fbpx
BerandaHidup SehatSelamat Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran! Kenali Bagian-Bagian Telinga dan Cara Merawatnya

Tepat pada tanggal 3 Maret, Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran (HKTP) diperingati oleh seluruh dunia dan juga secara nasional. Hari Kesehatan Telinga Internasional atau International Ear Care Day berawal dari Konferensi Internasional pertama tentang Pencegahan dan Rehabilitasi Gangguan Pendengaran yang diselenggarakan oleh China Rehabilitation Research Center for Deaf Children (CRRCDC) di Beijing pada tahun 2007.

hari kesehatan telinga, cara merawat telinga

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran (HKTP), Lifepack ingin mengajak Anda untuk mengenal bagian-bagian telinga dan cara merawatnya agar telinga terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit. Apa saja bagian-bagian telinga dan bagaimana cara merawatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Bagian-Bagian Telinga

1. Telinga Bagian Luar

Telinga bagian luar adalah bagian telinga yang dapat Anda lihat secara fisik. Bagian telinga luar terdiri dari daun telinga (pinna) dan lubang telinga. Pinna atau daun telinga berfungsi untuk memusatkan gelombang suara yang masuk ke bagian saluran telinga. Sedangkan pada lubang telinga terdapat lapisan lilin yang mencegah masuknya air, lilin ini berfungsi untuk merekatkan kotoran atau serangga yang dapat masuk ke dalam telinga.

2. Telinga Bagian Tengah

Telinga bagian tengah terdiri dari lorong yang mana terdapat tiga tulang, yaitu tulang martil (malleus), tulang landasan (incus), dan tulang sangurdi (stapes). Tulang-tulang ini terhubung dengan saluran eustachius yang berperan menyalurkan lendir dari telinga bagian tengah serta menjaga tekanan pada telinga bagian tengah. Selain itu pada telinga bagian tengah juga terdapat gendang telinga yang berfungsi penagkap getaran saat terjadi bunyi.

3. Telinga Bagian Dalam

Telinga bagian dalam terdiri dari kolea. Koklea memegang peranan yang sangat penting dalam fungsi pendengaran. Koklea berbentuk seperti rumah siput yang di dalamnya terdapat dua jenis cairan, yaitu endolymph dan perilymph. Kemudian koklea dikelilingi oleh rambut halus yang berfungsi mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik di saraf pendengaran yang akan dikirimkan ke otak dan diterjemahkan oleh otak.

Cara Merawat Telinga

Telinga adalah salah satu organ yang sering kita lupakan kesehatannya. Padahal organ ini memiliki peran yang sangat penting. Lalu bagaimana cara merawat telinga yang bail? Ini penjelasannya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Hentikan Kebiasaan Mengorek Telinga

Mengorek telinga menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Biasanya orang akan mengorek telinga ketika merasa telinga kotor atau perlu dibersihkan. Namun cara ini salah dan justru malah membahayakan telinga. Jika Lifemates membersihkan telinga dengan cotton bud, justru Anda hanya akan mendorong kotoran telinga jauh ke bagian dalam telinga. Jika hal ini terus dilakukan, penumpukan kotoran di dalam telinga bisa terjadi. Hal ini dapat mengganggu pendengaran Anda bahkan dapat menimbulkan infeksi. Jika Anda merasa telinga kotor, pergilah ke dokter THT untuk melakukan pembersihan telinga secara rutin.

2. Hindari Mendengar Suara yang Terlalu Keras

Jika Anda sangat suka mendengarkan musik menggunakan earphone secara terus menerus atau menonton festival musik, hal ini dapat berpengaruh terhadap fungsi pendengaran. Berikanlah waktu istirahat pada telinga. Karena suara yang terlalu keras dapat merusak telinga.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kemudian jika Anda adalah orang yang bekerja di bidang konstruksi atau hal-hal yang berkaitan dengan bising, gunakan APD khusus untuk telinga seperti earplug untuk mencegah terjadinya kerusakan telinga jangka panjang.

3. Pastikan Telinga Selalu dalam Kondisi Kering

Mengapa telinga harus selalu dalam keadaan kering? Karena pada kondisi telinga yang basah atau lembab dapat membuat telinga mudah terserang infeksi bakteri maupun jamur. Jika Anda suka berenang, usahakanlah menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga.

4. Periksa Telinga Secara Rutin ke Dokter THT

Mungkin banyak dari kita yang masih kurang peduli dengan organ pendengaran. Padahal fungsinya sangat penting. Untuk merawatnya, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan telinga ke dokter THT secara rutin. Selain untuk merawat telinga, Anda juga dapat mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.

Jika Anda mengalami infeksi, Anda dapat menggunakan obat tetes telinga seperti Akilen Ear Drops 5 ml – 1 botol – Obat Tetes Telinga 5ml (Rp113.200) atau FORUMEN EAR DROP 10 ML – Cairan Pembersih Telinga (Rp46.700) untuk mengatasinya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah informasi mengenai bagian-bagian telinga dan cara merawat telinga. Semoga bermanfaat!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ditulis oleh : Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman