fbpx
BerandadirektoriObatMengenal Risperidone: Kegunaan, Dosis, dan Efek Sampingnya

Gangguan mental sama mencemaskannya dengan gangguan medis lain. Gangguan mental seperti skizofrenia dan gangguan bipolar bisa membuat penderitanya mengalami berbagai kondisi yang membuatnya merasa tidak nyaman dan bisa mengganggu kualitas kehidupannya. Bahkan, banyak pakar medis yang berpendapat jika kesehatan mental yang kurang baik akan membuat tubuh mudah terkena penyakit. 

risperidone

Walaupun terkesan parah, skizofrenia dan gangguan bipolar bisa diatasi gejalanya dengan menjalani terapi dan pengobatan. Obat yang mungkin diberikan dokter atau psikiater untuk gangguan mental terkait adalah Risperidone.

Informasi

Risperidone adalah obat yang termasuk dalam golongan obat antipsikotik yang bekerja dengan cara mengembalikan keseimbangan zat-zat alami di otak. Di pasaran, obat ini tersedia dalam bentuk suntik dan tablet. 

Dosis

Berikut beberapa dosis Risperidone yang umum diberikan pada pasien dengan berbagai penyakit.

Skizofrenia

Untuk mengatasi gangguan ini, dokter dapat memberikan Risperidone dalam bentuk tablet atau suntikan tergantung dari kebutuhan. Perlu diketahui jika pemberian Risperidone untuk pasien skizofrenia hanya bisa dilakukan pada pasien orang dewasa dan lanjut usia saja. 

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai penggunaan obat ini pada pasien di bawah umur atau ibu hamil dan menyusui.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk Risperidone suntik, dokter akan memberikan 12,5 – 50 mg Risperidone kepada pasien secara rutin setiap 2 minggu sekali. Risperidone disuntikan secara langsung pada otot pantat atau lengan bagian atas pasien. Hal ini juga berlaku untuk pasien lansia sehingga tidak perlu ada penyesuaian dosis.

Sedangkan untuk Risperidone tablet, pasien akan diberikan dosis awal sebesar 2 mg per hari yang kemudian ditingkatkan menjadi 4 mg per hari pada hari kedua. Risperidone bisa diberikan setiap sekali sehari atau dibagi menjadi 2 kali jadwal konsumsi jika diperlukan. Dosis perawatannya adalah 4-6 mg per hari dengan dosis maksimum sebesar 16 mg tiap hari.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Berbeda dengan pasien dewasa, pasien lansia akan diberikan dosis awal sebesar 0,5 mg yang akan diberikan tiap 2 kali sehari. Dosis tersebut bisa ditingkatkan menjadi 1-2 mg setiap 2 kali sehari secara bertahap.

Gangguan bipolar

Pada saat pasien mengalami periode maniak, Risperidone dalam bentuk tablet harus dikonsumsi secara rutin tiap hari. Pada pasien dewasa, dosis awal yang diberikan adalah sebesar 2 mg yang harus dikonsumsi tiap hari. Jika dirasa perlu, dokter bisa meningkatkan dosis Risperidone secara bertahap asalkan tidak melebihi dosis maksimal sebanyak 6 mg perhari.

Pada pasien lansia, dosis awal yang diberikan adalah 0,5 mg yang akan dikonsumsi tiap 2 kali sehari. Dosis Risperidone bisa ditingkatkan secara bertahap bila diperlukan menjadi 1-2 mg sehari yang harus dikonsumsi sebanyak 2 kali.

Alzheimer

Risperidone bisa digunakan untuk membantu mengatasi gejala-gejala penyakit alzheimer pada orang dewasa. Sediaan yang umumnya diberikan adalah yang berbentuk tablet.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dosis awal obat ini adalah 0,25 mg yang diberikan secara rutin setiap 2 kali sehari. Untuk dosis pemeliharaan, Risperidone diberikan dalam jumlah 0,5 mg yang diberikan tiap 2 kali sehari. Jika diperlukan, dokter akan meningkatkan dosisnya menjadi 1 mg yang harus dikonsumsi tiap 2 kali sehari. Penggunaan obat ini bagi pasien alzheimer pun dibatasi maksimal hingga 6 minggu saja.

Kontraindikasi

Terdapat beberapa kontraindikasi yang mungkin timbul dari penggunaan obat Risperidone ini, yaitu:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Interaksi dengan obat lain

Konsumsi Risperidone bersamaan dengan obat-obatan lain bisa berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan bagi pasien. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memberitahukan pada dokter obat apa saja yang tengah dikonsumsi baik itu obat resep dokter atau pun obat tanpa resep seperti suplemen kesehatan dan obat herbal.

Kelompok orang berisiko

Kelompok yang paling beresiko ketika mengkonsumsi obat ini adalah mereka yang memiliki hipersensitivitas terhadap Risperidone. Selain itu pasien yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular, hati, ginjal, ibu hamil dan menyusui juga cukup berisiko jika mengkonsumsi obat ini.  Oleh sebab itu, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter agar bisa dilakukan pengobatan yang sesuai.

Efek Samping

Tidak semua pasien mengalami efek samping akibat penggunaan Risperidone. Namun, efek samping yang paling sering ditemukan adalah insomnia, sakit kepala, gelisah, mual, muntah, pusing, mudah lelah dan sebagainya. Kebanyakan merupakan efek samping ringan yang mudah disembuhkan. Namun, jika Anda merasa efek tersebut semakin buruk maka segeralah menemui dokter Anda.

Cara Konsumsi

Risperidone termasuk obat keras sehingga Anda harus mengkonsumsinya berdasarkan petunjuk dokter. Jangan mengurangi atau melebihi dosis yang disarankan karena akan mempengaruhi proses penyembuhan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat ini bisa dikonsumsi baik sebelum atau setelah makan. Usahakan minum obat ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dokter. Selain itu, konsumsilah obat secara rutin dan teratur agar penyakit yang diderita cepat sembuh.

Demikian informasi seputar Risperidone. Karena tergolong ke dalam obat keras, Risperidone hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

antikoagulan pengencer darah

Antikoagulan Darah: Jenis, Manfaat dan Efek Samping

direktoriObat   18/01/2023
obat felodipine

Obat Felodipine: Mekanisme, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   07/12/2022
obat vytorin

Vytorin Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya!

direktoriObat   29/11/2022
obat ezetimibe

Ezetimibe obat apa? Cek Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

direktoriObat   29/11/2022
komunitas jantung sehat

Mengenal Jenis Obat Vasodilator: Cara Kerja, Daftar Obat, dan Efek Samping

direktoriObat   25/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman