fbpx

Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan

Apr 28, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Selama bulan ramadhan, tentunya kita ingin tubuh tetap sehat dan bugar agar dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar. Namun selama bulan ramadhan banyak dari kita yang mengalami lesu karena kekurangan energi saat berpuasa. Hal tersebut dapat terjadi akibat kurangnya konsumsi makanan sehat saat ramadhan. Apa saja rekomendasi makanan sehat saat ramadhan?

Nah, tim Lifepack telah merangkum beberapa rekomendasi makanan sehat saat ramadhan, yang dapat mendukung kegiatan Anda selama bulan ramadhan.

Sebelum masuk ke makanan sehat saat ramadhan, ada beberapa hal yang perlu Anda diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan untuk sahur maupun berbuka puasa, yaitu:

  • Kurangi asupan makanan yang berlemak, digoreng, makanan olahan, pedas atau terlalu asin karena dapat meningkatkan rasa haus saat menjalankan puasa.
  • Tetap minumlah air sebanyak 2 L atau 8 gelas setiap hari dan makan makanan yang mengandung banyak air serta konsumsi buah-buahan agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi selama menjalankan ibadah puasa.
  • Kurangi teh dan kopi saat sahur karena sifat diuretik teh dan kopi dapat membuat kita mengeluarkan lebih banyak cairan yang seharusnya dapat kita simpan selama berpuasa untuk menghindari dehidrasi
  • Bagilah jadwal makan Anda menjadi tiga waktu, yaitu saat berbuka puasa, konsumsi makanan ringan saat malam, dan saat sahur.

Segera berbuka dengan makanan atau minuman terlebih dahulu seperti buah, salad, atau minuman manis dengan porsi secukupnya untuk memulihkan gula darah dan energi dengan cepat sebelum makan besar. Setelah itu, baru dapat dilanjutkan dengan porsi sedang dengan gizi seimbang.

Tetap memperhatikan asupan makanan gizi seimbang, dengan mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih. Tetap hadirkan, sayur, buah, dan sumber protein hewani maupun nabati dengan jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan dalam konsumsi makan sahur dan berbuka puasa.

Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan

Lalu apa saja makanan yang dapat Anda jadikan pilihan selama ramadhan? Berikut rekomendasi makanan sehat yang dapat Anda coba selama ramadhan.

Rekomendasi Makanan Berbuka Puasa

  • Kurma

Makan tiga kurma untuk berbuka puasa merupakan salah satu pilihan makanan berbuka puasa yang sehat, karena kurma merupakan sumber serat yang sangat baik.  Selain kurma, Anda dapat mengonsumsi buah lainnya, ataupun salad sesaat setelah berbuka puasa untuk mengembalikan energi selama berpuasa. Selain itu, buah dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral Anda sehari-hari.

  • Daging panggang

Daging sapi atau ayam tanpa lemak dengan cara masak panggang, ayam dan ikan tanpa kulit, dapat membantu Anda mendapatkan porsi protein sehat yang baik. Secara umum, hindari gorengan dan makanan olahan yang tinggi lemak atau gula saat berbuka puasa.

  • Sup sayur buatan sendiri (tidak menggunakan bumbu penyedap makanan) dan tumisan sayur

Memasukan sayuran ke menu berbuka puasa dapat membantu Anda tetap mendapatkan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Rekomendasi Makanan Sahur

Sahur menjadi penting untuk dilakukan sebelum berpuasa setiap harinya selama bulan ramadhan, terutama untuk kelompok khusus seperti orang dengan usia lanjut, remaja, wanita hamil dan ibu menyusui, serta anak-anak yang berpuasa.

Makanan yang perlu disertakan dalam menu sahur  adalah porsi sumber karbohidrat, makanan sumber protein (daging, ayam, tempe, tahu, dan lainnya), sayuran, dan buah-buahan sesuai pedoman gizi seimbang.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat

Hindari makanan yang mengandung banyak garam seperti daging dan ikan olahan yang asin. Saat menyiapkan makanan, disarankan untuk membatasi penggunaan garam sebisa mungkin.

Beberapa makanan sehat yang dapat Anda coba adalah:

  • 2 potong roti gandum
  • Telur dadar dengan sayuran atau telur rebus
  • Salad hijau yang terdiri dari mentimun dan tomat yang dapat mengurangi menghidrasi saat berpuasa
  • Air putih

Itulah beberapa rekomendasi makanan sehat saat ramadhan yang dapat Anda coba selama bulan ramadhan. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan layanan konsultasi dengan dokter dan kebutuhan obat Anda dengan mudah dan bebas antri.

Sumber:

World Health Organization

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis