fbpx
BerandaTelemedikSeberapa Pentingkah Vaksin COVID-19?

Sampai saat ini, pandemi COVID-19, masih belum berakhir. Kasus penularan COVID-19 masih terjadi hingga saat ini. Namun, kabar baik bagi kita semua bahwa vaksinasi COVID-19 kini sudah mulai dilakukan, termasuk di Indonesia. Saat ini vaksin COVID-19 masih dalam proses pelaksanaan dan distribusi ke seluruh penjuru Indonesia, agar seluruh masyarakat bisa mendapatkannya. 

covid-19 vaksin

Tentu Anda penasaran bukan, seberapa penting vaksin COVID-19 ini? Tenang! Lifepack akan membagikan informasi lengkapnya tentang betapa pentingnya vaksin, syarat penerima vaksin dan periode vaksinasi di Indonesia lewat ulasan berikut ini.

Seberapa Pentingkah Vaksin COVID-19?

Seperti yang kita ketahui bersama, COVID-19 telah menjadi pandemi di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri pandemi COVID-19 telah berlangsung hampir sebelas bulan lamanya. Jumlah kasus positif dan kematian yang terus meningkat kini membawa Indonesia masuk ke dalam 5 besar negara dengan jumlah kasus positif COVID-19 tertinggi di Asia.

covid-19 vaksin
Kasus penularan COVID-19 masih terjadi. Namun, kabar baik bagi kita semua bahwa vaksin COVID-19 kini sudah mulai dilakukan di Indonesia.

Vaksinasi mengandung patogen penyebab penyakit namun telah dimatikan atau dilemahkan, sehingga vaksin tidak berbahaya bagi tubuh, melainkan dapat membentuk antibodi yang dapat melindungi Anda jika virus penyakit yang sama datang di masa mendatang. Misalnya, vaksin difteri yang diberikan kepada seseorang yang belum pernah melakukan vaksinasi ini. Patogen penyebab difteri dalam vaksin yang telah dimatikan atau dilemahkan dalam vaksin akan menstimulasi tubuh untuk membentuk antibodi terhadap bakteri Corynebacterium (bakteri penyebab difteri). Sehingga jika suatu saat orang tersebut terinfeksi, tubuhnya sudah memiliki antibodi untuk melawan patogen penyebab difteri di dalam tubuh.

Menurut CDC, mencegah penularan COVID-19 tidak cukup hanya dengan menggunakan masker. Masker hanya mengurangi kemungkinan Anda untuk terpapar virus atau menyebarkan virus ke orang lain. Namun dengan vaksin, Anda dapat membentuk kekebalan tubuh Anda agar siap melawan virus saat terinfeksi. Dengan ini, maka tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi, dan pandemi dapat segera berakhir. Anda juga bisa Osfit Platinum – Suplementasi Multivitamin dan Mineral (Rp241.800) untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Syarat Menerima Vaksin

Meski vaksin dapat sangat membantu dalam melawan infeksi, namun nyatanya tidak semua orang bisa mendapatkan vaksin COVID-19 loh! Terdapat beberapa persyaratan kesehatan yang perlu Anda penuhi untuk mendapatkan vaksin ini. Apa saja?

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Syarat vaksin COVID-19 yang pertama adalah lolos tahap skrining kesehatan yang akan dilakukan sebelum Anda menerima vaksin. Anda akan lolos skrining jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan tertentu seperti :

  • Pernah menderita COVID-19
  • Sedang mengalami gejala infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) seperti hidung tersumbat, batuk, atau sesak napas dalam 7 hari terakhir
  • Sedang menjalani terapi aktif jangka panjang
  • Memiliki riwayat penyakit jantung, penyakit autoimun, gagal ginjal kronis, hipertensi, diabetes melitus, penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroid, kanker, kelainan darah, defisiensi imun, penyakit paru, dan HIV
  • Sedang menjalani terapi hemodialisis, dialisis peritoneal, transplantasi ginjal, atau penggunaan obat-obatan kortikosteroid
  1. Tidak dalam keadaan hamil atau menyusui
  2. Tidak ada riwayat kontak erat dengan penderita COVID-19
  3. Suhu tubuh tinggi ≥ 37,5°C

Kapan Periode Vaksin COVID-19?

Bagi Anda yang belum mengetahui kapan periode vaksin COVID-19 akan berlangsung, sebenarnya proses vaksinasi sedang berlangsung. Namun periode vaksinasi terbagi menjadi beberapa periode yang disesuaikan dengan kelompok prioritas, yaitu :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Periode 1 (Januari – April 2021)

Pada periode 1, vaksinasi COVID-19 yang diberikan pertama kali diprioritaskan pada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang di fasilitas kesehatan, dan mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran di fasilitas kesehatan.

2. Periode 2 (Januari-April 2021)

Pada periode ke-2, vaksinasi COVID-19 yang diprioritaskan adalah petugas layanan publik seperti TNI/POLRI, petugas bandara/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, perusahaan daerah air minum, dan petugas pemberi layanan publik lainnya, serta orang-orang yang telah memasuki usia lanjut ≥ 60 tahun.

3. Periode 3 (April 2021-Maret 2022)

Sasaran vaksinasi pada periode ke-3 adalah orang-orang yang masuk ke dalam kelompok rentan dari segi geospasial, sosial, dan ekonominya.

4. Periode 4 (April 2021- Maret 2022)

Pada periode 4, sasaran vaksinasi COVID-19 ditujukan pada masyarakat dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin. dr. Irma Lidia dari Tim Dokter Lifepack menyebutkan bahwa vaksin covid-19 akan diberikan dua dosis dengan rentang waktu tertentu (tergantung jenis vaksinnya), patuhi dua dosis tersebut untuk mendapatkan level proteksi yang diharapkan,  meski sudah mendapatkan vaksin sebaiknya tetap melakukan protokol kesehatan karena dibutuhkan waktu untuk terbentuknya antibodi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah informasi mengenai alasan pentingnya vaksin COVID-19, syarat penerimaan vaksin, dan periode vaksinasi di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ditulis oleh : Nada Karisma

Referensi :

Centers for Disease Control and Prevention. 2021. Benefits of Getting Vaccinated. Diakses pada 2021.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022
apotek lifepack

Apotek Lifepack Hadir Secara Offline untuk Layanan Lengkap dan Tepat

Telemedik   31/05/2022
apotek murah di surabaya

Daftar Apotek Murah di Surabaya

Telemedik   29/05/2022
informasi apotek lifepack

Informasi Apotek Lifepack: Keunggulan Apotek Lifepack

Telemedik   28/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman