fbpx
BerandaHidup SehatSariawan di Gusi: Gejala dan Cara Mencegahnya

Sariawan di gusi adalah penyakit sariawan yang bisa membuat gusi perih. Maka dari itu penyakit ini harus dicegah secepatnya bahkan sebelum gejala penyakit sudah datang. Apalagi efeknya juga bisa menurunkan selera makan. 

Sariawan di Gusi: Gejala dan Cara Mencegahnya

Karena alasan di atas maka akan dijelaskan apa itu penyakit sariawan gusi. Ulasan juga diarahkan pada gejala-gejala yang dimunculkannya. Sedangkan di akhir nanti akan diberikan list cara pencegahannya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Penyakit Sariawan di Gusi

Penyakit sariawan dapat juga menyerang gusi. Bentuknya inflamasi kecil yang di permukaannya dikelilingi oleh bercak berwarna putih. Bahkan terlihat jelas sedikit ada luka di sana. 

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk. Setelah itu kuman atau bakteri yang ada di dalamnya berhasil melukai mukosa atau jaringan lunak di sekitar gusi. Maka timbullah penyakit sariawan yang luar biasa menyakitkan. 

Jika sariawan gusi terjadi tentu penderitanya malas untuk makan. Sebab gusi sudah tidak bisa digunakan untuk mengunyah. Sedangkan kalau dipaksakan rasa sakitnya sungguh tiada tara. Karena itu penyakit ini ternyata bisa memicu gangguan nutrisi di dalam tubuh. 

Karena itu, sekalipun sariawan gusi bisa sembuh tanpa diobati lebih baik tetap lakukan pengobatan. Pasalnya sariawan yang dibiarkan, sembuhnya setelah 2-3 minggu. Apakah penderita sanggup menunggu waktu tersebut dengan risiko tubuh kekurangan vitamin?

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gejala Sariawan Gusi

Setelah mengetahui pengertian penyakit sariawan di gusi untuk selanjutnya akan dijelaskan tentang gejala-gejalanya. Silahkan jadikan ciri-ciri sariawan gusi sebagai dasar pencegahan penyakit sebelum bertambah parah. Berikut gejala yang dimaksud:

1. Lukanya Berbentuk Bulat Oval

Gejala yang pertama adalah lukanya berbentuk bulat dan oval. Ada bercak putih yang menyebar di sekitar luka dengan ukuran kecil dan hampir kasat mata. Biasanya gejala ini menyebar hampir di seluruh dasar gusi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Terkadang di sekitar luka terdapat tonjolan atau peradangan. Ini yang membuat gusi semakin nyeri. Jika gejala ini yang muncul segera lakukan tindakan medis agar gusi kembali bisa digunakan untuk mengunyah makanan. 

2. Gusi Terasa Gatal dan Panas

Gejala sariawan gusi yang kedua adalah gusi terasa gatal dan panas. Tanda-tanda ini yang menjadi alasan mengapa pasien selalu ingin menyentuh luka sariawan dengan menggunakan tangan. Padahal sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. 

Pasalnya tangan sendiri merupakan tempat berkembangbiaknya kuman. Maka dikhawatirkan jika menyentuh gusi yang terluka bakteri atau kumannya akan berpindah. Sehingga jangankan sembuh justru sariawan semakin parah karenanya. 

Selain terasa gatal dan panas, umumnya luka sariawan gusi juga mengalami pembengkakan. Sehingga membuat mulut menjadi tidak nyaman terutama ketika makan dan berbicara.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Mulut Cepat Kering

Orang yang mengalami sariawan gusi umumnya mulutnya cepat kering dibandingkan yang tidak mengalaminya. Hal ini dikarenakan oleh infeksi bakteri yang menghasilkan uap panas di sekitar mulut. 

Karena zat inilah mineral yang membasahi mulut terkikis habis. Sehingga pengeringannya lebih cepat. Yang ada pasien harus sering minum atau berkumur untuk mengembalikan kelembaban mulut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Mencegah Sariawan di Gusi

Jika melihat penuturan di atas sepertinya sariawan di gusi memang penyakit yang tidak boleh diremehkan. Bahkan pencegahannya harus dilakukan sejak dini sebelum penyakit parah. Berikut cara mencegah penyakit sariawan gusi:

1. Rajin Menyikat Gigi

Cara mencegah sariawan gusi yang pertama adalah rajin menyikat gigi. Minimal tiga kali sehari lebih banyak lagi jauh lebih bagus. Sebab kegiatan ini yang sejatinya bisa membunuh kuman dan bakteri dari sisa makanan yang menumpuk pada gusi. 

Jika gusi sudah bebas kuman dan bakteri tentu penyakit sariawan tidak akan menyerang. Karena sejatinya ini yang menjadi penyebab munculnya penyakit yang sangat menyakitkan tersebut. 

2. Berkumur Menggunakan Obat Kumur Anti Bakteri

Obat kumur atau mouthwash adalah produk anti bakteri yang bagus untuk cegah sariawan gusi. Caranya ialah berkumur dengan menggunakan produk ini beberapa saat setelah menggosok gigi.Anda juga dapat menggunakan obat kumur seperti Minosep 0.1% 150 ml (Rp78.000) yang dapat mecegah sariawan sekaligus bau mulut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kegiatan ini untuk menghilangkan sisa kuman yang tidak habis karena menggosok gigi. Sehingga kondisi gusi dan mulut secara umum lebih higienis, steril dan bersih. Jika ini yang terjadi tidak perlu khawatir dengan sariawan. 

3. Banyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran bagus untuk mencegah sariawan gusi dan di organ mulut lainnya. Karena sejatinya nutrisi di dalam makanan ini mampu meningkatkan imunitas agar tubuh memiliki kekebalan dari penyakit. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu, fitonutrien di dalam buah dan sayur juga ada yang bekerja sebagai antimikroba. Artinya segala macam kuman, bakteri dan jamur yang akan merusak sel pada gusi bisa dibunuh oleh zat ini. 

4. Hindari Makanan Penyebab Iritasi

Cara mencegah sariawan di gusi yang keempat adalah menghindari makanan penyebab iritasi. Misal makanan bersuhu terlalu ekstrem seperti terlalu panas, asin dan pedas. Ini juga berpotensi melukai gusi. 

Jika gusi sudah terluka tentu bakteri dan kuman leluasa melakukan serangan di sana. Ini yang menjadi cikal bakal munculnya sariawan gusi yang rasa nyerinya pasti membuat pasien terganggu. 

Penyakit sariawan di gusi harus dihindari secepatnya. Silakan gunakan cara pencegahan di atas dengan rutin. Jika pun sudah muncul gejala lebih baik obati secepatnya dengan obat sariawan yang tepat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter gratis dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman