fbpx
BerandaHidup SehatCara Menanggapi Orang dengan Gangguan Mental

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita berhadapan dengan orang yang mengalami gangguan mental. Saat menghadapinya, kita perlu berhati-hati karena jika salah bersikap hal ini dapat membuat pengidap gangguan mental semakin terpuruk. Bagaimana cara tepat menanggapi orang dengan gangguan mental? Simak ulasannya berikut ini, Lifemates!.

cara menanggapi orang dengan gangguan mental

Cara Menanggapi Orang dengan Gangguan Mental

Mendengar istilah gangguan mental, mungkin Anda terbayang orang yang depresi atau orang gila yang banyak dijumpai di jalanan. Namun sebenarnya gangguan mental terdiri dari berbagai jenis, mulai dari depresi, gangguan panik, hingga gangguan makan. Meskipun terkadang gejala gangguan mental tidak jelas terlihat secara fisik, namun secara psikis kondisi mental mereka tidak stabil. Terkadang mereka menarik diri dari kehidupan sosial padahal sebenarnya mereka membutuhkan perhatian dan perawatan yang tepat. 

Pada situasi lainnya, orang yang mengalami gangguan mental seperti skizofrenia justru diasingkan karena dianggap membahayakan orang di sekitarnya. Dengan kondisi tersebut, pengidap skizofrenia justru semakin sulit sembuh. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara tepat menghadapi orang dengan gangguan mental. 

Beberapa cara menanggapi orang dengan gangguan mental antara lain:

Dengarkan mereka

Orang dengan gangguan mental, baik dengan gangguan halusinasi atau tidak, sebenarnya membutuhkan perhatian dari orang sekitarnya. Salah satu cara untuk menanggapi orang dengan gangguan mental adalah dengan mendengarkan apa yang mereka rasakan, mencoba mengerti apa yang mereka alami, dan tidak menghakiminya. 

Bersabar

Ketika menghadapi orang dengan gangguan mental, Anda mungkin mendapat penolakan baik secara fisik maupun verbal. Dalam menghadapi situasi tersebut, sebaiknya Anda bersabar dan pahami bahwa mereka mungkin sedang tidak ingin berinteraksi dengan Anda. Hindari menekan atau memaksa mereka secara fisik atau verbal hanya untuk berinteraksi dengan Anda karena hal ini hanya akan memperparah kondisinya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan mengikuti halusinasinya

Beberapa gangguan mental ditandai dengan halusinasi. Anda mungkin sulit mengenali apakah seseorang mengalami halusinasi atau tidak, namun sebaiknya hindari mengikuti halusinasinya hanya untuk membuat pasien merasa nyaman dan dimengerti. 

Pada beberapa kasus orang dengan halusinasi dapat merasa sangat ketakutan dengan lingkungan sekitarnya. Cara menghadapi orang dengan gangguan mental yang mengalami halusinasi adalah dengan berbicara dengan pelan, hati-hati, dan jangan menyentuhnya jika ia tidak mengizinkan. Jika ada barang-barang di sekitarnya yang menjadi pemicu serangan takut atau panik seperti suara televisi atau radio sebaiknya segera matikan dan tenangkan pasien. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beri semangat dan hindari menyalahkan pihak lain

Gangguan mental dapat dipicu oleh faktor eksternal seperti masalah dalam keluarga atau tekanan sosial lainnya. Ketika berbicara dengan orang yang mengidap gangguan mental, sebaiknya hindari menyalahkan situasi atau pihak lain karena hal ini hanya akan memperburuk kondisi kejiwaan pasien. 

Sebaiknya hindari ucapan dan tindakan yang hanya akan memperkeruh suasana dan fokus pada memberi bantuan yang dibutuhkan pasien. Berikan dorongan semangat agar pasien mau menjalani pengobatan hingga tuntas. 

Jika pasien mengalami gangguan makan akibat rendahnya rasa percaya diri akibat bentuk tubuhnya, bantu pasien untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya dan tekankan padanya bahwa setiap orang unik dan berharga. 

Gangguan mental adalah kondisi yang kompleks dan dapat bervariasi pada setiap orang. Cara terbaik menanggapi orang dengan gangguan mental adalah dengan menerima mereka secara terbuka, memvalidasi perasaannya dan mendorong mereka untuk mau memeriksakan diri dan menjalani pengobatan hingga tuntas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika orang terdekat Anda menunjukkan gejala gangguan kesehatan mental sebaiknya segera dorong mereka untuk menjalani pemeriksaan. Semakin cepat masalah kesehatan mental mereka diketahui, semakin besar peluang untuk sembuh dan mencegah kondisinya semakin parah. 

Demikian informasi seputar cara menanggapi orang dengan gangguan mental. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman