fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Valacyclovir HCl yang terkenal dengan nama produk Valtrex merupakan resep obat antivirus yang digunakan untuk mengatasi gejala herpes, herpes zoster, dan varicella zoster (cacar air). Obat ini dapat digunakan sendiri ataupun dikonsumsi bersama dengan obat-obatan lain (Baca juga Mengenal Penyakit Herpes dan Bahayanya).

Informasi

Valacyclovir HCl merupakan obat resep antivirus yang telah diterima oleh US Food and Drug Administration (FDA) untuk perawatan beberapa jenis infeksi virus herpes simplex (HSV) seperti:

  • Mengobati herpes genital awal atau berulang pada orang dewasa yang sehat.
  • Mengatasi herpes labialis, herpes orolabial, atau lesi orolabial pada orang dewasa dan anak-anak.
  • Mencegah wabah herpes genital pada orang dewasa yang hidup dengan HIV
  • Mengurangi risiko penularan herpes genital ke orang lain.

Selain HSV, Valacyclovir HCl juga bisa digunakan untuk perawatan infeksi virus varicella zoster (VZV), seperti:

  • Mengobati herpes zoster pada orang dewasa
  • Mengobati cacar air pada anak-anak.

Baik infeksi HSV atau VZV diatas termasuk infeksi oportunistik (IO) HIV. Artinya, infeksi tersebut lebih sering terjadi pada orang-orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, seperti penderita HIV, dibandingkan dengan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh kuat.

Dosis

Dosis Valacyclovir HCl setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia dan kondisi kesehatannya. 

Untuk Orang Dewasa

  • Herpes Labialis, dosis obat Valtrex (Valacyclovir HCl) yang diberikan adalah 2 gram diminum dua kali sehari dengan jarak antar dosis 12 jam. Terapi juga diperlukan dan harus dimulai pada saat gejala paling awal muncul, misalnya kesemutan, gatal, atau terbakar.
  • Genital Herpes. Untuk episode awal, dosis yang dianjurkan adalah 1 gram, diminum dua kali sehari selama 10 hari. Terapi paling efektif diberikan dalam waktu 48 jam setelah timbul tanda atau gejala. Untuk episode berulang, dosis yang dianjurkan yaitu 500 mg diminum dua kali sehari selama 3 hari. Lakukan pengobatan ketika muncul gejala pertama suatu episode.
  • Herpes Zoster, dosis yang dianjurkan yaitu 1 gram diminum 3 kali sehari selama 7 hari. Terapi harus dimulai ketika muncul gejala herpes zoster paling awal atau paling efektif dimulai dalam waktu 48 jam setelah timbul ruam.

Informasi dosis diatas hanyalah sebatas informasi dan tidak menggantikan resep yang diberikan oleh dokter.

Kontraindikasi

Sebelum menggunakan Valacyclovir HCl, sebaiknya beritahu dokter beberapa hal berikut untuk menghindari kontraindikasi.

  • Mengalami alergi terhadap Valacyclovir HCl atau obat-obatan yang lain komponen dari formulasi ini.
  • Riwayat kesehatan yang pernah dialami, seperti ginjal atau sistem saraf.
  • Segala hal yang memengaruhi kemampuan minum obat, misalnya kesulitan menelan atau lupa jadwal minum obat.
  • Kondisi sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi dengan Obat lain

Valacyclovir HCl dapat menimbulkan interaksi apabila dikonsumsi bersama dengan obat-obatan tertentu. Beritahu dokter semua obat yang sedang Anda konsumsi, mulai dari obat resep, non resep, vitamin, suplemen gizi, hingga obat herbal untuk mencegah adanya interaksi.

Kelompok yang Berisiko

Sebenarnya, belum ada data valid yang menunjukkan dampak penggunaan Valacyclovir HCl bagi ibu hamil atau menyusui. Namun, yang pasti ada resiko janin terkait herpes simplek yang tidak segera diobati selama kehamilan. Sementara, studi pada tikus dan kelinci hamil tentang efek Valacyclovir HCl bagi reproduksi, tidak ada bukti perkembangan yang merugikan. Tetap saja, belum ada studi yang dilakukan pada manusia. Nah, untuk menghindari hal-hal yang beresiko, beritahu dokter kondisi Anda sedang hamil, menyusui, atau akan merencanakan kehamilan sebelum menggunakan Valacyclovir HCl.

Efek Samping

Penggunaan Valacyclovir HCl dapat menimbulkan berbagai efek samping yang serius, diantaranya:

  • Mudah memar atau berdarah (ada bintik-bintik ungu atau merah dibagian bawah kulit)
  • Sedikit atau bahkan tidak buang air kecil sama sekali
  • Merasa kesakitan atau kesulitan saat kencing
  • Terjadi pembengkakan di area kaki atau pergelangan kaki
  • Merasa lelah
  • Sesak napas

Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami gejala efek samping diatas atau mungkin mencurigai efek samping lain yang mungkin dari Valacyclovir HCl.

Cara Konsumsi

Minumlah obat Valacyclovir HCl sesuai instruksi yang diberikan oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan. Atau, bacalah petunjuk penggunaan yang terdapat pada informasi kemasan obat. Perlu diperhatikan penggunaan Valacyclovir HCl supaya tidak terjadi overdosis. Untuk penyimpanan obat Valacyclovir HCl, sebaiknya diletakkan pada suhu kamar yaitu 15 derajat Celcius hingga 25 derajat Celcius untuk sediaan tablet. Sedangkan, untuk sediaan suspensi Valacyclovir HCl, simpanlah di tempat bersuhu 2 derajat Celcius hingga 8 derajat Celcius dalam kulkas.

Buanglah Valacyclovir HCl setelah disimpan selama 28 hari. Jangan gunakan obat ini apabila segel asli pada bukaan wadah telah rusak atau hilang. Jika sudah kadaluarsa, segera dibuang. Ikuti panduan FDA terkait tata cara pembuangan Valacyclovir HCl yang aman. Satu lagi, jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis