fbpx

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui

Mei 4, 2020 | Diabetes | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan penyakit diabetes. Penyakit ini terjadi ketika pankreas tidak bisa menghasilkan cukup insulin bagi tubuh, atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin tersebut secara efektif.

Tahukah Anda, berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, di Indonesia terdapat 1,5% orang yang didiagnosis menderita diabetes. Tentu ini bukan angka yang kecil. Apa lagi masih terdapat kemungkinan orang dengan diabetes yang belum terdiagnosis oleh dokter.

Sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui tanda dan gejala diabetes melitus agar tetap waspada. Berikut gejala diabetes yang telah tim Lifepack rangkum untuk Anda.

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

Terdapat beberapa tanda dan gejala diabetes melitus yang perlu Anda waspadai (Baca juga Mengenal Diabetes, Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya). Menurut CDC biasanya tanda dan gejala diabetes melitus dapat berupa:

  1. Meningkatnya frekuensi buang air kecil (kencing) dan biasanya sering terjadi di malam hari
  2. Sering merasa haus
  3. Terjadi penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  4. Sering merasa lapar
  5. Penglihatan menjadi buram
  6. Tangan atau kaki mati rasa atau kesemutan
  7. Merasa sangat lelah
  8. Kulit menjadi sangat kering
  9. Jika terdapat luka, waktu penyembuhan luka menjadi lama
  10. Mengalami beberapa infeksi

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tes kadar gula darah.

Meskipun beberapa tanda dan gejala tadi dapat dijadikan pertimbangan untuk memeriksakan diri ke dokter, terdapat gejala penyakit diabetes melitus lainnya yang digolongkan sesuai dengan tipe diabetes.

Diabetes Tipe 1

Orang dengan diabetes tipe 1 biasanya mengalami tanda dan gejala seperti mual atau muntah dan sakit perut. Pada diabetes tipe 1, gejala dapat berkembang menjadi lebih parah dalam beberapa minggu atau bulan. Diabetes dengan tipe ini biasanya terjadi pada anak-anak, remaja atau orang dewasa muda.

Diabetes Tipe 2

Sedangkan tanda dan gejala pada diabetes tipe 2 terjadi dalam waktu yang cukup lama (bertahun-tahun) sehingga kadang diabetes tidak terdiagnosis. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia. 

Pada diabetes tipe 2 terdapat kondisi prediabetes. Apa itu prediabetes? Kondisi ini adalah kondisi dimana kadar gula darah melebihi ukuran normal (140/90 mmHg). Prediabetes terjadi akibat sel-sel tubuh tidak bisa merespon insulin secara normal. Pankreas akan mencoba menghasilkan lebih banyak insulin untuk membuat sel-sel tubuh merespon, namun pankreas kehilangan kemampuannya untuk mengimbanginya sehingga kadar gula darah terus naik.

Prediabetes dapat diketahui dengan beberapa gejala, yaitu:

  1. Kelebihan berat badan
  2. Berusia 45 tahun atau lebih
  3. Memiliki riwayat keluarga dengan diabetes tipe 2
  4. Aktif secara fisik kurang dari 3 kali seminggu
  5. Pernah menderita diabetes gestasional (diabetes saat kehamilan) atau melahirkan bayi yang beratnya lebih dari 9 kilogram
  6. Memiliki sindrom ovarium polikistik

Jika anda mengalami gejala-gejala prediabetes, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut kondisi kesehatan Anda dan mendapatkan saran perawatan terbaik.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Penyebab Diabetes yang Dari Kebiasaan Sehari-Hari
Apa itu Diabetes dan Gejalanya
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Kenali Bahaya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2!
10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

Diabetes Saat Kehamilan (Diabetes Gestasional)

Penyakit diabetes juga dapat terjadi pada wanita yang sedang hamil. Saat kehamilan, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon dan membuat perubahan seperti penambahan berat badan. Perubahan-perubahan tersebutlah yang menyebabkan sel tubuh tidak menggunakan insulin yang dihasilkan pankreas secara efektif (resisten insulin). Kondisi ini membuat kebutuhan tubuh 

Biasanya diabetes gestasional tidak memiliki gejala, sehingga sangat penting untuk memeriksakan kesehatan secara berkala.

Itulah beberapa tanda dan gejala diabetes yang harus Anda ketahui agar tetap waspada terhadap penyakit ini. 

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan juga kemudahan dalam menebus resep obat tanpa harus antri.

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention
Kementerian Kesehatan RI
World Health Organization

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis