fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Vitamin A Acetate atau Vitamin A asetat merupakan senyawa vitamin A sintetis yang biasanya terdapat dalam produk suplemen multivitamin ataupun suplemen khusus vitamin A yang dijual di apotek. Salah satu produk vitamin berisi vitamin A asetat adalah vitamin A IPI berbentuk tablet yang dapat dibeli secara bebas di apotek tanpa melalui resep dokter. Suplemen vitamin ini memiliki manfaat untuk terapi defisiensi atau kekurangan vitamin A (Baca juga Ini Dia Daftar Penyakit Akibat Tidak Mencuci Tangan).

Informasi

Pemberian suplemen vitamin A berfungsi untuk mengatasi atau mencegah timbulnya masalah kesehatan yang diakibatkan oleh defisiensi atau kekurangan vitamin A dalam tubuh. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa masalah yang mengganggu. 

vitamin A acetate, vitamin A asetat
Vitamin A Acetate atau Vitamin A asetat merupakan senyawa vitamin A sintetis yang biasanya terdapat dalam produk suplemen multivitamin.

Sementara kebutuhan seseorang terhadap vitamin A bervariasi bergantung kepada jenis kelamin, umur dan kondisi kesehatan. Berdasarkan usia, wanita umur lebih dari 14 tahun harus mendapatkan vitamin A sebanyak 2310 IU sementara pria sebanyak 3000 IU. Pada anak usia 9 sampai 12 tahun membutuhkan 2000 IU. Kebutuhan vitamin A wanita yang tengah hamil hingga menyusui terus meningkat. 

Dosis 

Untuk mendapatkan dosis vitamin A yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pasien beserta usianya. Jangan mengkonsumsi suplemen vitamin A berlebihan atau overdosis karena justru dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Untuk Mengatasi Oral Leukoplakia

Dosis yang diberikan untuk mengatasi gangguan oral leukoplakia adalah 200.000 hingga 900.000 IU setiap minggu. Dosis diberikan selama enam hingga 12 bulan.

Untuk mengatasi diare pasca persalinan

Dosis yang diberikan untuk mengatasi diare pasca persalinan adalah 23.000 IU setiap minggu. Dosis diberikan saat sebelum hamil, saat hamil serta setelah bersalin.

Untuk Mengatasi Rabun Senja Saat Hamil

Dosis yang diberikan untuk mengatasi rabun senja saat hamil adalah 23.000 IU setiap minggu. Dosis diberikan saat sebelum hamil, saat hamil serta setelah kehamilan.

Untuk Mengatasi Retinitis Pigmentosa

Dosis yang diberikan untuk mengatasi retinitis pigmentosa adalah 15.000 IU setiap hari. Dosis vitamin A kadang juga diberikan bersamaan dengan suplemen vitamin E sebanyak 400 IU.

Untuk Terapi Selama Campak

Dosis yang diberikan untuk terapi selama campak bagi anak – anak dibagi menurut usianya. Untuk anak usia 0 hingga 6 bulan adalah 000 IU setiap hari diberikan selama dua hari. Dosis untuk anak usia 6 hingga 11 bulan adalah 000 IU setiap hari diberikan selama dua hari. Untuk anak usia lebih dari 12 bulan adalah 000 IU setiap hari diberikan selama dua hari. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Meski vitamin A berbentuk suplemen, namun penggunaannya tetap disarankan tidak bersamaan dengan beberapa jenis obat. Pasalnya, dikhawatirkan konsumsi vitamin A bersamaan dengan obat lainnya bisa menyebabkan interaksi yang tidak diharapkan.

  • Konsumsi vitamin A suplemen bersamaan dengan obat orlistat dapat menyebabkan penurunan serapan vitamin A
  • Konsumsi vitamin A suplemen bersamaan dengan obat simvastatin dapat menyebabkan peningkatan risiko gangguan pada organ hati
  • Jika Konsumsi vitamin A suplemen bersamaan dengan obat tretinoin, retinoid serta isotretinoin dapat menyebabkan jumlah vitamin A dalam darah berlebih
  • Konsumsi vitamin A suplemen bersamaan dengan obat warfarin dapat menyebabkan timbulnya pendarahan
  • Konsumsi vitamin A suplemen bersamaan dengan obat tetracycline, minocycline, doxycycline dapat menyebabkan tekanan pada otak meningkat sehingga berpotensi menimbulkan masalah serius.

Kelompok Orang Berisiko

Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi vitamin A asetat bersamaan dengan multivitamin lainnya yang memiliki kandungan vitamin A karena dikhawatirkan bisa menimbulkan overdosis jika tidak dilakukan perhitungan cermat. Pasalnya overdosis vitamin A dapat menyebabkan beberapa masalah serius. 

Selain itu wanita yang tengah hamil, merencanakan kehamilan maupun menyusui disarankan agar tidak mengkonsumsi Vitamin A Acetate atau suplemen mengandung vitamin A karena penggunaan suplemen dosis tinggi bisa meningkatkan risiko bayi cacat. Penggunaan suplemen vitamin A hanya diperbolehkan apabila disarankan oleh dokter. Selain itu, penggunaan vitamin A yang berlebihan justru dapat meningkatkan kemungkinan osteoporosis terutama pada wanita lanjut usia. 

Efek Samping 

Sebenarnya, konsumsi Vitamin A Acetate dengan dosis yang tepat tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan. Hanya saja apabila konsumsi vitamin A suplemen melebihi batas dosis dan dalam jangka yang sangat panjang bisa menyebabkan beberapa masalah sebagai berikut:

  • Penurunan atau kehilangan nafsu makan
  • Diare dan masalah pencernaan
  • Sakit perut
  •  Kelelahan dan mudah mengantuk
  • Demam dan sakit kepala
  • Kerontokan pada rambut

Cara Konsumsi 

Meski vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun konsumsi suplemen vitamin A berlebihan sangat dilarang karena dapat menimbulkan berbagai masalah pada tubuh termasuk risiko osteoporosis. Untuk konsumsi suplemen vitamin A berbentuk kapsul atau tablet maka harus ditelan secara utuh. Sementara jika suplemen vitamin A berbentuk cair maka konsumsi menggunakan gelas takar ataupun sendok yang ada di kemasan agar sesuai takaran. 

Konsumsi vitamin A suplemen juga tidak boleh melebihkan dosis anjuran meski telah terlupa jadwal sebelumnya. Penyimpanan suplemen harus diperhatikan yakni berada pada suhu ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis