Tips Terhindar Penyakit Mulut Bagi Pengguna Retainer Gigi (Behel)

Apr 15, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Retainer gigi merupakan behel yang dapat dilepas pasang dan biasanya digunakan untuk memperbaiki posisi gigi yang kurang rapi. Retainer gigi yang digunakan secara rutin dapat membantu untuk membuat tampilan gigi lebih rapi. Peran retainer gigi yang sangat penting, maka pengguna diharuskan menjaga kebersihan retainer gigi yang digunakan supaya terhindar dari penyakit mulut.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bagian mulut inilah yang banyak dihinggapi bakteri dan kuman. Sehingga menjaga kesehatan dan kebersihan mulut wajib dilakukan secara rutin. Terlebih lagi bagi Anda yang menggunakan retainer gigi supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit mulut, maka penting sekali untuk melakukan perawatan dengan cara yang tepat. 


Berikut adalah beberapa tips terhindar dari penyakit mulut bagi pengguna retainer gigi:

Cara Merawat Retainer Gigi / Behel Agar Terhindar Dari Penyakit Mulut

Tentunya Anda tidak menginginkan adanya permasalahan yang mengganggu kesehatan gigi dan mulut setelah proses pemasangan retainer gigi. Dengan hal ini, maka perawatan pada retainer gigi harus dilakukan. Perawatan yang dilakukan tidaklah ribet, sehingga Anda bisa mengikuti beberapa cara merawat retainer gigi agar terhindar dari penyakit mulut, seperti berikut:

1. Selalu Membersihkan Mulut dan Gigi Secara Rutin

Penggunaan retainer gigi memang diwajibkan menjaga mulut dan gigi lebih rutin. Untuk pengguna retainer gigi ini membutuhkan perawatan khusus supaya kebersihan retainer gigi tetap terjaga dengan baik dan tidak menimbulkan berbagai penyakit mulut. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya beresiko meninggalkan dalam jumlah yang lebih banyak.

Dokter gigi akan selalu menyarankan kepada pasiennya untuk menyikat gigi setiap hari. Terutama setelah makan pagi, baik itu makan makanan besar ataupun sekedar cemilan saja. Dokter gigi juga akan menganjurkan untuk menggunakan obat kumur supaya sisa-sisa makanan yang menyangkut pada bagian sela gigi dapat hilang dan tidak menimbulkan plak.

2. Jangan Asal Mengkonsumsi Makanan

Saat menggunakan retainer gigi, tentunya Anda berbeda dengan orang yang tidak menggunakannya. Disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang berukuran kecil, misalnya dengan cara dipotong terlebih dahulu. Selain dapat menjaga retainer, cara ini juga akan lebih memudahkan Anda saat mengunyah.

Hindari makanan yang terlalu keras, makanan lengket, manis dan makanan yang sulit untuk kunyah. Supaya tidak merusak retainer gigi, maka pilihlah jenis makanan yang lunak dan sekiranya mudah untuk dikonsumsi.

3. Selalu Cuci Retainer Gigi / Behel

Bagi pengguna retainer gigi memang tidak mengetahui kapan harus mencuci retainer gigi. Untuk proses pembersihan retainer gigi harus dilakukan pada waktu yang tepat dengan proses yang benar. Proses pembersihan tersebut yaitu dilakukan dengan mencuci seperti Anda menyikat gigi. Setelah itu lepaskan retainer gigi dan bersihkan secara terpisah. 

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa retainer gigi membutuhkan perawatan yang lebih ekstra, yaitu pada saat retainer gigi terdapat plak di bagian permukaan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jangan sampai Anda membiarkan retainer tidak bersihkan selama lebih dari 1 minggu.

4. Gunakan Pembersih Retainer

Untuk bisa membersihkan behel lepas pasang tersebut, maka Anda membutuhkan pembersih khusus untuk retainer. Misalnya saja menggunakan cuka apel, baking soda, bahkan menggunakan obat kumur. Beberapa bahan tersebut bisa digunakan untuk membersihkan retainer secara aman. Selain murah, proses yang dilakukan pun juga tergolong lebih mudah, sehingga Anda tidak perlu ribet saat menggunakannya.

5. Simpan Retainer (Behel) di Tempat yang Tepat

Perlu diketahui dengan baik, bahwa untuk retainer gigi ini tidak mampu bertahan pada suhu yang terlalu panas. Sebaiknya simpan di tempat yang tepat, yaitu jauhkan retainer dari suhu yang panas. Misalnya saja seperti di bawah sinar matahari, merendamnya menggunakan air panas, atau mengeringkannya menggunakan hair dryer. Sebaiknya simpan retainer gigi pada lokasi yang sejuk, bersih, dan kering agar tidak mudah rusak.

6. Periksa Secara Rutin

Pergi ke dokter gigi untuk melakukan check up atau periksa secara rutin wajib dilakukan supaya kebersihan gigi dan retainer benar-benar terkontrol. Selain itu Anda juga bisa menanyakan secara langsung kepada dokter kapan harus mengganti retainer gigi. Dengan Periksa ke dokter gigi, maka Anda bisa mengetahui apakah retainer yang digunakan tersebut masih layak digunakan atau sebaliknya.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan
Mengenal Aterosklerosis, Penyumbatan Pembuluh Darah Penyebab Serangan Jantung
Cara Mengatasi Nyeri dan Gigi Berlubang
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Mengenal Penyakit Meningitis atau Radang Selaput Otak

7. Hindari Menggunakan Pembersih Gigi Palsu

Membersihkan retainer juga bisa dilakukan dengan pembersih gigi palsu. Akan tetapi perlu diingat, apabila pembersih gigi palsu digunakan dalam jangka waktu yang panjang maka hal ini mampu memberikan dampak terhadap retainer gigi menjadi menguning. Sementara apabila hal ini terjadi, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mulut dan gigi. Menggunakan pembersih gigi palsu satu atau dua kali saja tentu masih dianggap aman. Namun tidak disarankan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Menggunakan retainer gigi saat ini memang menjadi tren. Terutama bagi kalangan muda yang ingin terlihat menarik. Tidak hanya wanita saja yang bisa menggunakannya, akan tetapi para pria milenial pun juga bisa menggunakannya. Apapun jenis retainer yang Anda gunakan, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan retainer gigi.

Ingin mendapatkan obat untuk sakit gigi atau mulut? Tebus resep anda secara online melalui Lifepack. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter. Tersedia di Playstore dan Appstore.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis