fbpx
BerandaHidup SehatSering Mengalami Nyeri Otot? Hati-hati Gejala Fibromyalgia

Mungkin sebagian dari Anda sering sekali mengalami nyeri otot. Nyeri otot biasanya terjadi akibat aktivitas yang padat. Namun ternyata nyeri otot juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, salah satunya adalah fibromyalgia. 

Sering Mengalami Nyeri Otot? Hati-hati Gejala Fibromyalgia

Ya, fibromyalgia adalah suatu kondisi kronis (jangka panjang) yang menyebabkan sakit dan nyeri otot di seluruh tubuh. Selain itu penderita fibromyalgia juga gejala lain seperti kelelahan, kesulitan tidur, atau masalah ingatan. 

Fibromyalgia lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Rasa sakit, kelelahan yang berlebihan, dan kurang tidur yang disebabkan oleh fibromyalgia dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bekerja atau melakukan kegiatan sehari-hari. Sehingga berdampak pada produktivitas dan aktivitas keseharian Anda.

Penyebab

Sampai saat ini penyebab fibromyalgia belum sepenuhnya diketahui. Namun beberapa studi menunjukan bahwa terdapat kaitannya dengan masalah pada otak. Orang dengan fibromyalgia memproses rasa sakit dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan orang yang sehat,

Gejala

Gejala yang timbul pada fibromyalgia umumnya berupa rasa nyeri pada seluruh otot bagian tubuh. Namun gejala yang timbul juga disertai dengan beberapa gejala umum lain seperti:

  • Nyeri dan kekakuan di seluruh otot tubuh.
  • Kelelahan
  • Depresi dan kecemasan
  • Gangguan tidur
  • Mengalami masalah ingatan, dan konsentrasi.
  • Sakit kepala

Selain itu, fibromyalgia juga menimbulkan gejala lain. Gejala lain yang timbul antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki.
  • Nyeri pada wajah atau rahang, termasuk gangguan pada rahang yang dikenal sebagai sindrom sendi temporomandibular (juga dikenal sebagai TMJ).
  • Masalah pencernaan, seperti sakit perut, kembung, sembelit, dan sindrom iritasi usus.

Gejala fibromyalgia dapat terjadi tanpa peringatan atau tanda. Namun terdapat beberapa kondisi yang dapat memicu kambuhnya fibromyalgia, antara lain:

  • Perubahan hormon selama siklus menstruasi atau kehamilan. Pada penderita yang dalam masa kehamilan, mungkin akan mengalami lebih banyak kesulitan untuk tidur, rasa sakit yang lebih parah, atau sakit kepala sebelum menstruasi ketika kadar hormon dalam tubuh wanita tidak stabil.
  • Stres kronis (jangka panjang) juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini. Selain itu, stres jangka pendek, seperti stres kerja, atau akibat peristiwa tertentu dapat memicu terjadinya kekambuhan nyeri pada penderita fibromyalgia.

Diagnosis

Terkadang pelayanan kesehatan mengalami kesulitan dalam mendiagnosa fibromyalgia. Hal ini disebabkan karena tidak adanya tes atau pemeriksaan tunggal yang tersedia untuk penyakit ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun biasanya, jika dokter mencurigai seseorang memiliki fibromyalgia, dokter akan melakukan tes darah dan rontgen untuk mencari kemungkinan penyebab nyeri otot dan tulang.

Pengobatan

Sampai saat ini masih belum ada obat untuk fibromyalgia. Namun kebanyakan orang dengan penyakit ini dapat meringankan rasa sakit mereka dengan perawatan yang tepat.

Anda dapat melakukan olahraga secara teratur untuk mengurangi rasa sakit dan kelelahan. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Meskipun begitu, olahraga perlu dilakukan secara bertahap. Selain olahraga, istirahat yang cukup juga penting. Anda dapat menyisihkan waktu tidur yang lebih lama, dan mengurangi konsumsi kopi dan teh.

Menurut Mayo Clinic, kandungan Acetaminophen, Ibuprofen, dan Naproxen Sodium dapat membantu meringankan rasa sakit akibat fibromyalgia. Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk menentukan obat apa yang dapat meringankan rasa nyeri yang Anda alami.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Perhatikan gejala yang Anda rasakan. Jika Anda mengalami gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi seputar fibromyalgia. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk pasien penderita fibromyalgia hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman