fbpx
BerandaJantungValentine dan cokelat, Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung

Hampir seluruh penjuru dunia memperingati hari valentine sebagai hari kasih sayang. Oleh karena itu, tidak jarang banyak sekali orang yang memperingati hari ini dengan memberikan hadiah untuk orang-orang terkasih. Salah satu hadiah yang paling sering diberikan di hari valentine adalah cokelat. Banyak orang berpikir cokelat adalah makanan yang dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya. Tapi tahukah Anda bahwa cokelat ternyata juga baik bagi kesehatan jantung? Apa alasannya? Lalu bagaimana tetap sehat meski merayakan valentine? Yuk simak ulasan mengenai manfaat cokelat bagi jantung dan tips merayakan valentine dengan sehat ini!

cokelat valentine

Mengapa cokelat Baik Bagi Kesehatan Jantung?

Setiap tahunnya banyak sekali orang yang menghadiahkan cokelat sebagai kado valentine untuk orang-orang terkasihnya. Kebanyakan pilihan jenis cokelat saat valentine di antaranya adalah cokelat susu, cokelat hitam, atau cokelat putih. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa cokelat hitam sangat baik bagi kesehatan? Ya, menurut US Department of Agriculture, sebatang cokelat hitam atau dark chocolate mengandung sekitar 600 kalori dengan 24 gram gula. Sedangkan pada cokelat susu mengandung jumlah kalori yang sama namun dengan gula yang jumlahnya hampir dua kali lipat dibandingkan cokelat hitam. Semakin gelap cokelat maka akan semakin banyak manfaat yang dibawanya untuk tubuh. Kegelapan cokelat ditentukan oleh proporsi padatan kakao yang terbuat dari biji kakao yang dicampur dengan mentega kakao dan gula. Sedangkan pada cokelat putih hanya mengandung mentega kakao yang dikombinasikan dengan gula dan bahan lainnya tanpa padatan kakao.

cokelat valentine
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa cokelat valentine varian cokelat hitam sangat baik bagi kesehatan? Simak penjelasan lebih lengkapnya.

cokelat mengandung flavanol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. cokelat hitam lebih banyak mengandung flavanol dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya, oleh karena itu cokelat hitam merupakan cokelat yang paling baik bagi kesehatan. Selain itu pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Lee, et al., menyatakan bahwa terdapat konsumsi kacang almond yang terdapat pada cokelat hitam dan cocoa membantu menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein).

cokelat juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah atau meredakan inflamasi serta melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu cokelat juga dapat membantu memproses oksida nitrat yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, dan membuat trombosit darah tidak terlalu lengket, yang mana jika trombosit darah membentuk gumpalan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Tentunya, konsumsi coklat yang berlebihan juga tidak baik. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk menyehatkan jantung dengan konsumsi suplemen seperti Sea Quill Z3 Omega 3 – 50 kapsul – Suplemen Kesehatan Jantung (Rp1.112.600).

Tips Valentine Sehat

Meski cokelat sangat baik bagi kesehatan, penting untuk diingat bahwa cokelat yang paling baik adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Pastikan Anda tidak mengonsumsi cokelat terlalu banyak karena kandungan gula di dalamnya, terutama pada cokelat susu dan cokelat putih yang cukup tinggi. Selain memberikan cokelat, Anda dapat tetap menciptakan valentine romantis namun sehat loh dengan orang-orang tersayang. Apa saja tipsnya?

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Memasak Makanan di Rumah

Ya, memasak makanan di rumah dapat menjadi solusi sebagai kegiatan valentine bersama orang-orang terkasih. Dengan memasak di rumah, Anda dapat memastikan bahwa bahan yang digunakan untuk makanan aman dan bersih sehingga sehat ketika dikonsumsi oleh orang-orang tersayang.

2. Ganti cokelat dan Permen Menjadi Hadiah yang Lebih Sehat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meski cokelat baik bagi kesehatan namun terdapat beberapa jenis cokelat yang mengandung tinggi gula. Begitu juga dengan permen yang mengandung tinggi gula. Anda dapat mengganti hadiah valentine untuk orang-orang terkasih menjadi hadiah yang lebih sehat seperti memberikan vitamin, buah, atau membuatkan makanan sehat untuk si tersayang.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Selain cokelat dan permen, saat valentine biasanya dirayakan dengan berbagai makanan dan minuman manis yang terhidang untuk mengungkapkan rasa sayang. Namun konsumsi makanan manis berlebihan ternyata tidak baik bagi tubuh. Banyak sekali dampak buruk yang dapat ditimbulkan konsumsi makanan manis berlebih seperti meningkatnya berat badan berlebih (obesitas), merusak gigi, hingga diabetes melitus pada jangka panjang.

Itulah informasi mengenai valentine dan cokelat yang baik bagi kesehatan jantung dan tips merayakan valentine dengan sehat. Semoga bermanfaat!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh : Nada Karisma

Jaminan Lifepack untuk Anda

Referensi :

American Heart Association. 2019. Are there health benefits from chocolate?. Diakses pada 2021.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lee, Yujin, et. al. 2017. Effects of Darck Chocolate and Almonds on Cardiovascular Risk Factors in Overweight and Obese Individuals: A Randomized Controlled-Feeding Trial. Diakses pada 2021.

S.C. Department of Health and Environmental Control (DHEC), 2017. Make this Valentine’s Day Heart-Healthy. Diakses pada 2021.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

order-obat-jantung-online

Keuntungan Order Obat Jantung Online Lewat Aplikasi

Jantung   25/04/2021
dokter-jantung-terbaik-di-jakarta

Daftar Dokter Jantung Terbaik di Jakarta

Dokter   24/04/2021
penyakit-jantung

Aturan Aman Berpuasa bagi Penderita Penyakit Jantung

Hidup Sehat   14/04/2021
Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Pasien Gagal Jantung

Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Pasien Gagal Jantung

Jantung   14/12/2020
pantangan-makanan-penyakit-jantung

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penyakit Jantung

Jantung   14/10/2020

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman