, kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka pun jadi tak optimal.  

  1. Turunnya Berat Badan Tanpa Disadari 

Penderita penyakit kencing manis tipe 1 biasanya akan merasakan gejala seperti berat badan yang berkurang tanpa disadari. Hal ini disebabkan karena tubuh tak bisa memperoleh energi dari glukosa, yang mana seharusnya zat ini dibawa oleh hormon insulin pada sel, untuk kemudian diubah menjadi energi. Alhasil, tubuh pun membakar lemak dan otot untuk dijadikan sebagai energi.   

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain gejala umum yang dialami oleh hampir setiap penderita kencing manis, ada juga beberapa gejala yang hanya dialami oleh kaum pria saja. Gejala kencing manis pada pria tersebut seperti disfungsi ereksi, kandidiasis genital, dan ejakulasi terbalik. Mengetahui gejala penyakit kencing manis ini sedini mungkin, akan membuat penderitanya mendapatkan penanganan lebih cepat. Anda bisa melakukan tes diabetes rutin menggunakan ACCU-CHEK INSTANT – 50 STRIPS – Strip Tes Gula Darah / Glukosa (Rp177.676) di rumah.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021
gula darah tinggi

Penyebab dan Gejala Penyakit Gula Darah Tinggi

Diabetes   12/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman