fbpx

7 Jenis Kanker Tulang yang Perlu Anda Ketahui

Sep 15, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Jenis kanker tulang perlu diketahui dan diwaspadai karena bisa diderita oleh orang dewasa maupun anak-anak. Kanker tulang adalah kanker yang menyerang tulang dengan ditandai tumbuhnya tumor ganas atau sel kanker pada tulang mana pun dalam tubuh sehingga kondisinya tidak normal. Bagian tulang yang sering diserang adalah bagian lengan, tungkai, dan pinggul. 

Tanggal 1 April merupakan peringatan hari Kanker Tulang. Penderita kanker tulang termasuk langka hanya 1% dari keseluruhan kasus penderita kanker lainnya, sebab tumor yang terbentuk di tulang kebanyakan jenis jinak dibandingkan yang gannas. Sedangkan kanker tulang yang diderita oleh anak-anak hanya 3 % dari seluruh kasus kanker yang diderita oleh anak-anak. 

Secara umum kanker tulang ada 2, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah jenis kanker tulang yang muncul serta berkembang secara langsung dalam tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder disebut juga kanker metastasis karena gejala yang muncul akibat penyebaran dari kanker lain yang sudah diderita sebelumnya, seperti kanker payudara, kanker usus, atau kanker paru-paru yang menyebar ke tulang.

Hingga sekarang kanker tulang adalah penyakit yang belum diketahui penyebab pastinya. Akan tetapi, ada dugaan kondisi ini terjadi akibat perubahan atau mutasi pada struktur DNA yang memiliki fungsi untuk pengendali pertumbuhan sel. Jika terjadi pertumbuhan sel yang tidak terkendali sehingga menyebabkan penumpukan sel-sel maka, akan terjadi munculnya tumor yang menyerang struktur tulang terdekat. 

Spesifikasi Jenis Kanker Tulang

Jenis kanker tulang bisa dilihat dari gejala, risiko, dan kondisi tumor yang parah dari penderita. Berikut spesifikasi umum beberapa jenis kanker tulang, yaitu:

Osteosarcoma

Osteosarcoma merupakan kanker tulang primer yang sering muncul dan berkembang pada sel tulang panjang seperti lengan, tungkai, dan panggul. Diderita oleh anak-anak dan laki-laki usia antara 10 – 30 tahun. Jenis ini lebih banyak diderita oleh laki-laki dibandingkan wanita.

Termasuk dalam kanker tulang tumor ganas yang perkembangan dan penyebarannya sangat cepat menyerang ke bagian tubuh yang lainnya. 

Chondrosarcoma 

Jenis kanker tulang ini sel tulang muncul dan berkembang pada tulang rawan penghubung antar tulang atau pelapis tulang seperti area tulang lengan atas, rusuk, bahu, panggul, dan paha. Banyak diderita oleh wanita berusia di atas 40 tahun dan persentase pada wanita usia di bawah 20 tahun hanya 5 %. 

Sel kanker pada jenis kanker tulang ini tumbuh sangat agresif atau sangat lambat. Umumnya terbuat dari susunan tulang dan tulang rawan. Muncul dan berkembang pada tulang kaki atas (tibia), bahu, bagian pinggul, rusuk, belikat, dan pangkal paha (femur). 

Sarkoma Ewing atau Ewing Sarcoma Family of Tumors (ESFT)

Kanker tulang ini biasanya muncul pada tulang dan sangat jarang tumbuh pada jaringan lunak seperti otot, jaringan fibrosa, lemak, pembuluh darah, atau jaringan pendukung lainnya). 

Keadaan seperti ini biasanya terbentuk pada panggul, tulang rusuk, kaki, tapi bisa juga dalam tulang mana pun. Pertumbuhan tumor sangat cepat sehingga penyebarannya juga sangat cepat menyerang ke seluruh bagian tubuh, termasuk paru-paru.

Erwing Sarcoma merupakan jenis kanker tulang yang banyak diderita anak-anak dan remaja usia 10-20 tahun. Anak laki-laki lebih berisiko terkena dibandingkan anak perempuan. Pada umumnya kondisi ini terjadi pada orang berkulit putih dan jarang ditemukan pada orang berkulit hitam maupun orang Asia.

Chordoma

Pada umumnya jenis kanker tulang ini muncul dan tumbuh di dasar tulang tengkorak atau pada tulang belakang bagian bawah atau atas. Penyebarannya cenderung tumbuh perlahan dan  sering menyerang pria berusia 30 tahun ke atas. 

Fibrosarcoma

Jenis kanker tulang yang langka bersifat maligna dan berasal dari sel mesenkim. Terletak pada jaringan lunak dalam yang berbatasan dengan tulang. Kanker ini bisa timbul dan berkembang menjadi kanker primer dan sekunder. Kondisi ini dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Fibrosarcoma merupakan bentuk transformasi patologis dari sel fibroblast yang berbentuk spindle.

Tumor Sel Raksasa pada Tulang (Giant Cell Tumor)

Kanker tulang ini merupakan tumor yang bersifat jinak dan ganas sehingga perlu diwaspadai agar terdeteksi dengan cepat. Jenis kanker tulang ini muncul dan menyerang tulang lengan serta tulang tungkai dekat lutut. Pada kasus ini jarang terjadi penyebaran ke bagian tubuh lainnya. Namun, sering tumbuh kembali meskipun telah diangkat melalui operasi. 

Kista Tulang Aneurisma

Aneurisma adalah kelainan pada pembuluh darah pada sumsum tulang belakang dan ditemukan pada panggul, tulang lutut, dan tulang belakang yang memiliki potensi mengganggu perkembangan tulang. 

Dari beberapa jenis kanker tulang di atas agar cepat terdeteksi maka perlu memerhatikan faktor gejala, penyebab dan resiko, diagnosa, dan tindakan pengobatannya. Dengan terdeteksi sejak awal bisa mencegah kanker tulang lebih parah dan menyebar. Untuk itu sangat diperlukan perhatian terhadap kesehatan diri. 

Kini, tebus obat bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, apa lagi antri! Dengan mengunduh aplikasi Lifepack, Anda bisa tebus resep obat dari rumah dan melakukan konsultasi dengan dokter Lifepack. Unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store dan nikmati tebus obat mudah sekarang!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis