fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh perempuan yang mengalami menopause adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang (Baca juga Bagaimana Cara Mengurangi Risiko Osteoporosis?). Secara Sederhana, osteoporosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penurunan kepadatan tulang. Pada bagian dalam tulang, terdapat bagian yang berongga kecil dan sangat banyak. Struktur itulah yang membuat tulang Anda kuat dan terasa ringan. Namun, pada penderita osteoporosis struktur tersebut memiliki rongga yang lebih besar sehingga mengurangi kekuatan tulang.

Jika dibiarkan tanpa penanganan, tulang akan semakin rapuh dan kehilangan kekuatannya. Dampaknya, Anda kemungkinan akan mudah mengalami patah tulang akibat trauma yang tidak terlalu parah. Pada penderita osteoporosis, patah tulang   sering terjadi pada bagian panggul, pergelangan tangan serta tulang belakang. 

Beberapa tulang seperti tulang panggul akan sangat sulit disembuhkan jika mengalami kerusakan sehingga Anda harus memperhatikan bagian ini baik-baik.  Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan obat yang mengandung Risedronate Sodium guna mengatasi osteoporosis pada perempuan yang telah mengalami menopause.

Informasi

Risedronate Sodium termasuk dalam golongan obat keras sehingga pemakaiannya harus diawasi oleh dokter ahli. Sama halnya jika Anda akan membeli Risedronate Sodium, Anda hanya bisa membelinya berdasarkan resep dokter.

Di pasaran, Risedronate Sodium terkenal dengan berbagai nama dagang. Jika Anda ingin membeli salah satunya maka tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi situs resmi dari BPOM. Di sana sudah tertera berbagai nama dagang dari Risedronate Sodium yang telah memiliki izin edar sehingga Anda tidak perlu khawatir membeli produk yang salah.

Harga tiap bungkusnya bisa di banderol hingga 800 ribu rupiah. Risedronate Sodium tersedia dalam bentuk tablet yang praktis diminum oleh pasien. Terdapat 2 jenis tablet yang beredar yaitu tablet yang mengandung 35 mg Risedronate Sodium tiap tabletnya atau yang mengandung 75 mg Risedronate Sodium tiap tabletnya.

Dosis

Karena termasuk obat keras, konsumsi Risedronate Sodium harus benar-benar diatur oleh dokter. Obat ini selain digunakan sebagai obat osteoporosis juga bisa digunakan untuk pengobatan penyakit tulang Paget namun juga dengan dosis yang berbeda. Berikut dosis penggunaan obat ini untuk beberapa penyakit.

Osteoporosis

Risedronate Sodium hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Untuk mengatasi osteoporosis, dosis obat yang diberikan biasanya adalah 5 mg tiap hari. Namun karena obat ini hanya tersedia dalam dosis 35 mg dan 75 mg maka biasanya obat ini hanya dikonsumsi seminggu atau sebulan sekali tergantung dari saran dokter. 

Pasien biasanya akan mengkonsumsi tablet Risedronate Sodium 35 mg sekali seminggu atau tablet Risedronate Sodium 75 mg selama 2 hari berturut-turut untuk satu bulan penuh secara berturut-turut atau 150 mg Risedronate Sodium untuk 1 bulan penuh.

Penyakit Tulang Paget

Risedronate Sodium juga bisa digunakan oleh pria yang mengalami osteoporosis. Biasanya dokter akan memberi dosis 30 mg untuk diminum sekali sehari selama 2 bulan berturut-turut. Bila perlu, pengobatan akan diulang setelah interval 2 bulan.

Kontraindikasi

risedronate-sodium

Interaksi dengan Obat Lain

Sama seperti obat-obatan keras lainnya, Anda harus memperhatikan pemakaian obat ini dengan baik terutama jika Anda juga mengonsumsi obat-obatan lainnya. hal ini untuk mencegah terjadinya interaksi obat antara Risedronate Sodium dengan obat-obatan yang Anda konsumsi karena berpotensi bisa mengakibatkan gangguan medis yang berbahaya bagi kesehatan Anda. 

Menurut beberapa sumber, Risedronate Sodium sebaiknya tidak digunakan bersama dengan obat yang mengandung kation seperti kalsium, magnesium, aluminium, besi dan antasida. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memberitahu dokter obat-obatan apa saja yang sedang digunakan baik itu obat resep dari dokter maupun obat tanpa resep seperti suplemen kesehatan dan lain-lain.

Kelompok Orang Berisiko

Kelompok orang yang rentan terhadap penggunaan obat ini biasanya adalah orang-orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap Risedronate Sodium. Selain itu, pasien yang mengalami penyakit seperti gangguan ginjal yang berat, wanita hamil dan ibu menyusui juga memiliki risiko cukup tinggi jika mengkonsumsi obat ini. Oleh sebab itu, Anda diharuskan untuk memberitahu dokter tentang penyakit lain yang Anda derita.

Efek Samping

Tidak semua pasien mengalami efek samping ketika mengkonsumsi obat ini. Namun, efek samping yang sering dialami oleh penggunanya antara lain sakit punggung, nyeri sendi atau nyeri otot, sakit kepala dan gangguan pencernaan. Efek samping tersebut tergolong ringan sehingga mudah disembuhkan tapi jika Anda mengalami gangguan lain yang lebih berat maka sebaiknya segera beritahu dokter.

Cara Konsumsi

Karena dikemas dalam bentuk tablet, Risedronate Sodium cukup praktis dikonsumsi. Obat ini sebaiknya diminum minimal 30 menit sebelum makan tepatnya diminum sebelum mengonsumsi obat pertama. Untuk meminumnya pun sebaiknya dilakukan saat pagi hari dengan bantuan air putih dan duduk dalam posisi tegak selama sekitar 30 menit. Usahakan Untuk langsung menelannya,jangan mengunyah ataupun menghancurkannya.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis