fbpx
BerandaHidup SehatTes MMPI: Jenis, Hasil dan Kegunaannya

Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah tes yang dibuat untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mental seseorang. Hasil dari tes ini dapat menentukan apakah seseorang memiliki indikasi masalah mental seperti depresi, mengalami penyimpangan seksual, paranoia dan skizofrenia. Bagaimana tes ini dilakukan? Simak ulasannya berikut ini, Lifemates!

tes mmpi

Apa Itu Tes MMPI?

Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) atau tes MMPI adalah salah satu tes psikologi yang paling umum digunakan di dunia. Tes ini diciptakan untuk menjadi alat bagi para profesional kesehatan mental untuk membantu mendiagnosis gangguan kesehatan mental.

Sejak pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an, hingga saat ini tes MMPI telah mengalami pembaruan. Versi terbaru dikenal dengan versi MMPI-2 dan telah diadaptasi untuk digunakan di lebih dari 40 negara.

MMPI bertujuan untuk menguji seseorang yang dicurigai mengalami masalah kesehatan mental dan masalah klinis lainnya. Namun tes ini juga dapat digunakan untuk kepentingan lainnya seperti penyelidikan kriminal atau penyaringan profesi tertentu.

Dalam tes ini, pasien hanya perlu menjawab dengan jujur benar atau salah pada setiap pertanyaan. Untuk mendiagnosis kondisi pasien, profesional kesehatan mental tidak bisa hanya mengandalkan pada hasil tes MMPI. Tes ini harus digunakan bersama dengan pemeriksaan penunjang lainnya.  

Jenis-Jenis Tes MMPI

Ketika pertama kali disusun, MMPI banyak menuai kritik dari para praktisi kesehatan mental. Sebagian besar para praktisi mengkritisi akurasi hasil dan kecenderungan hasil tes. Tes MMPI kemudian berkembang dan terus mengalami revisi. Berikut ini beberapa jenis tes MMPI:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • MMPI-2: MMPI-2 adalah versi revisi dari MMPI pertama. Tes ini mengalami revisi lagi pada tahun 2001 dan diperbarui pada tahun 2003 dan 2009. Hingga saat ini tes MMPI-2 menjadi tes penilaian klinis yang paling sering digunakan.
  • MMPI-2-RF: Di tahun 2008 dirilis versi pendek dari MMPI-2 dan dikenal Minnesota Multiphasic Personality Inventory-2-Restructured Form (MMPI-2-RF). Versi ini ditujukan untuk orang dewasa dan berisi 338 item benar/salah. 
  • MMPI-A: Pada tahun 1992 diterbitkan MMPI untuk remaja berusia 14 hingga 18 tahun yang disebut MMPI-A. Tes MMPI ini terdiri dari 478 soal dan dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikannya. 
  • MMPI-A-RF: Pada tahun 2016 dirilis MMPI untuk remaja versi lebih singkat yang berisi 241 pertanyaan. Tes ini membutuhkan waktu 25 hingga 45 menit untuk menjawabnya. 
  • MMPI-3: MMPI-3 merupakan versi terbaru yang dirilis pada tahun 2020 dan sudah mengalami pembaruan skala dan norma. Tes ini berisi 335 pertanyaan dan butuh waktu 25-50 menit menyelesaikannya. 

Hasil Tes MMPI

Hasil tes MMPI terdiri dari 10 skala klinis yang dapat mendeskripsikan kondisi psikologis seseorang. Secara umum jika hasil skor tinggi, menunjukkan risiko tinggi adanya gangguan kesehatan mental pada seseorang. 

Berikut ini 10 skala klinis yang digunakan pada tes MMPI-2 dan MMPI-A:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Hypochondriasis (Hs)

Skala ini disusun untuk mengukur seberapa besar kepedulian seseorang terhadap kondisi kesehatan dirinya sendiri. Jika hasilnya tinggi, maka orang tersebut memiliki rasa peduli yang berlebihan terhadap kesehatannya sendiri dan terkadang mengganggu proses interaksi dengan orang lain. Semakin tinggi skor yang didapat pada skala ini, maka berisiko tinggi mengalami psikosomatis.

2. Depression (D)

Pengukuran tes MMPI pada skala ini bertujuan mengukur tingkat kepuasan hidup seseorang. Semakin tinggi skor pada skala ini menunjukkan karakteristik moral yang buruk, tidak puas pada diri sendiri, dan tidak memiliki harapan yang tinggi pada masa depan.

3. Hysteria (Hy)

Skala ketiga dirancang untuk mengidentifikasi mereka yang menunjukkan histeria atau keluhan fisik dalam situasi stres. Orang dengan pendidikan dan kelas sosial tinggi cenderung mendapat skor lebih tinggi pada skala ini. Perempuan juga cenderung mendapat skor lebih tinggi dibandingkan laki-laki pada skala ini.

4. Psychopathic deviate (Pd)

Skala ini mengukur tingkat kepribadian psikopat yang diukur melalui deviasi sosial, tindakan amoral, serta kurangnya penerimaan. Skor tinggi menunjukkan sikap pemberontakan sedangkan skor rendah menunjukkan penerimaan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Masculinity/femininity (Mf)

Pada awalnya skala ini dirancang untuk mengukur kecenderungan seseorang merupakan homoseksual atau bukan, namun dirasa kurang efektif. Saat ini, pemeriksaan ini digunakan untuk menilai bagaimana seseorang mengidentifikasi seberapa kaku ia memahami gender stereotip laki-laki dan perempuan.

6. Paranoia (Pa) 

Skala ini mengukur apakah seseorang memiliki gejala paranoid seperti lebih sensitif, mudah curiga, berperilaku kaku, dan selalu merasa menjadi korban.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Psychasthenia (Pt)

Skala ini mengukur kecemasan, gangguan obsesif kompulsif dan depresi. 

8. Schizophrenia (Sc)

Skala ini digunakan untuk mengukur kondisi skizofrenia pada seseorang. Pengukuran ini juga dapat menunjukkan potensi penyalahgunaan zat, keterasingan emosional atau sosial, keeksentrikan, dan terbatasnya minat terhadap ora

9. Hypomania (Ma) 

Skala ini digunakan untuk mengukur karakteristik pengidap hipomania, yaitu kondisi psikologis yang membuat energi dan suasana hati seseorang meningkat sehingga berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari.

10. Social introversion (Si)

Skala introversion atau skala 0 bertujuan mengukur kecenderungan seseorang untuk menarik diri dari hubungan sosial. Pada skala ini menunjukkan tingkat kompetitif seseorang, kekakuan sikap, kepatuhan, serta kecenderungannya untuk bergantung dengan orang lain.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar tes MMPI. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

ami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman