fbpx
BerandaHidup Sehat4 Penyakit Pada Telinga Yang Perlu Anda Ketahui

3 Maret merupakan Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran yang diperingati secara nasional maupun internasional. Oleh karena itu Lifepack ingin mengucapkan selamat Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran. Yuk mulai rawat dan jaga kesehatan telinga agar tetap sehat. Bertepatan dengan hari ini, Lifepack juga ingin memberikan informasi mengenai penyakit-penyakit yang sering terjadi pada telinga agar Lifemates semakin peduli dengan kesehatan telinga. Apa saja sih? Yuk simak penjelasan lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

penyakit pada telinga

Macam-Macam Penyakit Pada Telinga

Telinga adalah salah satu alat indera yang memiliki peran penting bagi manusia. Dengan telinga, kita jadi dapat mendengar berbagai macam bunyi dan suara orang-orang yang kita cintai. Namun tak jarang kita sering melupakan kesehatan alat indera yang satu ini. Padahal telinga juga perlu diperhatikan dan dirawat loh agar tetap sehat. Penyakit pada telinga dapat dialami oleh siapapun, mulai dari yang muda hingga yang tua. Tentu banyak dari Lifemates penasaran, penyakit apa saja sih yang dapat menyerang telinga? Ini dia penjelasannya.

1. Gendang Telinga Pecah

Gendang telinga pecah memang bukanlah suatu penyakit, namun gangguan ini sering terjadi. Gangguan ini diakibatkan oleh beberapa kondisi seperti :

  • Infeksi telinga tengah
  • Otitis media parah
  • Telinga bagian dalam tertusuk benda seperti mengorek telinga terlalu dalam dengan cotton bud
  • Suara yang terlalu keras seperti suara akibat ledakan
  • Cedera kepala
  • Perubahan tekanan udara secara mendadak seperti pada saat di pesawat atau saat menyelam

2. Otitis Media

Otitis media adalah infeksi telinga pada bagian tengah yang umumnya disebabkan oleh virus dan bakteri. Infeksi ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Biasanya infeksi ini terjadi ketika dinding pada saluran tuba eustachius mengalami peradangan akibat infeksi, alergi, flu, atau infeksi pada hidung sehingga menyebabkan saluran eustachius tersumbat dan mengalami infeksi. Gejala yang umumnya terjadi pada infeksi ini adalah rasa sakit pada telinga, keluar cairan dari telinga, hingga menurunnya kemampuan mendengar.

3. Otitis Interna

Otitis interna atau yang juga dikenal dengan labrinitis adalah infeksi telinga bagian dalam (labirin membran). Umumnya penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Otitis interna merupakan infeksi lanjutan atau komplikasi dari otitis media yang parah. Infeksi ini dapat mengganggu fungsi pendengaran jika tidak segera diobati. Beberapa gejala yang terjadi pada infeksi ini, yaitu pusing, kehilangan keseimbangan, telinga berdenging, rasa sakit pada telinga bagian dalam, muntah, bahkan sampai kehilangan pendengaran.

4. Otitis Eksterna

Selain otitis interna, terdapat juga otitis eksterna. Namun gangguan yang satu ini berbeda dengan otitis interna loh! Otitis eksterna sering disebut juga dengan swimmer’s ear. Infeksi ini terjadi pada saluran telinga luar yang menjalar dari gendang telinga hingga saluran bagian luar telinga. Infeksi ini menyebabkan peradangan berupa pembengkakan, warna kemerahan, dan rasa nyeri pada bagian saluran telinga luar. Infeksi ini bisa menyerang salah satu atau kedua telinga.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Otitis eksterna disebabkan oleh bakteri, namun terkadang juga disebabkan oleh iritasi, jamur, dan alergi. Jika Anda mengalami infeksi yang satu ini, gejala yang mungkin timbul berupa rasa sakit pada saluran telinga, keluar cairan dari dalam telinga, pembengkakan dan warna kemerahan pada saluran telinga, dan kulit saluran telinga yang mengering. dr. Irma Lidia dari Tim Dokter Lifepack menyebutkan bahwa Anda perlu menghindari membersihkan telinga terlalu sering, terlalu keras yang mungkin menggores dalam telinga yang justru dapat mempermudah terinfeksi. Konsultasikan ke dokter bila mengalami keluhan-keluhan seperti  sakit pada telinga, gatal di liang telinga, bengkak, merah di telinga, demam untuk mendapatkan terapi yang sesuai

Irma Lidia, Dokter Tim Lifepack, mengatakan, “Hindari membersihkan telinga terlalu sering, terlalu keras yang mungkin menggores dalam telinga yg malah mempermudah terinfeksi. Konsuktasikan ke dokter bila mengalami keluhan-keluhan, seperti sakit pada telinga, gatal di liang telinga, bengkak, merah di telinga, demam, untuk mendapatkan terapi yang sesuai.”

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Mastoiditis

Mastoiditis adalah infeksi pada telinga yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini cukup serius karena menyerang tulang mastoid yang terletak di belakang telinga. Biasanya infeksi mastoiditis muncul ketika sel mastoid terinfeksi. Jika sel mastoid terinfeksi, akan terjadi peradangan. Penyakit mastoiditis umumnya lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa. Gejala yang sering muncul pada penyakit ini, yaitu rasa sakit, warna kemerahan, dan pembengkakan pada bagian belakang telinga, keluar cairan dari dalam telinga, sakit kepala, hingga menurunnya kemampuan mendengar. Anda dapat mengatasi infeksi bakteri ini dengan Colme Ear Drop 8 ml – 1 botol – Tetes telinga Colme (Rp72.900).

Itulah informasi mengenai penyakit dan gangguan yang sering sekali terjadi pada telinga. Yuk mulai rawat kesehatan telinga agar telinga tetap berfungsi dengan baik. Anda memiliki keluhan pada telinga Anda? Konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi Lifepack yang dapat Anda unduh di Google Play Store dan App Store. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh : Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

manfaat kiranti

Manfaat Kiranti dan Beragam Variannya

Hidup Sehat   05/04/2022
rekomendasi kalkulator kesehatan mental

3 Rekomendasi Kalkulator Kesehatan Mental

Hidup Sehat   05/04/2022
cara mengobati radang tenggorokan

10 Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Sulit Sembuh

Hidup Sehat   04/04/2022
manfaat minum susu saat puasa

8 Manfaat Minum Susu Ketika Puasa

Ibu dan Anak   31/03/2022
merokok saat puasa

Jelang Bulan Ramadhan, Ini 10 Cara Meninggalkan Kebiasaan Merokok Saat Puasa

Hidup Sehat   31/03/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman