fbpx
BerandadirektoriPenyakitRisiko dan Ciri-Ciri Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Penyakit darah tinggi termasuk kedalam jenis penyakit mematikan di dunia. Ibu hamil termasuk kedalam kategori yang berpotensi terkena penyakit darah tinggi. Di Amerika Serikat 1 dari 12 ibu hamil memiliki risiko darah tinggi. Oleh karena itu, sebelum terlambat, segera kenali ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil.

ciri_ciri_darah_tinggi_pada_ibu_hamil

Risiko penyakit darah tinggi bisa datang dengan beragam faktor, mulai dari faktor yang tidak bisa diubah seperti usia lanjut dan riwayat keturunan, hingga faktor yang bisa diubah seperti gaya hidup dan pola makan sehat. Sejatinya, sebelum menyebabkan komplikasi, penyakit darah tinggi bisa dikenali dari beragam gejala dan ciri-ciri pada tubuh termasuk pada ibu hamil.

Risiko Darah Tinggi Selama Masa Kehamilan

Penyakit darah tinggi yang dimiliki saat masa kehamilan menghadirkan risiko yang sangat besar baik bagi ibu maupun calon bayi. Ragam ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil dapat menyebabkan risiko stroke, pelepasan plasenta dari dinding rahim hingga preklamsia.

Sedangkan risiko bagi janin yaitu kelahiran prematur dimana bayi lahir kurang dari 37 minggu dan risiko kelahiran dengan berat badan di bawah normal. Hal ini terjadi karena tekanan darah tinggi yang dimiliki sang ibu dapat mempersulit janin untuk mendapatkan asupan nutrisi serta oksigen yang cukup. Oleh karena itu, untuk mengatasinya sang ibu harus segera melahirkan bayinya.

Jika penyakit darah tinggi sudah memasuki trimester akhir kehamilan hingga menjelang kehamilan, maka risiko yang hadir akan semakin besar dimana sang ibu dapat menderita preeklamsia yang mengancam nyawa. Preeklamsia sendiri terjadi jika wanita hamil yang memiliki tekanan darah normal tiba-tiba mengalami tekanan darah tinggi pada usia 20 minggu kehamilan. 

Ciri-Ciri Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Penyebab darah tinggi pada ibu hamil memang belum bisa diketahui pasti, namun beberapa gejalanya sudah bisa dilihat. Perlu diketahui bahwa ciri-ciri ini akan sedikit berbeda pada tiap kehamilan. Namun umumnya, ciri-ciri utama akan muncul jika kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Berikut ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil yang dapat dikenali antara lain

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Sakit Kepala yang Tidak Kunjung Sembuh

Gejala sakit kepala memang sering terjadi pada masa awal hingga trimester kedua kehamilan. Namun jika gejala ini tidak kunjung reda, masa waspadai tekanan darah tinggi yang mengintai. Untuk memastikannya, Anda tentu harus melakukan pengecekan langsung ke dokter atau bidan.

  1. Pembengkakan pada Bagian Tubuh

Penyakit darah tinggi juga dapat menimbulkan beberapa pembengkakan pada bagian tubuh seperti lengan atau kaki. Oleh karena itu selalu perhatikan area tubuh. Jika terjadi pembengkakan yang tidak wajar selama masa kehamilan, segera cek tekanan darah Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Penglihatan Gelap atau Kabur

Ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi juga terkadang mengalami penglihatan yang kabur. Hal ini terjadi karena aliran darah ke organ tubuh berkurang. Ciri-ciri ini akan semakin tampak jika kehamilan memasuki trimester akhir dimana risiko preeklamsia muncul. 

  1. Kenaikan Berat Badan yang Signifikan

Kenaikan berat badan umum terjadi saat hamil karena adanya calon bayi dalam kandungan. Namun jika kenaikan badan terjadi secara berlebihan dan signifikan, Anda tentu harus mewaspadainya. Bisa jadi hal tersebut merupakan ciri-ciri awal gejala darah tinggi.

Untuk bisa mengontrol kenaikan berat badan yang normal selama kehamilan, selalu timbang berat badan Anda secara rutin sejak awal kehamilan. Cek kenaikan berat badan normal secara berkala. Jika suatu saat Anda mendapati kenaikan berat badan yang terlalu tinggi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendeteksi risiko penyakit.

  1. Pengeluaran Urine Sangat Sedikit

Urin yang sedikit menandakan atau keruh menandakan fungsi ginjal yang kurang optimal. Lakukan tes urin untuk mengetahui hasil pasti kondisi kesehatan Anda. Tes urin sendiri berfungsi untuk memeriksa protein dan memastikan apakah ginjal Anda bekerja dengan baik atau tidak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Nyeri pada Area Perut

Salah satu ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil yaitu munculnya rasa nyeri di perut. Oleh karena itu jangan abaikan rasa sakit atau nyeri yang muncul saat kehamilan. Jika rasa nyeri mulai terasa, segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Sulit Bernafas

Kesulitan bernafas pada ibu hamil bukan hanya mengindikasikan gejala asma. Namun bisa juga menjadi salah satu ciri-ciri darah tinggi. Saat gejala ini muncul, maka Anda harus segera mendapatkan penanganan oleh dokter. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Gejala darah tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu termasuk kepada ibu hamil. Risikonya juga akan semakin besar jika ada beberapa kondisi khusus yang menyertainya seperti kelahiran bayi kembar tiga, riwayat penyakit lupus, pembuahan in vitro, serta riwayat penyakit diabetes. 

Untuk mendeteksi kemungkinan ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil sejak awal, maka Anda harus memperhatikan ciri-ciri yang muncul selama masa kehamilan. 

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, menambahkan, “ibu hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan kehamilan idealnya  sebulan sekali untuk memeriksakan diri ke dokter selama masa enam bulan pertama kehamilan. Setelah usia 7-8 bulan kehamilan, dapat ditingkatkan menjadi tiap dua minggu sekali atau sesuai petunjuk. Sehingga dapat diketahui adanya masalah-masalah dalam kehamilan termasuk hipertensi dalam kehamilan dll.”

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Anda juga dapat membeli obat untuk penderita hipertensi seperti Acetensa 50MG 30 Tablet – Obat Hipertensi (Rp372.000). Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

posisi_tidur_saat_darah_tinggi

Posisi Tidur saat Darah Tinggi yang Direkomendasikan

direktoriPenyakit   21/10/2021
terapi_darah_tinggi

Bentuk Terapi Darah Tinggi untuk Kontrol Tekanan Darah

direktoriPenyakit   19/10/2021
timun_untuk_darah_tinggi

Manfaat Mengonsumsi Timun untuk Darah Tinggi

direktoriPenyakit   19/10/2021
nama_obat_penurun_darah_tinggi

Daftar Nama Obat Penurun Darah Tinggi Terbaik

direktoriPenyakit   18/10/2021
hb_tinggi_darah_kental

Penyebab Hb Tinggi Darah kental dan Cara Mengobatinya

direktoriPenyakit   18/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman