fbpx
BerandaHidup Sehat7 Penyakit Mental yang Jarang Diketahui

Anda mungkin sudah pernah mengenal beberapa penyakit gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, atau skizofrenia. Selain gangguan kesehatan mental tersebut, ada juga beberapa penyakit mental yang jarang diketahui. Penyakit mental ini sangat jarang terjadi dan hingga kini belum diketahui penyebabnya secara pasti. Umumnya penyakit mental ini melibatkan gangguan saraf yang menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan pola pikir. Apa saja macam-macam penyakit mental yang jarang diketahui? Simak ulasannya berikut ini. 

penyakit mental yang jarang diketahui

Penyakit Mental yang Jarang Diketahui

1. Skizofrenia Katatonik

Salah satu penyakit mental yang jarang diketahui adalah skizofrenia katatonik (catatonia). 

Skizofrenia katatonik mengganggu bagian otak tertentu yang menyebabkan seseorang berada dalam kondisi katatonik, yaitu sadar namun tidak merespon orang dan lingkungan sekitarnya. Kondisi ini dapat memengaruhi pergerakan, cara bicara orang dan perilaku seseorang dalam berbagai cara. Orang dengan skizofrenia katatonik bisa tetap diam membisu tidak menanggapi instruksi atau sebaliknya menjadi hiperaktif tanpa sebab yang jelas. 

Penyakit ini disebut skizofrenia katatonik karena pada awalnya diduga hanya dialami oleh pengidap skizofrenia saja, namun ternyata dapat dialami siapa saja. Karena katatonia dapat mengganggu banyak area otak yang berbeda, maka gejalanya dapat bermacam-macam. Inilah salah satu alasan mengapa skizofrenia katatonik bisa terjadi pada begitu banyak kondisi dan sulit bagi para ahli untuk mendiagnosisnya.

2. Sindrom Alice in Wonderland

Contoh lain dari penyakit mental yang jarang diketahui masyarakat awam adalah sindrom Alice in Wonderland atau yang dikenal juga sebagai sindrom Todd atau dismetropsi. Sindrom ini adalah kondisi langka yang menyebabkan pasien mengalami episode distorsi persepsi dan disorientasi sementara. 

Anda mungkin merasa lebih besar atau lebih kecil dari kondisi sebenarnya. Tanda lain yang muncul adalah Anda merasa bahwa barang-barang di sekitar Anda terasa lebih jauh atau dekat dari yang sebenarnya. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan cara otak dalam memandang lingkungan sekitar dan penampilan tubuh Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Sindrom Cotard

Sindrom Cotard dikenal dengan banyak nama, salah satunya sindrom mayat hidup. Orang dengan sindrom Cotard meyakini bahwa salah satu bagian tubuhnya hilang atau mereka dalam kondisi sekarang, mati, bahkan tidak ada. 

Pengidap sindrom Cotard dapat menunjukkan gejala seperti tidak mau makan, tidak bicara sama sekali, mendengar suara yang menyatakan bahwa mereka mati atau sekarat, juga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Body Integrity Identity Disorder

Body integrity identity disorder (BIID) atau yang juga dikenal sebagai amputee syndrome adalah kondisi langka yang membuat seseorang meyakini bahwa dirinya adalah penyandang disabilitas. Pengidap BIID memiliki keinginan tinggi untuk mengamputasi dirinya atau memodifikasi anggota tubuhnya untuk mendapat kepuasan karena ia meyakini bahwa dirinya merupakan penyandang disabilitas. 

Ketika keyakinan tersebut muncul, hal ini dapat membuat Anda mengalami depresi dan gangguan suasana hati lalu mendorong Anda melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri. Para ahli mengklasifikasikan BIID sebagai gangguan identitas dan sejumlah penelitian menduga bahwa kondisi ini merupakan bawaan lahir.  

5. Sindrom Capgras

Penyakit mental yang jarang diketahui lainnya adalah sindrom Capgras. Sindrom Capgras adalah kondisi dimana seseorang meyakini bahwa ada orang lain yang menggantikan seseorang yang Anda kenal. Akibatnya, Anda merasa bahwa ada orang lain, binatang, benda atau barang lain di rumah tersebut adalah penipu. 

Orang yang mengalami sindrom ini dapat menuduh pasangannya sebagai penipu. Hal ini dapat menjengkelkan bukan hanya bagi orang yang mengalami delusi namun juga orang yang dituduh sebagai penipu ulung. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Sindrom Kluver-Bucy

Sindrom Kluver-Bucy adalah penyakit mental langka dimana terjadi kelainan pada struktur otak lobus temporalis kanan dan kiri, terutama pada hipokampus dan amigdala. Pada pengidap sindrom Kluver-Bucy, ia mengalami abnormalitas memori, fungsi sosial, fungsi seksual, dan perilaku. 

Gejala sindrom Kluver-Bucy dapat bervariasi, tergantung dari lokasi dan keparahan cedera otak yang dialami pasien. Sindrom ini dapat bersifat sementara atau permanen. Beberapa gejala umum yang banyak terjadi antara lain: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Makan berlebihan atau memuntahkannya (bulimia nervosa).
  • Hypermetamorphosis, yaitu perhatian berlebih pada apa yang dilihat dan muncul keinginan menyentuh benda yang dilihat
  • Memakan benda-benda yang tidak dapat dimakan (pica).
  • Memasukkan benda ke dalam mulut atau menjilat secara tidak wajar (hiperoralitas).

Gejala umum lainnya meliputi:

  • Demensia
  • Hiperseksualitas 
  • Ketidakmampuan mengenali orang atau objek yang dikenal melalui penglihatan
  • Kehilangan ingatan
  • Kejang

Sindrom Kluver-Bucy dapat membuat pasien mengalami permasalahan fisik dan sosial. Belum ada obat yang dapat digunakan untuk mengobati sindrom ini. Pengobatan yang diberikan fokus pada mengurangi gejala yang muncul agar tidak membahayakan pasien dan orang lain. 

Demikian informasi seputar penyakit mental yang jarang diketahui. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman