fbpx

Mengenal Penyakit Herpes dan Bahayanya

Sep 25, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Pernahkah Anda mendengar apa itu penyakit herpes? Herpes zoster disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air, yaitu varicella zoster. Herpes zoster menyebabkan ruam atau lepuh di kulit. Penderita herpes dapat menyebarkan virus varicella zoster yang menyebabkan cacar air pada orang yang belum pernah terkena cacar air atau melakukan vaksinasi, namun sesungguhnya herpes sendiri tidak menular.

Faktor Risiko Herpes Zoster

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan Anda untuk terkena risiko penyakit herpes zoster, antara lain:

  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Menderita penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti HIV / AIDS
  • Mengidap kanker
  • Konsumsi obat imunosupresif

Gejala Herpes Zoster

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit herpes menyebabkan ruam menyakitkan di kulit. Jika Anda terkena penyakit herpes zoster, Anda mungkin mengalami beberapa hal berikut:

1. Sebelum Ruam Muncul: 

Selama 1-2 hari sebelum ruam muncul, kulit mungkin terasa rasa sakit, sensasi terbakar, atau kesemutan pada area di mana ruam akan muncul. 

2. Ruam Muncul: 

Muncul ruam atau kulit melepuh yang menyakitkan. Biasanya muncul pada satu sisi tubuh dan biasanya pada badan. Namun, ruam dapat muncul pada kulit bagian manapun.

3. Ruam Mulai Hilang: 

Saat ruam hilang, blister dapat pecah, berdarah, dan berkeropeng. Biasanya, ruam akan hilang dalam 2 hingga 4 minggu.

Komplikasi Herpes Zoster

Pada beberapa kasus, penyakit herpes zoster dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi-komplikasi yang disebabkan penyakit ini antara lain:

  • Postherpetic neuralgia (PHN), yaitu komplikasi paling umum yang disebabkan oleh herpes zoster. Komplikasi ini menyebabkan rasa sakit pada ruam. Biasanya akan membaik dalam beberapa minggu atau bulan. 
  • Kehilangan penglihatan sementara atau permanen.
  • Masalah pendengaran atau keseimbangan, hal ini mungkin terjadi jika Anda memiliki herpes zoster di dalam atau di dekat telinga.
  • Pneumonia
  • Pembengkakan otak
  • Kematian

Pengobatan

Pada penyakit herpes zoster, tidak ada obat-obatan khusus, melainkan obat-obatan antivirus yang digunakan untuk membantu membuat durasi penyakit menjadi lebih pendek dan tidak terlalu parah. 

Obat-obatan penghilang rasa sakit juga bisa membantu mengatasi rasa sakit. Handuk dingin, lotion, dan rendaman oatmeal pada ruam dapat membantu meringankan rasa gatal (Baca juga Mengenali Gejala dan Obat Herpes Alami).

Pencegahan

Anda dapat mencegah herpes dengan melakukan vaksinasi atau mengurangi efek dari infeksi. Terdapat dua jenis vaksin untuk penyakit herpes zoster, yakni vaksin singtrix yang diberikan kepada orang dewasa sehat berusia 50 tahun ke atas. Sedangkan vaksin zostavax dapat digunakan pada kasus-kasus tertentu.

Itulah informasi mengenai penyakit herpes zoster dan bahayanya. Anda dapat melakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi dan melakukan pola hidup sehat agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan tebus resep obat-obatan untuk penyakit kronis seperti diabetes, jantung, atau hipertensi tanpa antri.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis