fbpx
BerandaHidup Sehat6 Penyakit yang Dapat Ditularkan Melalui Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk memang sangat mengganggu. Biasanya akan semakin sering terjadi ketika musim hujan telah tiba. Karena pada musim hujan biasanya akan banyak air tergenang yang menjadi tempat perkembang biakkan nyamuk.

6 Penyakit yang Dapat Ditularkan Melalui Gigitan Nyamuk

Selain mengganggu, gigitan nyamuk juga dapat mengakibatkan beberapa penyakit. Penyakit apa sajakah itu? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat untuk Anda berikut ini.

Penyakit yang Dapat Terjadi Akibat Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk dapat menimbulkan beberapa penyakit. Meskipun begitu, kebanyakan penyakit yang ditimbulkan bukan berasal dari nyamuk itu sendiri secara alami. Melainkan terdapat parasit atau virus yang terkandung dalam tubuh nyamuk, sehingga dapat menular pada manusia melalui gigitan nyamuk. Anda juga bisa mencegah gigitan nyamuk dengan Caladine Mosquito Repellent (mulai dari 30ribu)

Caladine Mosquito Repellent adalah obat anti nyamuk. Berfungsi sebagai anti alergi, antiseptik, penyejuk kulit. Produk ini efektif memberikan perlindungan selama 10 jam terhadap nyamuk :
* Aedes aegypti penyebab demam berdarah.
* Anopheles sp penyebab malaria.
* Elephantiasis penyebab kaki gajah.

Berikut beberapa penyakit yang dapat terjadi akibat gigitan nyamuk.

Malaria

Malaria merupakan penyakit yang sangat serius dan disebabkan oleh parasit. Malaria ditularkan oleh gigitan nyamuk yang di dalam tubuhnya mengandung parasit (infektif). Malaria sangat berbahaya karena telah menyebabkan banyak kematian di berbagai negara. Gejala malaria umumnya berupa menggigil, timbul gejala seperti flu, demam, muntah, diare, dan penyakit kuning.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Salah satu obatnya adalah Tablet Kina (mulai dari 20ribu). Kina Tablet dikenal secara turun temurun digunakan sebagai antimalaria dan pereda demam, terutama demam yang disebabkan oleh malaria.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Penyakit ini ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk infektif (nyamuk mengandung virus dalam tubuhnya). Nyamuk yang biasanya menjadi pembawa virus dengue adalah nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Demam berdarah dapat menjadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Filariasis

Filariasis atau penyakit kaki gajah adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing mikroskopis. Terdapat tiga spesies cacing filaria yang menyebabkan filariasis limfatik pada manusia, namun umumnya filariasis disebabkan oleh Wuchereria bancrofti.

Infeksi filariasis menular melalui gigitan nyamuk. Cacing dewasa biasanya hidup pada kelenjar getah bening manusia. Ketika nyamuk menggigit  orang yang terinfeksi, parasit akan hidup di dalam tubuh nyamuk dan dapat menginfeksi orang yang sehat jika nyamuk yang terinfeksi menggigit orang sehat.

Demam Kuning

Demam kuning merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk. Pada demam kuning, setelah masa inkubasi pasien akan mengalami fase akut. Pada fase akut sebagian besar pasien akan sembuh, namun pada beberapa kasus pasien akan masuk ke fase toxic atau keracunan.:

  • Fase Akut: sakit kepala, nyeri otot dan persendian, demam, kemerahan, kehilangan nafsu makan, muntah, dan penyakit kuning adalah hal biasa. Gejala dapat hilang dalam jangka waktu singkat setelah sekitar 3-4 hari.
  • Fase Toxic: masalah yang terjadi pada beberapa organ dapat terjadi, termasuk jantung, hati, dan ginjal. Selain itu dapat terjadi pendarahan, kejang, koma, dan delirium.

Chikungunya

Penyakit chikungunya merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Gejala biasanya mulai 3-7 hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gejala yang paling umum adalah demam dan nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan sendi, atau ruam.

Penyakit chikungunya jarang mengakibatkan kematian, tetapi gejalanya dapat menjadi parah dan melumpuhkan. Pada banyak kasus biasanya pasien akan merasa lebih baik dalam waktu seminggu. Namun pada beberapa kasus, nyeri sendi dapat berlangsung selama berbulan-bulan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Orang yang berisiko mengalami chikungunya dengan kondisi yang lebih parah antara lain bayi baru lahir yang terinfeksi pada waktu kelahiran, orang dewasa dengan usia ≥65 tahun, dan orang dengan kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung.

Namun setelah seseorang terinfeksi chikungunya, umumnya orang tersebut berkemungkinan memiliki daya tahan tubuh atau kebal terhadap chikungunya.

Zika

Zika adalah virus yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi oleh virus zika. Gejala penyakit ini meliputi demam, nyeri sendi, ruam, dan mata merah (konjungtivitis). Terinfeksi zika pada masa kehamilan dapat menyebabkan kelainan pada bayi (microcephaly), keguguran, kematian janin, dan cacat lainnya pada janin atau bayi. Sama seperti penyakit lainnya, penyakit ini dapat menyebar pada manusia melalui gigitan nyamuk.

Nyamuk yang menularkan penyakit zika adalah jenis yang sama yang menyebarkan demam berdarah dan virus chikungunya. Nyamuk ini biasanya keluar untuk makan pada siang hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain melalui gigitan nyamuk, zika juga dapat ditularkan dari seorang ibu ke bayinya dan menular melalui hubungan seks.

Orang yang terinfeksi penyakit zika dapat menyebarkan penyakit ini ke pasangan seks mereka meskipun gejala belum timbul.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah informasi mengenai penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk. Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan konsultasi gratis dan tebus resep obat tanpa antri.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman