fbpx
BerandadirektoriPenyakitTrikomoniasis

Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang kasusnya cukup sering ditemui. Trikomoniasis disebabkan oleh infeksi parasit Trichomonas vaginalis

trikomoniasis

Informasi 

Sebagian besar kasus trikomoniasis terjadi pada wanita, dan resiko terjadinya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Orang yang menderita infeksi ini dapat tidak menunjukkan gejala apapun, dan biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Namun, jika tidak mendapatkan pengobatan, Anda berpeluang untuk menularkan parasit ini kepada orang lain. 

Secara umum, infeksi Trichomonas vaginalis dapat meningkatkan resiko penularan HIV (Human Immunodeficiency Virus), penularan infeksi menular seksual lainnya, komplikasi pada kehamilan, dan penyakit radang panggul atau sering disebut pelvic inflammatory disease/PID.   

Gejala 

Trikomoniasis seringkali tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, apabila bergejala, gejala tersebut dapat muncul sebagai gejala iritasi ringan hingga peradangan yang berat. Gejala pada trikomoniasis dapat muncul sekitar 5 hingga 28 hari setelah pasien terinfeksi. Gejala dapat hilang dan timbul. 

Gejala Trikomoniasis Pada Pria: 

  • Rasa gatal atau iritasi di dalam penis 
  • Rasa terbakar setelah buang air kecil atau ejakulasi 
  • Keluarnya cairan dari penis 

Gejala Trikomoniasis Pada Wanita:

  • Rasa gatal, terbakar, atau nyeri pada alat kelamin 
  • Rasa tidak nyaman saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual 
  • Perubahan pada cairan keputihan (keputihan dapat menjadi kekuningan, atau kehijauan dengan bau amis) 
  • Terjadi pendarahan setelah berhubungan seksual 

Tanpa mendapatkan pengobatan, infeksi ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan hingga bertahun-tahun. Jika pasien terinfeksi ketika sedang hamil, infeksi ini meningkatkan kemungkinan bayi untuk lahir lebih cepat dari perkiraan. Bayi tersebut juga mungkin memiliki berat badan lahir rendah, yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah kesehatan atau perkembangan di kemudian hari. Konsultasikan kepada dokter apabila Anda merasa memiliki gejala trikomoniasis. Anda dapat melakukan konsultasi dengan aman bersama dokter profesional di Lifepack. 

Penyebab

Trikomoniasis disebabkan oleh infeksi parasit protozoa Trichomonas vaginalis. Parasit ini berpindah dari orang yang terinfeksi ke orang lain yang tidak terinfeksi saat berhubungan seks. Oleh karena itu, trikomoniasis tergolong kedalam penyakit menular seksual (Sexually Transmitted Disease / STD). 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada wanita, bagian tubuh yang paling sering terinfeksi adalah saluran genital bawah, yaitu vulva, vagina, serviks, atau uretra. Sedangkan pada pria, bagian tubuh yang sering terinfeksi adalah saluran uretra. 

Saat berhubungan seksual, parasit dapat menyebar dari penis ke vagina, atau dari vagina ke penis. Gejala yang muncul pada setiap orang dapat berbeda, tergantung pada faktor-faktor lain seperti usia seseorang dan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan. Orang yang terinfeksi tanpa gejala masih dapat menularkan infeksi tersebut kepada orang lain.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Diagnosis 

Untuk mendiagnosis trikomoniasis, dokter akan menanyakan keluhan dan riwayat penyakit yang diderita pasien. Sulit untuk mendiagnosis trikomoniasis hanya berdasarkan gejala, sehingga dokter dapat mengusulkan untuk melakukan pemeriksaan penunjang. Dokter akan mengambil sampel urin atau cairan dari alat kelamin pasien dan akan memeriksanya di bawah mikroskop untuk melihat parasit yang menyebabkan infeksi. 

Secara morfologi (bentuk dari parasit), Trichomonas vaginalis tampak sebagai protozoa dengan 4 buah cambuk (flagel) yang berfungsi sebagai alat gerak. Selain itu, dokter juga dapat memastikan adanya parasit menggunakan pemeriksaan kultur dan nucleic acid amplification test (NAAT). 

Pengobatan 

Pilihan pengobatan yang sering digunakan pada kasus trikomoniasis adalah: 

Obat-obatan di atas aman bagi ibu hamil dan dapat membantu mencegah penularan infeksi kepada janin. Orang dapat terkena infeksi berulang trikomoniasis. Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi, dapat mendapatkan infeksi berulang dalam 3 bulan setelah menerima pengobatan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk menghindari hal ini, orang yang terkena trikomoniasis harus mendapat pengobatan bersamaan dengan pasangan seksualnya. Hindari berhubungan seksual sampai pengobatan selesai. Konsultasikan kepada dokter agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda. 

Pencegahan 

Salah satu cara untuk menghindari trikomoniasis adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual vaginal dengan orang yang terinfeksi. Beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya trikomoniasis: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Gunakan kondom lateks saat berhubungan seksual. 
  • Hindari membersihkan bagian dalam vagina menggunakan air atau cairan lain (douching). Vagina memiliki keseimbangan bakteri untuk mempertahankan kesehatannya. Saat Anda melakukan douche, Anda dapat menghilangkan beberapa bakteri yang bermanfaat, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk terkena penyakit menular seksual di kemudian hari. 
  • Hindari berganti-ganti pasangan seksual 
  • Bicarakan riwayat seksual Anda dengan pasangan Anda untuk menghindari potensi resiko infeksi.  

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

diare persisten

Diare Persisten: Penyebab dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   29/06/2022
alergi sperma

Alergi Sperma: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

flu singapura pada anak

Waspada Flu Singapura Pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan

jenis hepatitis berbahaya

Jenis-jenis Hepatitis yang Berbahaya Bagi Tubuh

direktoriPenyakit   21/06/2022
cacar air pada anak

Cacar Air Pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan

direktoriPenyakit   14/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman