fbpx

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Apr 28, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Konsumsi buah-buahan merupakan solusi untuk kebutuhan serat tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung vitamin, mineral, dan zat penting lainnya yang berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kurma yang sering dikonsumsi. Apa saja manfaat kurma?

Memasuki bulan ramadhan, tentu buah yang khas biasa disajikan saat bulan ramadhan adalah buah kurma. Tapi sudah tahukah Anda apa saja kandungan yang terdapat dalam buah kurma? Lalu apa manfaatnya bagi kesehatan?

Yuk simak beberapa informasi yang telah tim Lifepack rangkum mengenai manfaat buah kurma bagi kesehatan berikut ini.

Kurma merupakan buah-buahan yang dapat banyak ditemukan di daerah Timur Tengah. Buah ini menjadi komponen penting makanan di banyak negara. Buah ini mengandung gula, fenolik, triterpenoid, dan trigliserida. 

Kandungan Buah Kurma

Menurut U.S Department of Agriculture, dalam 100 g buah kurma mengandung kalsium sebanyak 64 mg, vitamin A sebesar 149 IU, magnesium sebanyak 54 mg, dan kalium sebanyak 696 mg, serta merupakan sumber serat yang baik.

Selain itu, menurut jurnal Saudi Society of Agricultural Sciences, buah kurma mengandung komponen yang dapat mengurangi radikal bebas dan mengandung senyawa yang dapat menghambat produksi hormon penyebab peradangan sehingga mampu menghambat pertumbuhan sel tumor pada manusia.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sultan Qaboos Oman juga menyebutkan bahwa buah kurma memiliki nilai gizi yang tinggi. Hal ini karena tingginya kandungan betakaroten dan lutein di dalam buah kurma.

Buah kurma memiliki efek meningkatkan kesehatan seperti mencegah penyakit jantung koroner dan mengandung hepatoprotektor (senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan), dan antiinflamasi.

Selain itu buah kurma juga mengandung senyawa antikanker yang bermanfaat untuk banyak jenis kanker. Sering mengkonsumsi buah kurma kering dapat mengurangi tingkat kejadian kanker payudara, multiplisitas tumor, ukuran tumor, dan berat badan.  Buah ini dinilai memberikan manfaat kesehatan yang tinggi melebihi nilai gizinya.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kenali Gejala Dan Bahaya Stroke Yang Dapat Mengancam Nyawa
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
Awas, Bahaya Hipertensi Juga Bisa Mengancam Millennials!
Awas Bahaya Kanker Paru Menghantui Semua Umur Termasuk Milenial
Diare Masih Menjadi Penyebab Kematian, Bagaimana Cegah Diare?

Buah kurma lebih baik untuk dikonsumsi dengan kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan makanan  yang diolah dengan tambahan gula. Sehingga buah kurma merupakan buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mengurangi asupan gula berlebih pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan dari Lifepack. Semoga bermanfaat ya.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store, serta dapatkan kemudahan menebus resep obat dengan bebas antri.

Sumber:

World Health Organization

Sultan Qaboos University of Oman

Saudi Society of Agricultural Sciences, Saudi University

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis