fbpx

Mendalami Lebih Jauh Tentang Alergi dan Penyebabnya

Okt 8, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Apakah Anda pernah melihat alergi atau bahkan mengalami alergi? Mungkin bagi Anda yang pernah mengalami alergi sudah cukup kapok dan takut jika alergi ini dapat timbul lagi. Perlu Anda ingat, alergi adalah sebuah reaksi dimana sistem kekebalan tubuh Anda terhadap benda tertentu yang seharusnya tidak bisa menimbulkan reaksi apa pun di tubuh orang lain. Sehingga perlu diketahui apa penyebab alergi itu sendiri (Baca juga 5 Faktor Penyebab Munculnya Alergi yang Perlu Anda Waspadai).

Reaksi dari alergi tersebut dapat muncul dalam berbagai bentuk seperti pilek, munculnya ruam kulit yang gatal atau bahkan sampai sesak napas. Benda yang dapat memicu respon alergi pada tubuh sering dikenal dengan istilah alergen. Bagi kebanyakan orang, alergi mungkin tidak menimbulkan reaksi pada tubuh mereka. 

Namun, pada orang yang sudah jelas memiliki alergi terhadap alergen tersebut, maka sistem imunnya akan mengeluarkan reaksi tak biasa karena alergi itu dianggap berbahaya bagi tubuh. Bahkan, sel darah putih termasuk basofil juga merupakan salah satu komponen yang cukup berperan penting dalam memunculkan reaksi alergi pada tubuh.

Umumnya, reaksi alergi yang muncul pada tiap orang berbeda-beda. Tergantung dari reaksi alergi seperti ada yang ringan dan biasanya hanya muncul dengan bersin-bersin hingga reaksi yang berat seperti gatal yang luar biasa, bahkan sampai kematian. Reaksi alergi yang muncul pun juga dapat tergantung dari jenis alergennya.

Ya, alergi sendiri umumnya dapat terjadi pada anak-anak dan biasanya akan mereda seiring dengan bertambahnya usia anak tersebut. Hanya saja, pada beberapa orang alergi yang diderita ini masih dapat terus muncul meskipun dirinya sudah memasuki usia dewasa dan dapat diturunkan pada anaknya.

Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh orang yang berbeda. Apalagi, beberapa orang mungkin tidak mampu atau sering kebingungan ketika membedakan mana zat yang aman dan berbahaya untuk tubuhnya karena respon yang kurang bagus. Maka ketika orang itu berinteraksi dengan alergen dapat membuat alergi ini kembali muncul.

Proses Reaksi Munculnya Alergi

Alergi ini dapat dipicu dengan berbagai cara entah itu dengan dihirup, dimakan atau juga karena adanya paparan di kulit. Jika hal ini terjadi, maka nantinya sistem imun akan langsung melepaskan antibodi yang bernama Immunoglobulin E yang  khusus serta bahan kimia lain seperti histamin dan leukotrien ke dalam aliran darah Anda.

Kemudian, senyawa-senyawa kimia ini akan dialirkan ke seluruh jaringan kulit, sistem pernapasan, sistem pencernaan, telinga dan bahkan sampai ke sistem tubuh lainnya untuk menghasilkan berbagai macam reaksi alergi yang mungkin pernah Anda rasakan. Proses ini dianggap sistem imun sebagai upaya untuk mempertahankan diri dari benda asing yang menjadi penyebab alergi. 

Bentuk pertahan diri inilah yang akhirnya dilakukan dengan mengeluarkan alergi dari dalam tubuh. Respons dari sistem imun yang bekerja aktif ini merupakan akibat dari paparan alergen yang masuk ke tubuh. Sehingga, nantinya Anda pun akan mengalami alergi dan harus segera mengobatinya agar tidak menjadi semakin parah atau merambat ke bagian tubuh yang lain.

Gejala dari Alergi

penyebab-alergi

Biasanya, jika seseorang telah mengalami alergi akan timbul beberapa gejala. Gejala dari reaksi alergi ini umumnya akan muncul dalam beberapa menit setelah tubuh terkena kontak langsung dengan alergen, baik secara tidak sengaja ataupun juga sengaja. Selain itu, gejala ini pun juga dapat berkembang secara bertahap dalam beberapa jam.

Gejala alergi yang biasanya muncul tergantung dari jenis alergen dan bagaimana cara Anda melakukan kontak dengan alergen tersebut. Meskipun demikian, terdapat beberapa gejala alergi yang cukup umum dan sering muncul pada penderitanya. Gejala itu seperti batuk, gatal, pilek, demam, pusing dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga beberapa gejala alergi yang dapat muncul tergantung dari faktor pemicunya. Jika Anda mengalami alergi akibat dari gigitan atau sengatan serangga maka biasanya akan terjadi pembengkakan pada bagian yang digigit. Selain itu, gigitan serangga juga dapat menyebabkan munculnya gatal-gatal, batuk, sesak napas serta reaksi alergi yang parah.

Selanjutnya ada alergi karena udara. Biasanya, alergi karena partikel yang ada di udara seperti debu, serbuk sari atau tungau akan ditandai dengan reaksi bersin-bersin dan biasanya dalam intensitas waktu yang lama. Gejala ini dapat berkembang lebih luas hingga menjadi hidung berair, tersumbat serta membuat Anda mengalami sesak napas.

Lalu ada alergi yang dapat disebabkan oleh makanan. Biasanya, alergi karena makanan ini dapat menyebabkan rasa gatal di dalam mulut yang kemudian akan diikuti dengan pembengkakan pada bibir, lidah, mata, tenggorokan bahkan hingga wajah. Selain itu, alergi pada makanan ini juga dapat mengakibatkan Anda mengalami mual, muntah sampai diare yang cukup parah.

Disamping ada makanan, ternyata obat juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Biasanya, gejalanya dari reaksi alergi terhadap obat ini dapat muncul berupa gatal-gatal pada kulit, muncul ruam, pembengkakan pada bagian wajah, mengalami sesak napas hingga sulit bergerak, serta anafilaksis atau alergi berat.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis