Perbedaan Probiotik dan Prebiotik Serta Manfaatnya

Apr 28, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Banyak dari kita yang berpikir menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan beristirahat yang cukup dan makan makanan sehat. Ya, tentu saja itu benar. Namun pernahkah Anda mendengar mengkonsumsi probiotik dan prebiotik juga dapat menjaga daya tahan tubuh? Apa perbedaan antara probiotik dan prebiotik?

Yuk simak informasi mengenai perbedaan probiotik dan prebiotik dan manfaatnya yang telah tim Lifepack rangkum untuk Anda.

Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Meski namanya mirip, probiotik dan prebiotik merupakan dua hal yang berbeda. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan manusia jika diberikan dalam jumlah yang tepat. Sedangkan, prebiotik adalah senyawa natural yang terdapat dalam makanan yang juga memberikan manfaat bagi kesehatan bagi tubuh.

Probiotik

Probiotik memiliki manfaat mengurangi intoleransi laktosa, peningkatan kekebalan tubuh, penurunan enzim feses, efek hipokolesterolemik (menurunkan kadar kolesterol darah). Saat ini, probiotik hampir secara umum dikonsumsi dalam produk susu fermentasi seperti yogurt.

Probiotik juga membantu dalam banyak pengobatan terutama pada penyakit-penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Probiotik dapat memberikan efektivitas dalam pengobatan atau pencegahan gastroenteritis virus akut (infeksi pada saluran cerna akibat virus), diare pasca konsumsi antibiotik, alergi pediatrik tertentu, radang usus, dan necrotizing enterocolitis (radang usus yang biasa menyerang bayi).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Bioteknologi dan Ilmu Pangan Universitas Teknologi Lodz Polandia menyatakan probiotik memiliki efek yang baik pada penyakit saluran pencernaan seperti sindrom iritasi usus, eliminasi Helicobacter (bakteri yang menyerang saluran cerna), diare dan alergi seperti dermatitis atopik. 

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa probiotik memiliki efektivitas untuk pengobatan penyakit seperti sindrom resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) atau dikenal dengan akumulasi lemak berlebih pada hati. Selain itu, dampak lain probiotik pada kesehatan manusia telah ditunjukkan dengan meningkatkan imunitas tubuh (imunomodulasi). Namun perlu diingat bahwa cara kerja probiotik tergantung pada jenis, dosis, dan komponen yang digunakan untuk menghasilkan produk probiotik tertentu.

Prebiotik

Prebiotik merupakan senyawa natural dalam makanan yang terdiri dari oligosakarida yang tidak dapat dicerna oleh orang yang mengkonsumsinya, namun memiliki efek baik untuk stimulasi pertumbuhan aktivitas pada mikroba usus.

Prebiotik memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan beberapa penyakit seperti meringankan sembelit, diare (terutama karena infeksi), mengurangi risiko osteoporosis, penyakit jantung, obesitas dan kemungkinan diabetes melitus tipe 2.

Anda dapat menemukan prebiotik dalam buah-buahan, sayuran, dan sereal. Beberapa contoh makanan yang mengandung prebiotik antara lain tomat, artichoke, pisang, asparagus, berry, bawang putih, bawang merah, sawi putih, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan gandum.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat

Itulah beberapa informasi mengenai probiotik dan prebiotik. Dalam menjaga daya tahan tubuh, tentunya perlu diimbangi dengan pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur dan konsumsi makanan sehat. Semoga bermanfaat.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kesehatan, kami menyediakan layanan konsultasi kesehatan yang dapat Anda akses dengan mengunduh aplikasi Lifepack di Google Play Store dan App Store, serta dapatkan juga menebus resep obat dengan mudah dan bebas antri.

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention

American Society for Clinical Nutrition

National Center for Biotechnology Information

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis