fbpx

Silver Sulfadiazine

Okt 23, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf S | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Silver sulfadiazine merupakan obat yang digunakan untuk merawat dan memulihkan infeksi luka dari penggunanya dan luka bakar tubuh. 

Infeksi luka adalah infeksi yang disebabkan oleh luka yang terbuka. Ada juga infeksi luka operasi atau disebut dengan ILO, yang mana hal ini terjadi karena sayatan luka yang ada saat melakukan operasi. ILO sendiri menjadi beberapa jenis, mulai dari superficial, deep, dan organ atau rongga. 

Berbeda lagi dengan infeksi luka. Luka bakar adalah kondisi yang mana kondisi lapisan kulit rusak diakibatkan oleh benda-benda panas yang mengenai kulit, layaknya api, air panas, dan uap panas. Maka dari itu, dalam mengobati luka bakar dan infeksi luka Anda butuh silver sulfadiazine (Baca juga 7 Cara Mengobati Sariawan di Bibir yang Manjur). 

Informasi 

Obat silver sulfadiazine merupakan obat yang biasanya digunakan oleh pasien yang mempunyai infeksi luka maupun luka bakar. Maka dari itu, untuk menurunkan potensi bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terluka, disinilah peranan dari obat silver sulfadiazine. Obat silver sulfadiazine tergolong dalam obat antibiotik sulfa. 

silver sulfadiazine
Silver sulfadiazine merupakan obat yang digunakan untuk merawat dan memulihkan infeksi luka dari penggunanya dan luka bakar tubuh.

Anda harus tahu bahwa obat silver sulfadiazine tidak bisa digunakan sembarangan. Anda harus memperhatikan penuh anjuran pemakaian yang sudah diberitahukan oleh dokter dan sudah tertera di dalam kemasan. Jangan sampai membuat infeksi luka dan luka bakar semakin bertambah parah, karena salah dalam menggunakan obat silver sulfadiazine. 

Dosis 

Informasi yang kali ini diberikan kepada Anda bukan pengganti sebuah nasihat medis yang disampaikan oleh dokter. Anda selalu konsultasi dengan dokter maupun apoteker sebelum melakukan proses pengobatan menggunakan obat silver sulfadiazine. 

Dosis dari anak-anak dan orang dewasa tentunya berbeda, mengingat kondisi dan usia masing-masing. 

Dosis yang digunakan untuk orang dewasa dalam mengatasi, mencegah, dan mengobati sepsis luka yang parah dan luka bakar dengan derajat 2 atau 3; caranya cukup mudah dengan melakukan penerapan di daerah-daerah yang terluka tersebut dan bisa dilakukan dalam 2x sehari dengan ukuran ketebalan pengolesan mencapai 1/16 inch. 

Pada saat Anda memerlukan obat silver sulfadiazin topikal maka Anda harus mengoleskannya ulang di setiap daerah yang sudah teroles sebelumnya dan sudah terhapus, dikarenakan aktivitas dari Anda. Obat silver sulfadiazin bisa dioleskan lagi ketika Anda sudah menyelesaikan hidroterapi.

Dosis untuk anak-anak akan berbeda lagi dengan penggunaan obat silver sulfadiazine orang dewasa. Ada keamanan serta keefektifan terhadap pasien anak-anak yang dibawah usia 18 tahun belum bisa ditetapkan lebih lanjut. 

Dosis yang tersedia untuk obat silver sulfadiazine adalah krim luar dengan skala 1%, ( 20 g, 50 g, 85 g, 400 g, dan 1000 g ) dan skala 1% ( 25 g, 50 g, 80 g, dan 400 g ). 

Kontraindikasi 

  1. Apabila Anda memiliki alergi terhadap obat, termasuk obat silver sulfadiazine, maka kabarkan hal ini kepada dokter yang menangani Anda. 
  2. Saat Anda ingin memberikan obat silver sulfadiazine kepada keluarga dengan usia lansia, maka beritahukan dokter atau apoteker sekarang juga. 
  3. Hindarkan obat silver sulfadiazine dari anak-anak dan tanyakan kepada dokter apabila digunakan terhadap anak-anak. 
  4. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit hati, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. 

.5. Ibu hamil dan ibu menyusui, wajib memberitahukan dan berkonsultasi dengan dokter. 

Interaksi dengan Obat Lain 

Ada beberapa obat yang tidak diperbolehkan dikonsumsi bersamaan dengan obat lain yang berbeda jenis. Bahkan, ada kasus yang lain dimana bisa mengkonsumsi dua obat berbeda jenis bersamaan, walaupun interaksi diantara keduanya mungkin akan mengintai tubuh mereka. 

Dalam kedua kasus yang sudah disebutkan, biasanya dokter akan merubah beberapa dosis dari obat. Bahkan, dokter bisa saja memberikan saran terhadap yang lain saat ini untuk mencegah timbulnya interaksi yang sangat parah. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda mencatat semua list obat-obatan yang dikonsumsi untuk saat ini dan tunjukkan kepada dokter ataupun apoteker. 

Anda harus tahu bahwa mengkonsumsi obat silver sulfadiazine bersamaan dengan methenamine sangat-sangat tidak dianjurkan. Bahkan, dokter bisa saja mengganti obat yang telah dianjurkan kepada Anda. 

Efek Samping 

Inilah efek samping serius yang ditimbulkan ketika Anda selesai mengkonsumsi obat silver sulfadiazine, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Tubuh mulai menggigil, demam menyerang tubuh, nyeri pada seluruh tubuh. 
  2. Mudah pendarahan di dalam tubuh. 
  3. Urin mulai berwarna gelap. 
  4. Ulkus diare yang diobati dengan silver sulfadiazine. 
  5. Urin berdarah 
  6. Berat badan meningkat dan pembengkakan pada tubuh. 
  7. Demam dan sakit tenggorokan. 

Hal yang sudah disebutkan di atas, perlu penangan khusus dari dokter yang sudah bersangkutan dengan Anda yang lebih paham dengan kondisi tubuh. 

Inilah efek umum yang terjadi ketika mengkonsumsi obat silver sulfadiazine, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Warna kulit mencoklat 
  2. Gatal-gatal ringan 
  3. Sakit perut 

Cara Konsumsi 

Cara untuk menggunakan obat cukup mudah, dengan mengoleskan krim luar ke bagian luka kulit.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis