fbpx
BerandadirektoriObatPyridoxine

Dalam tubuh manusia, tentu membutuhkan berbagai macam vitamin untuk menunjang metabolisme. Salah satu vitamin yang cukup berperan penting adalah vitamin B6 atau Pyridoxine. Hanya saja, masih ada beberapa orang yang belum tahu lebih jelas mengenai hal ini. Maka dari itu, bagi Anda yang mungkin belum tahu maka wajib menyimak penjelasan ini (Baca juga Apa Saja Kandungan dan Manfaat Neurobion Bagi Tubuh?).

pyridoxine

Informasi

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, Pyridoxine atau vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Vitamin B6 ini sendiri berperan aktif untuk mengubah makanan yang telah Anda konsumsi untuk menjadi energi. Peran lain dari kandungan ini adalah untuk memproduksi sel-sel darah merah, serta menjaga kerja jaringan saraf di tubuh agar tetap stabil. 

Hanya saja, vitamin B6 atau Pyridoxine ini tidak diproduksi langsung oleh tubuh. Sehingga, asupannya pun bisa Anda cukupi dari beberapa bahan makanan, seperti misalnya kacang-kacangan, sayuran, daging ayam atau daging sapi, telur. Selain itu, buah pisang, gandum dan alpukat juga merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 ini.

pyridoxine
Untuk menunjang metabolisme tubuh, dibutuhkan beberapa vitamin. Salah satunya yang cukup berperan penting adalah vitamin B6 atau Pyridoxine.

Selain dari makanan, Pyridoxine juga bisa Anda dapatkan dari suplemen. Biasanya, dalam pemakaiannya suplemen ini akan dikombinasikan dengan sejumlah vitamin B lainnya seperti vitamin B kompleks. Namun, suplemen Pyridoxine atau B6 ini umumnya digunakan untuk menangani beberapa masalah kesehatan, antara lain :

  • Kekurangan atau defisiensi vitamin B6 yang diakibatkan dari pola makan yang kurang sehat dan teratur, konsumsi obat kimia atau penurunan kondisi kesehatan serta sistem imun tubuh.
  • Menangani salah satu jenis anemia atau kekurangan darah, yaitu anemia sideroblastik.
  • Sebagai sarana terapi mengurangi morning sickness atau kondisi yang menyebabkan Anda mengalami mual dan muntah khususnya bagi wanita hamil ketika trimester awal masa kehamilan.
  • Mengobati kejang pada bayi yang baru lahir.

Dosis

Apabila Anda hendak mengonsumsi suplemen Pyridoxine ini, maka Anda pun harus memerhatikan dosis pemakaiannya. Pasalnya, suplemen vitamin B6 ini tersedia dalam bentuk tablet, sirup dan suntik yang biasa akan dipakai sesuai dengan keluhan yang Anda alami. Dosis untuk tiap keluhan pun tentu berbeda dan Anda pun harus memerhatikan hal ini.

Pertama, apabila Anda mengonsumsi suplemen Pyridoxine ini untuk mengobati masalah defisiensi pyridoxine    atau kekurangan vitamin B6, maka Anda harus mengonsumsinya 2,5-25 mg setiap hari selama tiga minggu, kemudian konsumsi obat ini 1,5-2,5 per hari setelahnya. Lalu untuk anemia sideroblastik, dosisnya adalah awalnya adalah 200-600 mg vitamin B6 per hari. Kemudian dosis diturunkan menjadi 30-50 mg per hari setelah respon yang adekuat muncul. Lalu untuk morning sickness adalah 75 mg dikonsumsi satu kali per hari atau 10-25 mg vitamin B6 diminum 3-4 kali sehari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mungkin dosis ini tergolong cukup sepele. Tapi yang perlu Anda ingat, pemakaian suplemen ini wajib rutin dan tidak boleh terlewatkan agar pengobatan berjalan maksimal. 

Kontradiksi

Setiap obat atau suplemen pasti akan memiliki kontradiksi apabila dikonsumsi, terlebih jika dikonsumsi bersama obat lain. Untuk Pyridoxine sendiri, memiliki beberapa kontradiksi yang perlu Anda cermati dengan baik. Kontradiksi tersebut antara lain :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Apabila Anda juga tengah mengonsumsi pil KB dan isoniazid maka biasanya kita membutuhkan asupan pyridoxine lebih banyak.
  • Jika Anda mengonsumsi obat seperti levodopa, phenobarbital atau phenytoin maka hal ini kemungkinan bisa menurunkan tingkat efektivitas dari ketiga obat tersebut di dalam tubuh Anda.

Tak hanya itu, suplemen Pyridoxine juga memiliki beberapa risiko. Apalagi, bagi Anda orang yang memiliki risiko ini juga patut tahu akan hal ini, antara lain :

  • Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter apabila hendak memberikan Pyridoxine kepada anak-anak karena obat atau suplemen ini hanya diperuntukkan untuk orang dewasa.
  • Waspadai pemakaian Pyridoxine jenis suntik jika Anda sedang mengalami penyakit jantung dan memiliki riwayat sakit ginjal.
  • Konsultasi kepada dokter jika Anda hendak menggunakan Pyridoxine dalam jangka waktu yang lama dan dengan dosis yang besar, untuk menghindari terjadinya kerusakan sistem saraf dan overdosis. Jika nantinya terjadi reaksi alergi atau overdosis, maka segera hubungi dokter.

Efek Samping

Suplemen Pyridoxine ini sendiri umumnya jarang menimbulkan efek samping bagi tubuh terlebih jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan.  Namun, jika dalam pemakaian Anda menggunakan dosis yang besar apalagi dalam jangka waktu yang cukup panjang maka dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf di tubuh Anda.

Cara Konsumsi

Untuk cara konsumsi dari Pyridoxine yang wajib sendiri adalah selalu membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan suplemen vitamin B6 ini. Apabila ada sekiranya kurang begitu jelas, maka Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter. Jangan konsumsi suplemen ini melebihi dosis yang dianjurkan dan bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan.

Jika Anda lupa mengonsumsi suplemen ini, maka dianjurkan untuk segera mengonsumsinya secara langsung begitu ingat bila jeda dengan waktu konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Namun jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis konsumsinya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

carbidu

Obat Carbidu: Manfaat, Efek Samping Dan Dosis

direktoriObat   06/09/2021
celestamine

Obat Celestamine: Efek Samping, Manfaat Dan Dosis

direktoriObat   06/09/2021
fungiderm

Obat Fungiderm: Dosis, Manfaat Dan Efek Samping

direktoriObat   03/09/2021
kalnex

Obat Kalnex: Manfaat, Efek Samping Dan Dosis

direktoriObat   02/09/2021
rebamipide

Obat Rebamipide: Efek Samping, Dosis Dan Manfaat

direktoriObat   02/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman