fbpx

Asam Retinoat (Retinoic Acid)

Okt 8, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf A | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Retinoic acid atau asam retinoat merupakan salah satu bahan untuk perawatan kecantikan yang memiliki vitamin A derivative. Vitamin ini memiliki manfaat yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah di wajah seperti menyembuhkan jerawat, menyamarkan bekas jerawat, menutup pori-pori, mengurangi garis tipis tanda penuaan, meningkatkan kolagen dan mempercepat sel kulit untuk meratakan warna serta menghaluskan kulit wajah. Vitamin asam retinoat atau disebut sebagai Retin-A ini dikenal mampu mengatasi masalah kulit dan telah disetujui oleh FDA Amerika sejak tahun 1971.

Informasi

Asam retinoat atau retinoic acid ini termasuk dalam jenis obat topikal yang tentunya hanya digunakan pada area luar tubuh yaitu kulit yang berjerawat. Penggunaan retinoic acid sebaiknya digunakan pada saat malam hari. Jika Anda menggunakan secara rutin dan teratur, maka hasil perawatan dari asam retinoat ini akan tampak setelah penggunaan selama 3 hingga 4 minggu. 

Retinoic acid ini memang memiliki efek penyembuhan yang terbilang lambat. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena prosesnya perawatan ini akan sebanding dengan hasil yang didapatkan. Oleh karena itu, perawatan menggunakan retinoic acid dibutuhkan kesabaran yang tinggi agar Anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk mendapatkan hasil yang baik tentunya Anda juga harus rutin membersihkan wajah dan konsumsi air putih yang cukup.

Dosis

retinoic-acid

Pemberian dosis pada asam retinoic acid berdasarkan pada kondisi kesehatan kulit dan respon pasien terhadap pengobatan. Dokter akan memberikan dosis yang tepat untuk mengatasi masalah kulit yang Anda alami.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Sebelum melakukan perawatan menggunakan retinoic acid, Anda perlu memberi tahu dokter jika sedang menggunakan obat-obatan lain termasuk obat herbal, vitamin dan suplemen

Penggunaan benzoil peroksida dan alpha hydroxy acid (AHA) akan menonaktifkan retinoid jika digunakan secara bersamaan. Anda tidak dianjurkan menggunakan retinoic acid bersamaan dengan asam glikolat atau vitamin C. Anda juga tidak disarankan menggunakan asam retinoat setelah melakukan scrubbing. 

Kelompok Orang Berisiko

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif maka tidak dianjurkan untuk menggunakan retinoic acid. Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan obat ini jika sedang dalam kondisi hamil dan menyusui. 

Efek Samping

Awal masa penggunaan retinoic acid, biasanya penderita akan mengalami efek samping samping seperti wajah memerah, gatal hingga kulit mengelupas. Pada beberapa kasus, efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat asam retinoat ini dapat menyebabkan kondisi jerawat semakin lebih parah. Zat yang terkandung pada asam retinoat ini memang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, kemerahan dan mengelupas. 

Untuk menghindari terjadinya gejala efek samping, Anda dapat mengaplikasikan obat ini sebanyak 2 kali sehari hingga kulit Anda terbiasa dengan perawatan dari asam retinoat. Namun, jika Anda tidak mengalami iritasi atau alergi, Anda dapat menggunakan obat ini sekali saja setiap malam selama 2 minggu hingga terlihat hasilnya. Selain melakukan perawatan dengan retinoic acid, Anda juga perlu rutin membersihkan wajah untuk menunjang proses penyembuhan. 

Cara Konsumsi

Cara penggunaan retinoic acid ini harus sesuai dengan instruksi yang tertera pada label kemasan. Asam retinoat biasanya digunakan pada saat malam hari tepatnya menjelang tidur karena zat ini akan lebih efektif digunakan pada malam hari. 

Vitamin ini tidak akan bekerja secara maksimal jika terkena paparan sinar matahari. Selama melakukan perawatan menggunakan retinoic acid, Anda harus menggunakan sunblock agar melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar UV yang dapat mengakibatkan kulit menjadi kemerahan (fotosensitif). 

Sebelum menggunakan retinoic acid, pastikan Anda mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu. Anda juga perlu membersihkan area wajah yang akan diobati. Penggunaan asam retinoat cukup dioleskan secara tipis dan merata pada area kulit wajah yang berjerawat. Selanjutnya cuci bersih kembali tangan Anda setelah menggunakan obat ini. Anda tidak dianjurkan menggunakan asam retinoat pada kondisi kulit yang lembab. Anda harus menunggu kulit hingga kering setidaknya selama 20 menit setelah mencuci wajah.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus menggunakan retinoic acid secara rutin dan teratur. Selama perawatan, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 9 sampai 12 minggu hingga kondisi kulit Anda pulih dan membaik. Perawatan kulit menggunakan asam retinoat memerlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan obat ini setiap harinya di waktu yang sama. 

Anda tidak diperbolehkan menggandakan atau mengurangi dosis yang tidak sesuai dengan aturan pakai kemasan. Penyalahgunaan retinoic acid yang terlalu banyak atau terlalu sering akan memberikan dampak buruk hingga menimbulkan berbagai efek samping. Penggunaan obat secara berlebih juga kan mengurangi efektivitas dari kerja retinoic acid. Anda harus segera menghentikan perawatan ini jika mengalami kondisi yang buruk dan tidak kunjung membaik. Konsultasikan dengan dokter permasalahan kulit Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis